Bagaimana Cara Anak Ayam Pecahkan Telur Saat Menetas?


Hal yang tidak terpikirkan , bahwa ayam salah satu mahluk hidup yang mampu menciptakan sebuah protein tercepat didunia  .

Terungkap berkat studi gabungan yang dilakukan oleh para peneliti asal Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Spanyol. Bagaimana Cara Anak Ayam Pecahkan Telur Saat Menetas?

Faktanya ;
  • Anak ayam terlindung oleh cangkang telur yang kuat, walau begitu, mereka mampu keluar dari cangkang tersebut.  
  • kerabang atau cangkang telur memiliki struktur yang kuat yang sulit dipecahkan. 


Mungkin awalnya kita berpikir bahwa anak ayam keluar dari cangkangnya karena terjadi secara full mekanik atau sebuah proses pemaksaan cangkang untuk pecah karena bobot tubuh yang semakin besar . Tapi BUKAN

Rupanya, ini adalah peran protein osteopontin yang terkandung di cangkang telur. Protein osteopontin akan menguatkan cangkang telur supaya calon anak ayam terlindungi sebelum akhirnya menetas. Dengan kata lain, semakin tinggi kadar protein tersebut, akan semakin tebal dan kuat cangkang telur.Kandungan protein ini semakin hari kian berkurang mengikuti waktu penetasan telur. Cangkang pun kian menipis sehingga anak ayam nantinya mudah untuk menembus keluar dari telur.

Kerja keras mereka terdokumentasikan dalam Jurnal Science Advances. “Cangkang telur sangat kuat dan tangguh, sesuai dengan fungsinya,” kata Marc McKee, salah satu peneliti sekaligus profesor biologi sel Universitas McGill, dikutip dari Newsweek, Sabtu (31/3/2018.

Mereka memperoleh kesimpulan demikian setelah mengambil sejumput tipis lapisan kulit telur. Selanjutnya, lapisan tersebut ditaruh di bawah mikroskop yang canggih demi mendapatkan hasil yang akurat. Mikroskop tersebut mampu mengamati hingga struktur nano sehingga konsentrasi mineral pada kulit telur pun bisa terlihat.

Dari pengamatan tersebut, didapatkanlah protein osteopontin, sebagai struktur nano cangkang telur. Ketakjuban terhadap cangkang telur pun dilontarkan para peneliti. Pasalnya, hanya butuh waktu sekejap untuk membentuk struktur cangkang telur yang begitu kompleks.

McKee bahkan menyatakan, pembuatan cangkang telur sebagai sistem mineral tercepat yang pernah dikerjakan organisme hidup.

“Seekor ayam petelur membentuk cangkang telur seberat 0,2 ons selama 17 jam, dan itu hampir tiap hari,” imbuh McKee.

Lewat temuan protein dalam cangkang telur ini, lantas timbul ide dari peneliti untuk merancang nanomaterial yang ringan tapi kuat. Diharapkan nanomateri tersebut membantu dunia industri, dari mulai bidang elektronik hingga kesehatan.


Sc. Kompas dan nasionalgeografic

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Anak Ayam Pecahkan Telur Saat Menetas? "