Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-jenis tomat, Varietas dan Teknik Budidaya

Tomat adalah tumbuhan sayur yang dibudidayakan yang merupakan tanaman perdu kecuali tomat liar sehingga menjalar dan hidup lebih dari satu tahun .

Ciri-ciri tanaman tomat, yaitu:
Berakar tunggang, batang bersegi dan berbulu halus, bunganya berbentuk trompet, warna bunganya kuning, buah tomat muda berwarna hijau, buah tomat tua berwarna merah dengan dagingnya yang lunak, terdapat banyak biji, bentuk buah bulat, buahnya berdaging, mengandung banyak air dan daunnya  menyirip.

Buah tomat memiliki rasa yang khas, enak, segar, dan sedikit masam. kandungan dalam buah tomat yaitu mengandung  vitamin A lebih tinggi 3 kali dari semangka, Vitamin C dan sedikit vitamin B.

Jenis – Jenis tomat yang terkenal adalah; 
  • Tomat Sayur (porselin) memiliki ciri – cirri lunak, bentuk yang tidak teratur besar kecil). umumnya berbentuk bulat. Tomat sayur ini merupakan tomat yang paling banyak dibudidayakan petani local  dan paling laris dipasaran.  
  • Tomat Apel dengan cirri-ciri buah kuat, keras dan berbentuk bulat seperti buah apel
  • Tomat kentang dengan cirri-ciri buah yaitu bulat besar, padat, berdaun lebar dan ukurannya lebih kecil daripada tomat apel. 
  • Tomat keriting memiliki ciri – ciri sedikit lonjong dan keras, daun rimbun dan keriting. 

Macam – macam Varietas tomat
Varuetas tomat Terdiri dari varietas yang umumnya disukai dan tidak disukai , Verietas yang disukai terdiri dari 2 jenis yaitu;
  • Tomat berbuah sedang seperti moneymaker, maascross, extase, bonset dan monresist
  • Tomat berbuah besar seperti  geraldton , smooth skin dan Indian river verietas verietas tersebut umumnya hanya baik ditanam didataran tinggi
Varietas tomat yang tidak disukai yaitu ;
  • Tomat liar dan toma ranti, tomat jenis ini merupakan tomat yang lebih tahan terhadap hujan dan penyakit layu, berbentuk merah waktu tua matang, tomat liar berwarna hitam dan buahnya bulat kecil sebesar kelereng.
Metode bertanam tomat yang baik
Hal – hal yang harus diketahui tentang tomat;
  • Tomat dapat tumbuh didataran rendah – tinggi
  • Tomat sayur lebih baik ditanam didataran rendah
  • Tomat peka terhadap tanah yang kekurangan zat unsur hara
  • Kualitas penanaman tanah gembur atau dibuat gembur
  • Tomat lebih suka dengan Derajat pH tanah (6-7)
  • Tidak tahan terhadap hujan
  • Penanaman yang baik 2 bulan sebelum dan awal musim kemarau
Langkah- langkah menanam tomat yang baik, yaitu; 
1. Penyemaian benih
    Dalam penyemaian buah hal yang arus dipersiapkan adalah Pembuatan lahan pembenihan dengan memperhatikan karakter lahan penyemaian yang subur dan gembur, Model pembuatannya dapat dibuat berbaris  Atau dibuat pundukan besar sesuai ukuran jumlah pembenihan, setalah lahan pembenihan sudah dibuat Biji tomat ditabur merata, agar dapat ditabur merata dapat dilakukan metode sederhana seperti memasukkan biji kedalam botol plastic yang tutupnya diberi lubany seukuran biji dapat keluar kemudian dikocok-kocok kelahan penyemaian, atau benih di beri abu bekas pembakaran sebelum ditabur keuntungan lain menggunakan abu bekas pembakaran adalah tidak dihinggap semut. untuk lahan 1 ha diperlukan sebanyak 300-400 gr biji tomat. Berdasarkan teorinya, penanaman 1ha lahan hanya diperlukan 150gr biji yang berdaya kecambah 75%. setalah bii ditabur, lahan tempat pembenihan /penyemaian ditutup atau diberi atap untuk mempertankan kondisi kelembaban.

2. Penanaman ke lahan terbuka
    Benih akan tumbuh selang waktu 5-7 hari  dan setalah sekitar 1 bulan atau seukuran berdaun empat helai, benih dipindahkan ke lahan yang sudah disediakan. Dibebrapa daerah petani, melakukan upaya pengadaptasian terhadap benih yang baru dipindah seperti ditutup dengan kelopak pelepah batang pisang selama beberapa hari  pada petani modern lahan penanaman tomat juga ditutup dengan plastic (molsa).

3. Pemeliharaan tanaman tomat
    Pemeliharaan tomat dibagi menjadi dua bagian yaitu , pemeliharaan tumbuh kembang dan pemeliharaan terhadap hama penyakit

Pemeliharaan tumbuh kembang, tomat diberi pupuk dan bebrapa perangsang tumbuhan yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan keperluan tomat anda. saat umur tanaman 1.5 bulan cabang samping dipangkas dan disisakan 1-2 cabang saja, membuang tunas- tunasdan bunga liar yang tumbuh dibawah ketiak daun.

Pemeliharaan terhadap hama, tomat perlu pemeliharaan khusus terhadap hama penyakit karena tomat termasuk tanaman yang paling rentan terkana penyakit, beberapa hama dan penyakit yang umum menyerang tomat adalah seperti ulat penggerak buah, ulat tanah, cacing, adapun gejala penyakit yang sering dan umum terjadi pada tomat adalah daun kriting, busuk daun, busuk buah, layu, damping off  yang dapat dimulai dari masa penyemaian dan umumnya penyakit-penyakit tomat yang disebabkan oleh virus cepat menyebar.

4. Pemanenan
    Pada kondisi normal, pemananan pertama apat dimulai pada usia 2 bulan. pada kondisi yang menguntungkan (unggul dan sehat) dapat menghasilkan buah 10-25ton /ha.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis tomat, Varietas dan Teknik Budidaya"