2 Cara Mendapatkan Bibit Tanaman Porang

Porang adalah komoditas baru indonesia yang langsung masuk pasar ekspor. Dengan kondisi atau perubahan musim yang tidak menentu, maka mungkin saatnya mengembangkan komoditas baru yang tahan terhadap kondisi musim ekstrem, porang salah satunya.

Porang adalah tanaman yang sangat mudah ditanam, karena aslinya merupakan tanaman liar yang hidup didataran tinggi, mampu bertahan di musim kemarau panjang dan tumbuh lebih baik dengan sedikit kelembaban.

Bagi anda yang tertarik menanam porang ada dua cara mendapatkan bibit tanama porang 

1. Mencari tanaman porang
Anda dapat mencari bibit tanaman porang di alam, Karena porang adalah tanaman liar yang banyak tumbuh dipedalaman hutan dataran tinggi.

Namun perlu di ketahui, bahwa tanaman porang ini memiliki sub-spesis yang hampir mirip dengan iles-iles, walur dan lain-lain, Sehingga anda harus bisa membedakannya.

Baca juga: Perbedaan porang, suweg, iles-iles dan Walur

2. Membeli di petani porang
Petani porang sekarang sudah mulai banyak menyebar diseluruh daerah, anda hanya perlu mencari informasi petani yang memiliki hasil panen atau benih simpanan.

Umumnya ada 3 bagian tanaman porang yang diperjual belikan sebagai bibit, yaitu
  • Katak porang, ini yang paling baik dijadikan sebagai benih tanaman. Namun, perlu diingat dan di lihat baik-baik untuk mendapat katak yang baik, tua dan siap ditanam.
  • Umbi porang, umbi porang sebagai hasil tanaman porang juga dapat dijadikan benih bibit. Biasanya umbi porang yang dijadikan benih yaitu, umbi ukuran kecil yang sudah melwati masa penyimpanannya (doroman).
  • Bibit polybag, dengan banyaknya permintaan bibit porang saat ini para petani besar sudah berupaya memenuhi permintaan dengan penyediaan bibit porang polybag.
Baca juga: Tempat penjualan tanaman porang

Dimana bisa beli bibit tanaman porang?
Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan benih & bibit unggul
Whatsaap kami: 6283143012781

Untuk tanya-tanya dan diskusi silahkan dikolom komentar dibawah, agar para petani porang berpengalaman bisa jawaban dan pengalaman. Terimakasih!

2 komentar

  1. Bagaimana cara mendapatkan bibit porang katak yang bagus dan tua siap untuk ditanam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca diartikel lainnya mengenai waktu penanaman

      Hapus