Membuat pakan ayam sehat menghadapi musim hujan 



Pada kesempatan ini kami akan membagikan tips dan cara menghadapai musim hujan untuk para juragan ayam . Musim hujan memang tak dapat kita hindari , tapi efek dan akibat musim hujan bagi ternak mampu kita mananggulangi jika mengetahui cara dan tips bagaimana memelihara dimusim hujan .

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan khusus terkait pakan , bagaimana meracik pakan untuk ayam dimusim hujan agar ayam para juragan sehat , segar dan terhindar dari flu .  tentu tips dan cara ini tak lepas dari kata ‘’ Alami’’ yaitu menjadi peternak cerdas dan sukses dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mengurangi pengeluaran biaya .

Baiklah kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana Cara meracik pakan alami untuk ayam agar sehat untuk melewati musim hujan ,

Bahan-bahan yang dapat anda gunakan untuk membuat pakan sehat ayam di musim hujan:

  1. Kunyit
  2. Temulawak
  3. Jahe
  4. Daun papaya
  5. Lengkuas




Cara Membuat pakan ayam sehat menghadapi musim hujan


  • Tumbuklah masing masing bahan , terserah bagaimanapun caranya , diparut  diblender kering , yang intinya adalah buat menjadi Halus . atau bisa juga kita sebut sebagai proses pendedakan , atu ubah semua bahan tersebut halus seperti dedak . Mengapa harus dibuat halus seperti dedak? Alasannya bahwa tidak semua ayam menyukai bahan – bahan tersebut apalagi memiliki khas rasa yang kurang enak , sehingga metode ini sangat baik digunakan .
  • Keringkan baik dengan oven aau dibawah sinar matahari untuk menghilangkan kadar airnya . pastikan bahwa bahan-bahan tersebut tidak menggumpal atau bahan tersebut harus bener- bener seperti bubuk halus .
  • Masukkan dalam toples atau wadah kering yang berbeda-beda
  • Jika perlu buatlah bahan bahan diatas dalam jumlah yang banyak, agar bisa dipakai sepanjang waktu .



Cara pemberian pakan ayam sehat menghadapi musim hujan:

  • Dimusim hujan usahakan kita menghindari pemberian pakan yang tidak terlalu banyak berair . karenanya disetip pemberian pakan , ambilah segenggam atau secukupnya dari bahan bahan tersebut dan campurkan pada mangkok atau piring pakan ayam .
  • Gaurkan dengan pakan yang biasa para juragan berikan . kalau misalnya dalam bentuk butiran maka gaurkan bahan – bahan diatas dengan butiran  , atau jika menggunakan misalnya adalah nasi maka gaurkan nasi dengan bahan – bahan diatas sehingga memiliki fungsi tersendiri yaitu tidak membuat ayam tersedak karena nasi yang menggumpal .




Apa manfaat bahan – bahan pakan ayam sehat tersebut dalam menghadapi musim hujan:

1. Kunyit .

Di Indonesia Kunyit memiliki ketersedian yang cukup melimpah , kunyit dapat menjadi bahan alternative sebagai campuran pada pakan ayam yaitu dapat menjadi terapi bagi tubuh ayam yang lesu karena masalah urat atau persendian , selain itu kunyit juga sangat baik bagi kesehatan perut .



2. Lengkuas

Diindonesia disetiap daerah memiliki panggilan atau nama- nama sendiri . misalnya seperti : laos atau lainnya . Kegunaan umumnya digunakan sebagai bumbu masakan sentan , opor atau rendang dan lain-lainnya .

Untuk manfaatnya sendiri , dimusim hujan dengan jumlah kadar air yang bisa dibilang tinggi khususnya dari lingkungan luar . gangguan yang sering terjadi biasanya adalah diare , fases ayam yang tidak baik sebagai indikasi adanya masalah pada perut . Nah lengkuas  adalah bahan alernatif alami yang dapat disisipkan sebagai campuran pakan ayam . selain sebagai obat diare , lengkuas juga dapat diguanakan sebagai obat antipreti dan juga analgesic , maksudnya dapat sebagi obat demam , sakit kepala , pusing dll. Selain itu lengkuas untuk ayam ngorokan atau radang tenggorakan karena faktor – faktor yang tidak dikehendaki lengkuas dapat menjadi solusi .


3. Temulawak

Secara umumnya , siapa yang tidak tau manfaat dari temulawak , temulawak juga kadang  bisa disebut sebagai bapak dari keluarga kunyit- kunyitan . kenapa ? karena manfaatnya yang cukup besar , bahkan paling mendominasi dalam pembuatan bahan industry makanan ataupun minuman . salah satu contohnya adalah jamu . temulawak sebagai campuran pakan ayam dapat memiliki fungsi menambah stamina ayam yang biasanya lemah karena kondisi lingkungan , menambah nafsu makan , dan dapat sebagai proteksi tubuh ayam dari serangan mikroorganisme . temulawak akan memiliki nilai dua kali lipat ketika disandingkan dengan kunyit .

4. Jahe

Siapa yang tidak mengetahui tanaman rimpang  yang mempunyai segudang manfaat , bahkan akhir-akhir ini jahe sering sekali menjadi trombosan baru pada industry makanan ataupun minuman dan menjadi Formula kebugaran bagi tubuh . Jahe memiliki manfaat dapat meningkatkan dan membantu  kerja pada system  pencernaan  tubuh , mengobati penyakit pernapasan , flu dan terlebih dimusim hujan jahe dapat menjadi alternative yang sangat baik untuk menghangatkan bagaian tubuh dari dalam .

5. Daun papaya

Siapa yang tidak tau daun papaya , tapi jelas banyak yang tidak tau manfaat dari daun papaya . daun papaya bagi tubuh , dapat menambah  proteksi tubuh dari bakteri  atau imunitas / kekebalan tubuh , melindungi usus , pencernaan , menmbah nafsu makan , mengurangi cacingan , menjaga kebugaran tubuh dan lain-lainnya .



Apakah Bahan – bahan tersebut harus diberikan secara bersamaan ?

Jawabannya Tidak , pada artikel ini kami mengajak para juragan lebih banyak menyimpan  kamus tips dan pengetahuan tentang bahan- bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengurangi biaya . jadi tidak harus menggunakan semua bahan , namun harus mengetahui semua bahan yang dapat kita pakai .

Dan gunakana segala sesuatu secara baik dan bijak ,  Bahan alami adalah bahan yang kadar resiko dan efek sampingnya rendah akan tetapi kondisi tubuh setiap mahluk hidup umunya berbeda – beda . bisa jadi juga dengan bahan- bahan yang tidak kita sadari malah akan menambah  kuat dan meregenerasi sel-sel buruk dalam tubuh . jadi sekali lahi gunakan secara bijik dan tidak berlebihan.


Jika anda punya tips , saran , tambahan , masukan silahkan komentari karena berbagi itu baik. Salam satu hobi !


Posting Komentar