Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

12 Keunggulan Alpukat Mega Murapi (Alpukat Madu)

12 Keunggulan Alpukat Mega Murapi (Alpukat Madu). Siapa yang tidak kenal alpukat? salah satu buah yang sangat laris dipasaran serta termasuk ke dalam buah yang cukup mahal. Saat ini banyak sekali kita mendengar nama dari  beragam jenis alpukat. 

Bagi Anda yang ingin budaya alpukat, penting untuk mengetahui jenis alpukat yang paling disukai oleh masyarakat. Karena itu, beberapa parameter tentang buah alpukat yang disukai pembeli perlu kita ketahui. 


Baca juga: Keunggulan varietas cengkeh zanzibar gorontalo


Beberapa parameter alpukat yang banyak diincar oleh masyarakat, yaitu memiliki tekstur yang lembut, dagingnya tebal, ukurannya besar serta rasanya manis gurih. Dan yang Anda inginkan sebagai pembudidaya adalah memiliki masa berbuah yang cepat, berbuah lebah dan ukurannya besar. 


Alpukat Mega Murapi



Salah satu dari beragam jenis alpukat yang memiliki kualitas hasil baik adalah Alpukat Varietas Mega Murapi.  Varietas ini cukup terjamin, karena merupakan hasil pemuliaan dan seleksi dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Indonesian Tropical Fruits Research Institute.


Alpukat Mega Murapi adalah salah satu varietas aplukat yang dikenal sebagai alpukat madu. Varietas ini  berasal dari seleksi indigenous di daerah sentra produksi alpukat yaitu nagari Muara Pingai kecamatan. Junjung Sirih. 


Kelebihan Alpukat Mega Murapi 

Berikut kelebihan dan keunggulan alpukat mega murapi atau alpukat madu, yaitu:

  1. Produksi tinggi, sekitar 350-450 buah per pohon
  2. Bentuk buah bulat lonjong dengan panjang 13-17 cm
  3. Ukuran buah besar 400-600 grm
  4. Diameter 10-14 cm
  5. Daging buah tebal  1,9-2,1 cm. 
  6. Tebal kulit 1 mm
  7. Dagung berwarna kuning mentega,
  8. Pulen
  9. Kadar protein 1,37%
  10. Kadar lemak 7,58%.
  11. Permukaan kulit kasar berwarna hijau tua,
  12. Berbuah terus menerus 80-225 kg)/tahun



Adaptasi tanaman 

Alpukat ini sangat cocok ditanam pada ketinggian 200-1.000 mdpl dengan curah hujan tahunan antara 1.500 - 3.000 mm.


Bagaimana sobat farmers, Alpukat ini cukup meyakinkan dengan 12  Keunggulan Alpukat Mega Murapi (Alpukat Madu) yang kami sebutkan di atas berdasarkan hasil penelitian.


Refrensi:

Inventor: M. Jawal Anwarudin Syah, Nasril Nasir, Jujumidang, Yeni Meklia, Novaril, Hendri dan Gamawan Fauzi. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Indonesian Tropical Fruits Research Institute




Posting Komentar untuk " 12 Keunggulan Alpukat Mega Murapi (Alpukat Madu)"