Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Jenis Varietas Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor adalaah istilah untuk jenis kelapa yang memiliki keunikaan, di mana daging buahnya mudah lepas dari tempurung kelapa atau bahkaan tidak menyatu. 3 Jenis Varietas Kelapa Kopyor.


Nama kelapa kopyor saat ini menjadi primadona di kelangaan masyaraakat karena karakteristinya tersebut. 


Alasan mengapa terjadi kelapa kopyor, Menurut Kepala Bimbingan Usaha Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Kaltim, itu karena adanya proses genetik. Ada kelainan genetik pada individu tanaman itu, yang menyebabkan tidak melekatnya daging buah pada tempurung kelapa sekaligus menjadi keunggulan dari kelapa ini. 


Baca juga: Jenis kelapa di Indonesia


Alasan itu pula yang membuat kelapa kopyor menjadi mahal dibanding kelapa lainnya. Dagingnya yang mudah dilepas sehingga mudah dikonsumsi oleh penikmat kelapa. 


Seperti pada umumnya kelapa, Kelapa kopyor memiliki daging buah dengan komposisi kimia yang baik untuk kesehatan, mengandung senyawa antioksidan dan asam laurat sebesar 37,93% - 51%. Dibanding dekngan kelapa lain, kopyor memiliki air yang lebih sedikit, aroma khas dan rasa yang lebih gurih. 

Jenis Kelapa Kopyor 

Menurut balai penelitian tanaman palma, ada 3 jenis varietas kelapa kopyor, yaitu:

1. Kelapa kopyor genjah kuning 


Kelapa kopyor genjah kuning yaitu jenis kopyor yang dapat beradaaptasi pada lahan kering ilim basap dengan ketinggian hingga 300mdpl. Lingkar polar buah 52cm, lingkar equatorial 12cm dan kadar minyak 9,2% bobot basah. 

Varietas unggul ini dapat dipanen sejak umur 48 bulan, bobot buah 1,2kg jumlah buah per pohon mencapai 80-150 butir. atau sekitar 1.300 butir pertahun. ukuran buah sedang. Varietas ini banyak diminati dan prospek ditanam di daerah wisata.  

2. Kelapa kopyor genjah coklat 


Kelapa kopyor genjah coklat yaitu jenis kopyor yang dapat beradaaptasi pada lahan kering ilim basap dengan ketinggian hingga 300mdpl. Lingkar polar buah 49cm, lingkar equatorial 43cm dan kadar minyak 8% bobot basah. 

Varietas unggul ini dapat dipanen sejak umur 48 bulan, bobot buah 1,1kg jumlah buah per pohon mencapai 80-150 butir. atau sekitar 1.200 butir pertahun. ukuran buah sedang. Varietas ini banyak diminati dan prospek ditanam secara luas.  

3. Kelapa kopyor genjah hijau


Kelapa kopyor genjah hijau yaitu jenis kopyor yang dapat beradaaptasi pada lahan kering ikim basah dengan ketinggian hingga 300mdpl. Lingkar polar buah 51cm, lingkar equatorial 42cm dan kadar minyak 8,2-8,4% bobot basah. 

Varietas unggul ini dapat dipanen sejak umur 48 bulan, bobot buah 1,1kg jumlah buah per pohon mencapai 120-150 butir. atau sekitar 1.400 butir pertahun. ukuran buah sedang. Varietas ini banyak diminati dan prospek ditanam secara luas.  


Demikian, informasi terkait 3 Jenis Varietas Kelapa Kopyor. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "3 Jenis Varietas Kelapa Kopyor "