Ayam Tiba-tiba lemas, tidak Kuat Berdiri. Cara Mengobatinya?

Ayam Tiba-tiba lemas, tidak Kuat Berdiri. Cara Mengobatinya?. Baru kejadian nih juragan, ayam saya tiba-tiba jatuh tidak ada angin tidak ada hujan, janggernya pun masih segar tidak menghitam, ia tidak bisa melihat, kakinya lemas. Mungkin para penghobi pernah menemukan kasus demikian, lalu bagaimana cara menanganinya?

Sebelumnya idnfarmers akan menjelaskan gejala sakit ayam yang paling umum, yaitu:
  • Karena Flu
  • Keracunan
  • Gangguan pencernaan
Flu adalah yang paling umum kita temui dapat kita lihat dari ayam berupa, pencernaan tidak baik dan fases kehijauan hingha keputih-putihan, jangger berwarna hitam, ngorok dan tidak nafsu makan, biasanya prosesnya ini 1×24 jam atau lebih artinya tidak langsung jatuh dan mati.

Baca juga: Cara mengobati kaki ayam bubul  

Keracunan, mungkin pernah memakan makanan atau tanaman yang sudah diracun hama. Nah untuk jenis ini ayam biasanya langsung jatuh dan tidak sampai 1×24 jam. Biasanya langsung jatuh, liuran, jangger hitam dan mengeras.

Masalah pencernaan, ayam lemes, tidak kuat berdiri, tiba-tiba pandangan rabun, jangger tidak menghitam atau tidak ada gejala terkena flu. Namun kadang hampir kita mengira keracunan juga.

Bagaimana cara mengobati ayam yang tiba-tiba lemas?

Berikut beberapa cara mengobati ayam lemas secara tiba-tiba:
  • Flu ayam, adalah karena virus menular cara terbaik adalah dengan pencegahan, adapun pengobatan kadang untung-untungan bisa selamat. Yang harus dilakukan ketika terjadi flu ayam adalah, memisahkan ayam yang terkena flu (isolasi) agar tidak menular dengan ayam lainnya. Bersihkan kandang, semprot dengan insektisida dll.
  • Keracunan, ini adalah faktor eksternal dari obat-obatan atau makanan kadaluarsa. Jika ayam tiba-tiba jatuh sebelumnya tidak ada gejala mungkin saja karena keracunan. Cara mengobati ayam keracunan yaitu dengan memberinya minum air kelapa, air susu yang memiliki fungsi adsorbsi terhadap multivitamin yang mungkin tidak baik bagi tubuh.
  • Gangguan pencernaan, Bedanya mungkin dengan keracunan adalah terlalu cepat keras dab mati, serta janggernya masih terlihat segar. Berikan minum air garam atau oralit.

Kadang kita tidak tau apa dia keracunan sedang atau masalah pencernaan, yang pertama dilakukan adalah memberikan minum air kelapa jika tidak kunjung membaik maka berikan air garam. Nah seperti kejadian yang admin alami setelah 2×24 jam ayan saya sembuh.


Ayam Tiba-tiba lemas, tidak Kuat Berdiri. Cara Mengobatinya?
Kelus: Berumbun, sandah, sekedas sangkur ngeros. Harga Rp.500.000 belum Ongkir
Tips ini bisa berlaku juga untuk jenis hewan ternak lainnya.  Demikian artikel Ayam Tiba-tiba lemas, tidak Kuat Berdiri. Cara Mengobatinya?. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar