Manfaat Memiringkan atau Menjongkorkan Tanaman Tomat

Menanam tomat adalah aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Tomat adalah sayuran yang serbaguna dan dapat dinikmati dalam berbagai hidangan, dan tentunya memiliki nilai ekonomis. Manfaat Memiringkan atau Menjongkorkan Tanaman Tonat 

Baca juga: Budidaya Tomat

Permintaan tomat hampir setiap hari sehingga seringkali jadi komoditas yang mengalami invlasi harga di waktu-waktu tertentu.

Pada kesempatan ini idnfarmers ingin mengulas rahasia sukses petani tomat, yaitu metode memiringkan atau menjongkorkan tanaman.  

Manfaat Memiringkan atau Menjongkorkan Tanaman Tomat 


Klip Pengikat Tanaman
Rp15rb/20 pcs



Berikut manfaat Memiringkan tanaman tomat, antara lain:

1. Meningkatkan aliran udara dan cahaya

Memiringkan tanaman tomat dapat meningkatkan aliran udara dan cahaya ke bagian bawah tanaman. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit dan meningkatkan produksi buah.


2. Meningkatkan stabilitas tanaman

Memiringkan tanaman tomat dapat meningkatkan stabilitas tanaman, sehingga tanaman tidak mudah roboh. Hal ini terutama penting untuk tanaman tomat yang tumbuh tinggi atau tumbuh di daerah yang berangin.

3. Mempermudah panen

Memiringkan tanaman tomat dapat mempermudah panen, karena buah tomat akan lebih mudah dijangkau.

Waktu yang tepat memiringkan tanaman tomat

Waktu yang tepat untuk memiringkan tanaman tomat adalah saat tanaman tomat sudah mencapai ketinggian sekitar 30 cm. Memiringkan tanaman tomat dapat dilakukan dengan cara:

1. Siapkan ajir yang kuat dan kokoh.

2. Pasang ajir di dekat tanaman tomat.

3. Ikat tanaman tomat ke ajir dengan menggunakan tali atau kawat.

4. Miringkan tanaman tomat ke arah ajir.

Pastikan tanaman tomat tetap stabil setelah dimiringkan. Jika tanaman tomat terlihat tidak stabil, Anda dapat menambahkan ajir tambahan atau memasang tali pengikat yang lebih kuat.

Memiringkan tanaman tomat merupakan teknik budidaya tomat yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Dengan memiringkan tanaman tomat, Anda dapat meningkatkan produksi tomat dan mempermudah panen.


Posting Komentar untuk "Manfaat Memiringkan atau Menjongkorkan Tanaman Tomat "