Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Waktu yang Tepat Memisahkan Anak Ayam dari Induknya

Memisahkan anak ayam

Menyepih : waktu yang tepat memisahkan anak ayam dari induknya. Kapan waktu yang tepat untuk memisahkan anak ayam dari induknya? Memisahkan anak ayam dari induknya atau dengan bahasa istilah yang kental yaitu menyapih (sepih), ( "sepeq" = istilah suku sasak). dapat terjadi dengan dua cara yaitu alami atau buatan. 

Daftar Isi:

Tujuan dan manfaat memisahkan anak ayam dari induknya 

Manfaat memisahkan anak ayam dari induknya, yaitu:
  • Mempercepat Regenerasi yaitu induk ayam bertelur kembali
  • Memberikan perawatan lebih baik
  • Membantu induk ayam yang kurang pandai merawat anak ayam 

Cara memisahkan anak ayam dari induknya 

Adapun model pemisahan anak ayam dengan induknya berikut ulasannya:

1. Penyepihan Alami

Memisahkan anak ayam dari induknya secara alami dapat terjadi dalam rentan waktu antara 1,5 - 4 bulan tergantung dari beberapa faktor , seperti kualitas indukan dimana indukan yang kurang baik biasanya akan cepat menyepih anaknya atau kondisi lain dimana indukan mengalami pembuahan lagi secara cepat artinya bertelur lagi .

Mtode pemisahan anak ayam dari induknya secara Alami biasanya dilakukan pada jenis hewan yang tergolong mampu memelihara anaknya dengan baik seperti Ayam kampung dll.

Manfaat penyepihan Alami memberikan kesehatan atau antibody alam yang luar biasa bagi tubuh ayam , sehingga biasanya memiliki kualitas ketahanan yang seimbang. dan Kekurangan dari pemisahan secara alami anak ayam dengan indunya  yaitu lamanya waktunya penyepihan secara alami membuat perkembangan jumlah ternak yang lambat.

Baca Juga: Mencetak Ayam unggul sejak dini

2. Penyepihan Buatan

Pemisahan anak ayam dari induknya secara buatan atau Penyepihan buatan sering dilakukan oleh para penghobi yang tergolong pada jenis Ayam tarung , hias atau jenis ayam yang memiliki harga tinggi. Metode pemisahan  buatan terdapat perbedaan pandangan dari para juragan senusantara yaitu mengenai waktu yang tepat utk menyepih anak ayam dari induknya

3. Penyepihan penggabungan 

Model lain yang dapat digunakan adalah menggabungkan anakan dari dua indukan menjadi satu. Cara ini bisa menjadi jalan tengah yang lebih aman selain tetap menargetkan perbanyakan ayam, anakan ayam masih tetap dapat mendapat perawatan dari indukan. Ada beberapa tipe indukan yaitu:
  • Indukan yang unggul dalam bertelur dan beranak dan
  • Indukan yang unggul dalam memelihara anak-anaknya

Biasanya jika indukan tersebut tidak pandai beranak bisa jadi dia pandai memihara, tapi tidak menutup kemungkinan ada indukan yang punya karakter keduanya, pun ada indukan yang tidak bagus keduanya karakter ini pantesnya di goreng.

Nah dengan memanfaatkan karakter dari indukan tersebut anda bisa menggabungkan anak-anaknya yang kebetulan bersamaan menetas atau berbeda 1-5 hari, dimana indukan dengan karakter pandai memelihara menjadi indukan semua anak ayam, dengan syarat indukan tersebut tidak mematuk anak ayam yang diasuhnya.

Cara pemisahan dan penggabungan anak ayam, yaitu anak ayam langsung digabungkan psda saat di turunkan dari sarang atau belum sempat merasakan suasana baru bersama indukan aslinya, agar anak ayam tidak 'kiak-kiak' terlalu lama fan agar indukan cepat melupakan anak-anaknya. 

Waktu yang tepat memisahkan anak ayam dari induknya

Usia berapa anak ayam dipisahkan dari Induknya? dilihat dari waktunya, waktu yang tepat memisahkan anak ayam dari induknya dibagi jadi 2 tahap, yaitu:
  1. Pemisahan langsung 0 hari
  2. Pemisaha 1-2 minggu 

1. Pemisahan langsung (0 hari) .

Memisahkan anak ayam dari induknya selang waktu nol hari (Penyepihan 0 hari ) artinya anak ayam dari induknya langsung dipisah ketika baru habis ditetaskan . Alasan penyepihan 0 hari ini didasarkan pada hal hal berikut:
  1. Tingkat stres Ayam
  2. Daya ingat induk Ayam
  3. Cepat bertelur lagi      

Keuntungan dan kekurangan memisahkan anak ayam 

Kelebihan memisahkan anak ayam dengan induknya waktu nol hari (langsung).  Jika memisahkan anak ayam dari induknya selang waktu nol hari atau penyepihan  0 hari dapat mengurangi tingkat stres induk ketimbng jika anak ayam dipisah pada umur 1 hari dan sterusnya. Karena pada 0 hari jika disepih langsung indukan tidak dapat mengenal lagi anak-anaknya sehingga induk atau anak ayam tidak ribut dan indukan akan lekas berbaur lagi dan lekas bertelur.

Kekurangan memisahkan anak ayam dengan induknya waktu nol hari (langsung) Jika memisahkan anak ayam dari induknya dengan metode  0 hari , jika anda tidak berpengalaman  bisa-bisa anak ayam akan mati atau pertumbuhannya kurang sempurna, ketahan tubuh ayam menjadi sangat lemah bahkan menurut berbagai pendapat juragan hal itu dapat mempengaruhi ketahanan ayam ketika dewasanya,  sehingga anda harus melakukan beberpa upaya perawatan .

Cara Memisah anak ayam dari induknya dengan metode nol hari, yaitu:

Jika ingin melakukan pemishan anak ayam dari induknya metode nol hari. Ada beberapa hal yang harus dilakukan Menurut beberapa juragan,
  • Anak yang baru turun harus terlebih dahulu di Oven selama 4 hari
  • di beri vaksin dan 
  • Kembali dioven lagi selama 10 hari dengan
  • Pemberian pakan berkualitas sehingga kemudian anak ayam diperkenalkan ke halaman terbuka.   

2 . Pemisahan umur 1 - 2 minggu

Memisahkan Anak ayam dari Induknya dalam waktu 1-2 minggu yang berarti bahwa kita memberikan pengasuhan sementara pada induknya.

Cara Memisah anak ayam dari induknya waktu 1-2 minggu, yaitu:

Jika ingin melakukan pemishan anak ayam dari induknya metode nol hari. Ada beberapa hal yang harus dilakukan Menurut beberapa juragan,
  • Anak ayam yang berumur 1-2 minggu di masukkan dalam ruang baru
  • Diberikan penghangat ruangan
  • Pemberian pakan berkualitas sampai anak ayam siap ke halaman terbuka.   

Kelebihan dan Kekurangan memisahkan anak ayam dari induknya

Kelebihan Memisahkan Anak ayam dari Induknya selang umur 1 - 2 Minggu. Sebenarnya waktu penyapihan ini menjadi yang paling normal selain metode penyapihan/pemisahan secara alami, Pemeliharaan diawal oleh induk bisa menambah  kekebalan ketahanan tubuh yang baik bagi anak ayam serta minimnya Resiko  perkembangan dan pertumbuhan yang buruk bagi tubuh ayam.

Kekurangan memisahkan Anak ayam dari Induknya selang umur 1 - 2 Minggu adalah tingkat stres pada indukan ayam.  waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang terbilang sulit bagi induk dan anak ayam untuk berpisah secara normal, Induk atan anak akan akan sedikit stres, anak dan induk ayam akan ribut.

Kesimpulannya: Semua metode memisahkan anak ayam dari induknya yang sudah kami paparkan diatas,  tergantung anda, mampu atau tidakkah anda, berpengalaman atau tidakkah anda, berani menanggung resiko.  Namun kita tidak akan tau apa kita mampu sebelum mencoba. Pesan, kesan dan saran tambahan ilmu mengenai waktu atau cara yang tepat dalam memisahkan anak ayam dari induknya kami harapkan
                     
Demikian artikel cara Menyepih : waktu yang tepat memisahkan anak ayam dari induknya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Waktu yang Tepat Memisahkan Anak Ayam dari Induknya"