Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri Itik Serati, Master dan Pmp Serta Keunggulannya

Itik atau bebak adalah salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia, dagingnya yang nikmat sehingga banyak pembisnis kuliner secara khusus membuat menu bebek sebagai menu favorit. Ciri-ciri Itik Serati, Master dan Pmp Serta Keunggulannya

Saat ini itik menjadi primadona ternak yang meemiliki potensial tinggi baik sebagai pedaging ataupun sebagai petelur. Nah bagi Anda yang ingin mencoba terjun ke budidaya itik atau bebek, penting untuk mengetahui jenis mana yang memiliki pertumbuhan terbiak untuk pedaging dan umur genjah untuk bertelur.


Ada beberapa jenis itik yang diketahui cukup bagus di budidaya dan populer di Masyarakat, yaitu: Bebek peking, mojosari, alabio, bali, rambon dan entog. Dari beberapa jenis itik tersebut memiliki kelebihan masing-masing, seperti; bebek peking cepat tumbuh, bebek mojosari cepat bertelur, alabio produksi tinggi, entog memiliki daging banyak.
 

3 Jenis Itik atau bebek Super hasil silang

Dari beberapa jenis bebek di atas dengan keunggulan masing-masing, para ahli di Balai penelitian ternak berhasil mengawin silang beberapa bebek di atas dan menghasilkan bebek super dengan gabungan keunggulan.

1. Itik Serati



Itik atau bebek serati adalah bebek super yang merupakan hasil silang antara pejantan Entog yang memiliki bobot tumbuh daging tebal dengan bebek betina biasa.

Hasilnya, itik serati dengan bobot besar dengan lemak lebih rendah dan protein lebih tinggi. Jenis itik ini sangat cocok dibudidaya sebagai itik pedaging.

Ciri-ciri itik serati, yaitu:

  • Bobotnya besar menyerupai entok menyerupai entok
  • Tidak agresif/ tenang seperti entok,
  • Dapat berenang seperti itik dan
  • Tidak dapat terbang seperti entok

2. Itik Master



Itik atau bebek master adalah jenis bebek unggul yang merupakan hasil silang antara bebek mojosari dengan bebek alabio.

Kedua bebek tersebut merupakan bebek unggul dalam bertelur, Mojosari diketahui memiliki umur bertelur yang pendek seangkan alabio merupakan jenis dengan tingat produsi tinggi. Hasilnya, itik master dengan umur bertelur yang cepat serta produksi telur yang tinggi.

Itik master dapat mulai bertelur sejak umur 18-20 minggu dengan produksi 260-270 butir perthaun.

Ciri-ciri Itik master, yaitu:

  • Memiliki tubuh ramping
  • Warna bulu spesifik dan seragam
  • Terdapat garis putih di atas mata
  • Ceker dan paruh hitam

3. Itik Pmp



Itik atau bebek Pmp merupakan itik super unggul yang merupakan hasil silang antara itik peking dan Mojosari, dimana itik peking merupakan itik pedaging dengan pertumbuhan cepat sedangkan itik Mojosari merupakan itik dengan masa bertelur yang cepat.

Penggabungan keduanya menghasilkan itik Pmp dengan keunggulan cepat besar dan bertelur. Sehingga jenis ini dapat dijadikan sebagaai itik petelur ataupun pedaging.

Itik Pmp memiliki bobot 2-2,5kg dalam 10 minggu jika di kawinkan dengan entok dapat mencapai berat 3kg. Sebagai petelur, Pmp dapat mulai bertelur di umur 5,5 bulan.

Ciri-ciri Itik Pmp, yaitu:

  • Warna putih bersih hingga kulit karkasnya
  • Memiliki postur tegak






Refrensi


Balai Penelitian Ternal. Litbang.Pertanian

Posting Komentar untuk " Ciri-ciri Itik Serati, Master dan Pmp Serta Keunggulannya"