Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ayam Jantan Seperti Betina (Ayam Banci)

Hallo juragan! gak cuma manusia lho yang bisa meniru atau menyerupai jenis kelamin lain, ayam juga bisa. Ayam seperti betina ini ditandai dari kondisi ayam pada bagian tubuh tertentu tidak menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan. Ayam Jantan Seperti Betina (Ayam Banci) 

Baca juga: Ayam tanpa ekor
Daftar Isi:

Ciri Ayam jantan mirip betina

Nah paling umum di temukan 2 ciri ayam jantan seperti betina, yaitu: 

1. Ekor Ayam Jantan seperti betina (Papak)

Ayam jantan dengan ekor seperti betina (Ayam Papak)  adalah Ayam jantan dengan pertumbuhan ekor tidak memanjang, dan terlihat seperti ayam betina. Ayam papak juga sering disebut sebagai ayam banci karena berdasarkan bentuk tubuhnya dengan ekor seperti ayam betina, ekornya hanya sedikit tumbuh dan kadang-kadang sering dikira ayam betina.

Pada umunya ayam jantan mulai dari usia beranjak dewasa “Minjong” ekornya sudah mulai terlihat turun menguntai, sampai menjadi ayam dewasa ekornya sempurna menguntai.  Ayam papak terjadi secara alami, bukan karena ekornya dipotong atau sedang mengalami masa pergantian bulu ekor. Tapi karena benar-benar murni terjadi ekornya tidak memanjang. 

Ayam Papak beda dengan ayam sangkur, Ayam sangkur benar –benar tidak memiliki bulu ekor atau tumpul, sedangkan ayam papak persis seperti ayam betina .

2. Ayam Jantan Tidak Tumbuh Tegil (Mapak)

Ayam jantan tidak tumbuh tegil (Mapak) adalah istilah penamaan ayam untuk ayam jantan yang tidak memiliki tegil atau taren. atau tegilnya tidak tumbuh. Umumnya ayam jantan dewasa akan memiliki Tegil atau taren yang runcing dan kuat sebagai penanda keangkuhan dan senjata dalam perkelahian, tetapi untuk ayam Mapak ia tidak memiliki tegil atau tegilnya tidak tumbuh.

Namun Ayam banci tersebut jarang ditemuakna kedua ciri tersebut ada dalam satu Ayam, biasanya ditemukan ayam banci dengan hanya salah ciri saja. 

Mana lebih baik ayam papak atau ayam mapak?

Meski pada dasarnya kondisi ayam ini sama-sama mengalami pertumbuhan tidak sempurna pada bagian tubuhnya, namun Ayam papak lebih baik, lebih mahal. Alasannya,  karena dalam kondisi pertarungan kurangnya bulu ekor menjadi nilai tambah dapat mengurangi beban pada tubuhnya sehingga dapat lebih ringan dan leluasa dalam bergerak. Sedangkan untuk ayam Mapak ia tidak memiliki tegil yang merupakan hal wajib dimiliki oleh ayam jantan petarung, Ini seperti berperang tanpa senjata maka tentu akan sangat menyulitkan.

Kesimpulan ::

Persamaan ayam Papak dan ayam Mapak:

  • Sama sama tidak mengalami pertumbuhan sempurna pada bagian tubuh tertentu
  • Sama sama disebut Ayam Banci

Perbedaan ayam Papak dan ayam Mapak: 

  • Ayam Papak ekornya tidak tumbuh dan seperti ayam betina, sedangkan
  • Ayam Mapak Tegil atau tarennya tidak tumbuh
  • Ayam Papak lebih disukai sebagai ayam aduan, sedangkan ayam mapak tidak
  • Ayam Papak lebih di sukai sedangkan ayam Mapak tidak
  • Ayam Papak Lebih mahal sedangkan Ayam mapak tidak 
Demikian informasi tentang Ayam Jantan Seperti Betina (Ayam Banci). Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ayam Jantan Seperti Betina (Ayam Banci) "