8 Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina

8 Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina. Hallo pecinta merpati, baik pemula ataupun yang sudah lama budidaya merpati, membedakan jenis kelamin terkadang rada susah. Sedangkan, mengetahui jenis kelamin merpati adalah bagian penting secara berlelanjutan untuk kita ketahui, mencarikan pasangan untuk merpati tunggal, atau keperluan saat kita ingin membeli merpati di pasar agar kita tidak tertipu.

Baca juga: Cara Membuat Jamu Merpati

Daftar Isi:

Berikut cara membedakan merpati jantan dan betina



Perbedaan antara merpati jantan dan betina dapat dilihat dari beberapa karakteristik fisik dan perilaku, antara lain:

1. Lihat Ukuran tubuh

Biasanya merpati jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan kekar dibandingkan dengan merpati betina. Bahkan ukuran ini bisa dilihat ketila merpati masih bayi, biasanya jantan lebih besar.

2. Lihat Bentuk kepala

Merpati jantan memiliki kepala yang lebih besar dan bulat, sedangkan merpati betina memiliki kepala yang lebih kecil dan ramping.

3. Perilaku

Pada umumnya, merpati jantan lebih agresif dan cenderung bersifat dominan. Mereka juga sering melakukan atraksi untuk menarik perhatian merpati betina. Sedangkan merpati betina lebih tenang dan cenderung lebih fokus pada tugas menetaskan telur dan merawat anak-anaknya.

4. Suara

Merpati jantan memiliki suara yang lebih keras dan sering digunakan untuk menarik perhatian merpati betina.

5. Warna bulu

Tergantung pada jenis dan varietasnya, merpati jantan dan betina dapat memiliki warna bulu yang sama atau berbeda. Namun, pada beberapa jenis merpati, seperti merpati balap, warna bulu jantan dan betina dapat berbeda secara signifikan. Biasanya, merpati jantan memiliki warna bulu yang lebih terang dan mencolok dibandingkan dengan merpati betina.

6. Bentuk Kaki

Merpati jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kasar dibandingkan dengan merpati betina.

7. Pemeriksaan rongga reproduksi

Anda bisa meraba area reproduksi jantan dan betina (Anus), pada betina area reproduksinya lebih lebar daripada jantan, anda bisa memastikan pada pasangan merpati.

8. Cek panggul

Teknik ini dilakukan dengan memegang merpati dengan lembut dan perlahan-lahan memasukkan jari pada bagian panggul merpati. Jika merpati betina, Anda akan merasakan adanya lubang kecil yang terletak di belakang panggul, sedangkan pada merpati jantan, lubang tersebut tidak ada.

Demikian artikel tentang 8 Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar untuk "8 Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina"