Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Padi cepat tumbuh

Selamat bertani farmers
Sebagai petani padi , kita pasti sudah menemukan banyak masalah dan kendala disana-sini yaitu Terkait pertumbuhan padi terlebih masalah hama . Pada kali ini farmers akan memberikan pemahaman sedikit mengenai pertanyaan , kenapa padiku belum atau lama mengalami perubahan fisiologis semenjak ditanam?

Farmer memandang dari segi benih , yaitu ;

1. Kualitas benih
Kualitas benih dapat menjadi alasan utama, benih yang kurang baik atau benih yang masih dalam masa percobaan sebaiknya dihindari terlebih dahulu  Banyak kasus terjadi, pemberian benih gratis dari sebuah perusahaan dengan berbagai alasan sehingga merugikan para petani.

2.Perlakuan benih
Nah ini yang ingin saya tonjolkan pada artikel ini yaitu kondisi dan perlakuan benih. Sangat dasar kondisi benih bisa bermacam - macam baik terkait metode penyemaian, kurangnya air, hama atau ketidak cakapan dalam penyemaian . bisa terjadi pada benih padi, benih tidak normal, kuning, pendek atau bahkan terlalu tua untuk ditanam. Hasilnya ketika dipindahkan ke-lahan terbuka padi menunjukkan pertumbuhan yang tidak normal atu terlalu kama untuk mengalami perubahan.

Apa yang harus dilakukan ?

1. Perawatan benih saat penyemaian
Gunakan metode penyemaian yang suport pada kondisi lingkungan . Untuk mengetahui metode penyemaian benih padi sesuai kondisi , bisa baca artikel metode penyemaian .

2. Kondisi
Jika kondisi benih saat akan ditanan terlalu kecil maka selang beberapa haru berilah pupuk secepatnya. Jika kondisi benih cukup/terlalu besar saat ditanam. Maka pangkaslah atau potonglah ujung benih padi sepanjang genggaman tangan.

Manfaat memangkas benih padi sebelum ditanam, yaitu ;
 
1. Jika berada pada daerah yg kurang subur atau tanah kering, hal ini dapat mengurangi penyerapan air yang berlebih.

Ukuran yang dapat dipangkas seperti gambar dibawah ini, atau bisa lebih pendek.


2. Dalam kondisi normal, memangkas benih dapat mempercepat pertumbuhan tunas baru dan perubahan wajah padi.

Jika anda punya tips lain, maka dapat menambahkannya dikolom komentar. Sejahtra farmers, semiga hasil pertanian farmers memuaskan.


Posting Komentar untuk "Tips Agar Padi cepat tumbuh"