Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

1 cangkang dua ekor ayam ditetas



Penomena aneh yang terjadi pada ayam yang bertelur dengan dua bakalan anak  atau dua kuning telur dalam satu cangkang yang baru baru ini menjadi bahasan viral . Alasan demi alasan bermunculan bahkan mitos dan fakta menambah bumbu tahayul yang bertebaran dimasyarakat .

Pada kesempatan ini kami menyapa para juragan nusantara " salam satu hobi !" Semoga sekses dan berkah dalam berternak . Kami akan membahas secara tuntas mengenai mengapa , bagaimana , dan apa? fakta serta mitos dari telur dengan dua kuning telur yang ganda atau satu cangkang yang menetaskan 2 ekor anak ayam.

Penomena dua kuning telur dalam satu cangkang sebagaimana yang dilansir dari laman CNN indonesia , menurut pemasok british eeg information service , kejadian ini atau dua kuning telur dalam satu cangkang hanya ada 0.1% atau hanya ada 1 telur dari 1000 telur. Hal itu juga diperkuat pendapat ilmuan  Dr karl kruszelnizki dari univeraity of sydney .

Mengapa hal itu dapat terjadi ? 

Sampai saat ini sepakat ilmuan berpendapat bahwa hal itu terjadi karena suatu keadaan abnormal yang biasanya terjadi pada indukan ayam betina muda . Ketidak seimbangan hormon pada ayam betina muda sebagai bentuk proses belajar atau baru pertama betelur sehingga memiliki alur teciptanya butir telur tidak terkontrol yang lolos dari siatem Reproduksi .

Dirilis dari laman Netz.z bahwa proses kuning telur ganda ini dimulai dari sel telur berupa folikel kembar yang dilepaskan oleh indukan  dari ovariumnya karena ketidakseimbangan atau hormon yang tidak terkontrol . sehingga siklus produksinya dikatakan abnormal atau ada fase yang yang tidak tuntas dilewati sehingga proses evolusi terjadi terlalu cepat menyebabkan kuning telur yang menjadi bakal anakan kembar lolos dari sistem reproduksi dalam waktu bersamaan .

Dalam keadaan normal proses terbentuknya telur dimulai dari

Sel telur induk berupa folikel (bakal kuning telur )  >>> Infundibulum dan terjadi pembuahan oleh sel ayam jantan >>> Magnum tempat dibungkusnya folikel oleh Albumin (putih telur) >>> Insthmus dan mendapat perlindungan dari komponen calsium (cangkang) pada uterus >>> sebutir telur diciptakan

Apakah proses penetasan dapat berjalan baik? 

Sampai saat ini penetasan dari dua kuning telur dalam satu cangkang dapat disimpulkan dari berbagai sumber yaitu hampir 97% atau lebih Tidak bisa ditetaskan .

Apa alasannya ?

  • Ruang yang sempit sehingga pembagian oksigen yang kurang memenuhi Kebutuhan pertumbuhan dalam cangkang telur
  • Nutrisi , pembagian nutrisi kepada dua calon bayi kembar yang tidak memenuhi kebutuhan pertumbuhan 
Akibatnya ;

  • Terjadi kopetensi kehidupan dalam cangkang telur
  • Kemungkinan keduanya akan mati atau hanya satu yang bisa selamat setelah memenangkan kopetensi .
Apa ada yang pernah berhasil menetas dengan sempurna , bagaimana tips dan caranya ? 

  • Alat bantu 
Beberapa juragan pernah berhasil menetaskan ank ayam kembar dari satu cangkang yang sama dengan alat penetas inkubator atau alat tetas lainnya , mungkin ini adalah sebuah keberuntungan saja . Tapi bagi manusia yang mengakui adanya tuhan maka hal tersebut adalah kehendakNYA.


  • Cara alami 
Beberapa waktu lalu diakhir oktober 2017 atau awal november , disebuah group komunitas ayam dilombok mendapati ayamnya menetaskan anak ayam kembar dari satu cangkang yang yang sama . Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ayam tersebut merupakan ayam bangkok dengan ciri
         > Telur ayam tersebut besar dan terlihat mencolok dominan dibanding yang lain

         > Nutrisi yang cukup. Dengan memberian kualitas pakan yang baik pada indukan yang akan dan sedang bertelur sampai ayam berhasil ditetaskan



Bagaimana cara mengetahui mana telur yang yang memiliki dua kuning telur atau bakalan anak kembar?

  • Dengan melihat ukuran Telur 
Menurut peternak jepang "Metsuko" telur yang memiliki kuning telur ganda atau bakalan anakan ganda dapat dilihat dari ukurannya yaitu berukuran panjang lonjong dan lebih besar
  • Metode Canding
Sebuah metode yang digunakan oleh sebuah perusahaan pengecer multinasional Mark & Spener  yang pada tahun 2015 menjual telur khusus yang memiliki dua kuning telur dan dihargai £ 2.75 atau setara Rp.53 rb/ butir telur . (CNN)

Metode Canding Yaitu sebuah metode yang digunakan untuk mendeteksi kondisi sel udara telur , kuning telur dan putih telur

          > Prinsipnya ; telur ditempatkan pada ruang gelap kemudian dipaparkan atau diletakkan pada cahaya sehingga siluet kuning telur dapat diamati .


Pendapat Mitos atau pakta

Seorang ibu dijepang pernah menjadi viral setalah memposting telur yang dibeli dan ia rebus ternyata memiliki dua kuning telur dan ia tak memakannya sampai ada seseorang memberitahu efek atau penjelasan ilmiahnya .

Seorang ibu rumah tangga membuat cuitan dilaman bumil,com . Ia sedang hamil dan hendak membuat telur mata sapi ia mendapati telur tersebut memiliki dua kuning telur , ia langsung memberitahu suaminya yang lagi bekerja di luar kota yang percaya pada hal tahayul . Ketika ia mendapat dukungan dari komentar ibu hamil lainnya dicuitannya dilaman bumil , ia mengatakan

"saya mendapat masukan untuk melawan argument suami saya yg mengatakan bahwa nanti anaknya akan lahir kembar padahal sebelumnya hasil USG mengabarkan bahwa ia hanya akan melahirkan satu anak saja "

Mitos lainnya yang paling banyak dipercaya adalah mengenai keberuntungan hidup , usaha dan ekonomi , harapan yang terkabul dua kali lipat . dst .

Mitos buruknya , seseorang yang menemukan telur dengan kuning telur ganda atau ditetasnya anakan ayam kembar dari cangkang yang sama , salah satu keluarga si peternak akan meninggal dunia . Allahua'lam

Fakta dari kuning telur ayam . Kaya akan vitamin B12 , B6 , A , K , E  dan juga mengandung viatamin D serta nutrisi kalsium , magnesium , Kalium , Natrium ,Selenium dan zat besi


Salah satu pasangan suami istri Mark dan suzanne asal UK (detik.health) pernah melakukan trapi kehamilan yang tak biasanya menggunakan kuning telur di sebuah klinik CARE . Klinik tersebut menggunakan sebuah tehnik yang dinamakan  'intralipid' Untuk membantu kehamilan suzanne. Sebenarnya Mark dan suzanne terkejut dengan tehnik pengobatan semacam ini namun karena keinginannya mendapatkan keturunan sangat besar sehingga apapun dilakukannya.

Prinsipnya ;  mereka mencampur kuning telur dari telur ayam betina dengan minyak kedelai, lalu menambahkannya pada sel telur dan sperma keluarga Harper. Dwngan alasan berdasarkan teorinya , Bahwa asam lemak dalam sel kuning telur tersebut dapat menghambat pergerakan sel-sel pembunuh yang menyerang embrio Suzanne. Hasilnya pada Bulan desember 2009 ia mendapatkan seorang putri pertama mereka yang diberi nama Libby .

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan kritk saran dan tambahan info kami harapkan dikolom komentar .
Salam Satu Hobi!!


Posting Komentar untuk "1 cangkang dua ekor ayam ditetas"