13 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal dan Cantik

13 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal. Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan banyak terdapat di pasaran. Betta imbellis Ladiges dan Betta splendens Regan merupakan dua spesies ikan air tawar dari famili Osphronemidae yang masing-masingnya lebih dikenal sebagai cupang alam dan cupang hias. Akan tetapi kebutuhan pasar untuk Ikan Hias Cupang sendiri cukup banyak.

Penilain harga Ikan Cupang dilihat dari tingkat kecantikan Ikan Cupang Tersebut, Baik dari Bentuk Tubuh, Warna, dan keunikan ikan cupang Itu. Sehingga sekarang ada istilah cupang hibrida yaitu cupang yang dikawin silang dari dua ikan silang yang memiliki perbedaan karakter, bentuk fisik, warna yang unggul sehingga menambah nilai ekonomis.

Baca juga:  Ciri Aquarium yang baik untuk ikan hias

Tujuan dari dilakukannya kawin silang atau hibridisasi ikan Hias terutama Ikan cupang agar mendapatkan Kombisanasi dan Corak yang dapat menambahkan keindahan tubuh. Dengan adanya tehnik hibrida ini, ikan cupang menjadi tidak terhitung jenisnya karena selalu muncul generasi hasil silang yang unggul, dengan kata lain tehnik hibridasi menjadi jalan tidak terbatas mendapatkan keindahan dari cupang.

Nah bagi anda yang ingin belajar banyak tentang cupang, cara budidaya, hibrida, kontes anda bisa membeli buku yang komplit diatas dengan isi yang super komplit

Jenis ikan cupang paling cantik dan mahal

Pada umumnya jenis cupang dapat dikategorikan berdasarkan bentuk ekornya, bentuk warna tubuhnya serta kecendrungan berperilaku. Menurut laman modestfish, ikan cupang dapat dikategorikan berdasarkan bentuk ekornya, antara lain yaitu:

1. Ekor Krudung (Veil teil)


Sirip panjang yang mengalir dengan ekor yang menukik ke atas lalu turun ke bawah. Sirip punggung dan ekor belakang besar. Ekor kerudung adalah jenis cupang yang paling umum tersedia di perdagangan akuarium. Karena jenis ini sangat umum dan banyak dibiakkan oleh jutaan, Anda dapat menemukannya di pasaran dalam hampir setiap pola dan kombinasi warna.

Ekor krudung pada cupang dengan pola bercak putih (marmer) dan kombinasi warna (koi) mungkin lebih sulit ditemukan, tetapi bukan berarti tidak bisa muncul.

Sifat dari Ekor kerudung: Agresif tapi tidak seagresif varietas bersirip pendek. bukanlah perenang yang kuat dan lebih baik jika menggunakan arus lembut di dalam akuarium.

2. Ekor mahkota (Crown tail)


Siripnya menguntai panjang pada sirip punggung, dubur, dan ekor. Ekor mahkota memiliki varian warna Umum seperti satu warna (Solid), butterfly, sisik naga, wajah putih dengan tubuh warna-warni (piebald), wajah hitam dan tubuh warna-warni (full mask), camouran warna yang bercampur halus (grizzle), dua warna berbeda satu di badan dan satu di sirip (bi-color) adapun bercak putih (marmer) dan kombinasi warna (koi) sangat langka jarang ditemukan. Perilaku: bisa jauh lebih agresif daripada ekor kerudung.

Sirip mahkota sangat indah dengan sirip punggung, ekor dan dubur tidak benar benar menyatu seperti ada jeda tipis yang tertata rapi.

Ekor mahkota adalah perenang yang lebih kuat dan juga bisa jauh lebih agresif daripada ekor kerudung, tetapi tergantung pada keturunannya.
Ekor mahkota bisa menjadi sedikit lebih rentan dalam dengan penyakit dan cedera, jadi penting untuk menjaganya dalam kondisi air bersih.

Ekor mahkota juga yang kedua paling umum, sehingga tidak terlalu sulit menemukannya di hampir semua warna dan pola.


3. Ekor bulan sabit (Halfmoon)

Bentuknya, 180° ekor dengan sirip punggung dan sirip dubur yang tumpang tindih dan terdapat dalam beberapa Warna yaitu Solid, butterfly, sisik naga, piebald, wajah hitam, grizzle, bi-color; sebagian besar ikan cupang dengan pola kupu-kupu adalah halfmoon adapun marmer dan koi sangat langka. Varietas ini juga banyak tersedia di toko hewan peliharaan, tetapi tidak seumum ekor krudung atau ekor mahkota.

Halfmoon memiliki ekor bulat besar yang menyebar 180 °. Ujung ekornya berbentuk bulat, sehingga siluet ekornya terlihat seperti setengah lingkaran (atau setengah bulan!). Sirip punggung juga cukup besar dan cenderung berbentuk bulat, tidak menukik seperti kerudung. Sirip dubur membentuk tirai besar di bawah perut ikan. Ketiga siripnya saling tumpang tindih, membuat ikan terlihat seperti bunga mekar.

Perilaku cupang ekor bulan sabit lebih agresif dari pada ekor kerudung,
Tetapi bisa tergantung kondisi dan keturunan.


4. Ekor Dumbo 


Siripmya sangat besar, memiliki sirip dada yang tidak beraturan dan menyerupai telinga gajah, dapat ditemukan dengan jenis ekor apa pun, tetapi biasanya berbentuk setengah bulan (halfmoon). Sirip Dumbo dapat ditemukan pada banyak pola Warna: Solid, butterfly, sisik naga, piebald, full mask, grizzle, bi-color, namun pola marmer dan koi sangat langka. Perilaku sirip dumbo lebih agresif dari pada ekor kerudung.


Ikan cupang dumbo juga disebut telinga gajah atau cupang EE. Memiliki sirip dada yang membesar hingga 5 kali lebih besar dari biasanya dan memiliki tepi bergelombanh besar. Ikan sirip dumbo mungkin sulit didapat di toko eceran biasa karena sulit dibiakkan. Untuk perawatan Pastikan memberi mereka arus yang lembut karena sirip dada mereka yang berat dapat membuat berenang sedikit lebih sulit.

5. Ekor Mawar (Rosetail)


Siripnya seperti Cupang halfmoon namun memiliki ekor ekstra di tepi yang kusut. Tersedia dalam berbagai warna yaitu: Solid, butterfly, dragon scale, piebald, full mask, grizzle, bi-color; marmer dan koi sangat langka.

Rosetails merupakan hibrida atau dibiakkan dari Halfmoon. Sirip ekornya memiliki sinar ekstra dan bercabang, membuatnya kusut. Sama seperti setengah bulan, ekor mereka dapat menyebar hingga 180 °, tetapi semua sinar ekstra berarti bahwa ekornya terlipat maju mundur dengan sendirinya. Mereka benar-benar terlihat seperti bunga atau gaun berenda.

Namun, semua sirip ekstra itu membebani ikan, dan dapat menghalangi berenang mereka.

Perawatannya untuk menghindari element yang dapat merusak siripnya yang kusut. Beberapa orang berpendapat bahwa harga ekor cantik ini terlalu tinggi. Rosetails bisa menjadi lesu karena berusaha menyeret ekor besar yang menghalanginya untuk berenang bebas.

Perilaku sirip ekor mawar lebih agresif dari pada ekor krudung. Mereka lebih suka nongkrong di tempat persembunyian daripada berenang. Selain itu, terkadang rosetails merusak sirip ekornya. Hal ini membuat mereka berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Ada banyak perdebatan sengit tentang apa yang menyebabkan gigitan ekor, tetapi apa pun penyebabnya, diketahui dengan pasti bahwa hal itu terlalu umum di antara ikan cupang ekor mawar dan bulu. 

Menggigit ekor juga membuat rosetails lebih rentan terhadap infeksi yang dapat mengancam nyawa. Mereka juga mungkin memiliki umur yang lebih pendek daripada varietas lainnya. Ini bisa jadi karena praktik pembiakan yang buruk yang lebih fokus pada mendapatkan bentuk ekor tertentu dibandingkan dengan pembiakan ikan yang kuat. 

Mereka mungkin cukup agresif karena mereka dibesarkan dari ikan cupang halfmoon. Karakteristik Utama Sirip dan ekor kasar

6. Over Halfmoon 


Ekor atau Siripnya seperti setengah bulan tetapi dapat menyebar lebih dari 180° perbedaannya terletak pada ekor yang besar itu. Memiliki banyak variasi Warna seperti: Solid, butterfly, dragon scale, piebald, full mask, grizzle, bi-color, namun marmer dan koi sangat langka.

Perilaku over moon lebih agresif dari pada kerudung ekor

7. Ekor Bulu (Feather tail)


Ekor atau Siripnya dari punggung, ekor dan bagian belakangnya yang sangat kasar. Feather tersedia memiliki banyak variasi warna Umum seperti: Solid, butterfly, dragon scale, piebald, full mask, grizzle, bi-color, namun marmer dan koi sangat langka.

Feather terlihat seperti persilangan antara rosetail dan crowntail, memiliki sirip sinar ekstra dan bercabang seperti rosetail tetapi mereka juga memiliki jari-jari sirip dan anyaman yang membuat tepi sirip mereka terlihat seperti bulu.

Ikan cupang yang satu ini sangat cantik. Sirip mereka mengepak-ngepak saat bergerak dan Anda pasti akan terpesona. Tapi, sama seperti rosetails, bulu ekor juga rentan terhadap masalah seperti sirip compang-camping, pari patah, ekor menggigit dan umur yang pendek.

Karakteristik Utama, Sirip dan ekor yang acak-acakan terlihat seperti bulu dan Perilaku feather lebih agresif dari pada kerudung ekor Ekor bulu seperti rosetail.

8. Plakat

Ekor atau Siripnha lebih pendek, sirip / ekor kurang berornamen atau bervariasi. Warnanya tersedia dalam berbagai Pola dan varietas ini memiliki marmer dan koi.

Ikan ini banyak dibiakkan di Asia Tenggara khusus untuk pertempuran. Jadi mereka memiliki sirip yang lebih pendek dan tubuh yang besar dan kuat. Tubuh mereka lebih panjang dari varietas bersirip panjang dan sirip punggung mereka biasanya bulat dan sekitar sepertiga ukuran ekor kerudung. Ekor plakat berbentuk kipas dan berukuran sekitar setengah ekor kerudung atau setengah bulan. Dan sirip duburnya hanya memanjang sekitar satu inci dari perutnya.

Mereka jauh lebih cepat daripada varietas bersirip panjang dan perenang yang jauh lebih kuat. Hanya ikan petarung paling agresif yang dipilih untuk dibiakkan, jadi ini adalah ikan kecil yang penuh amarah. Mereka juga memiliki kebiasaan buruk untuk melompat keluar dari tangki mereka, sangat agresif. Anda benar-benar membutuhkan tangki dengan tutup rapat yang tidak memiliki celah. Jika Anda tertarik dengan marmer dan pola koi, inilah ikan yang cocok untuk Anda. Sebagian besar koi marmer yang dibudidayakan merupakan varietas plakat. Karakteristik Utama Tubuh yang lebih panjang Sirip / ekor jauh lebih pendek Sangat agresif Lebih aktif

9. Halfmoon Plakat


Ekor atau Siripnya sedikit lebih besar dari plakat biasa dengan ekor berbentuk setengah bulan. Tersedia dalam berbagai pola seperti: Solid, butterfly, sisik naga, piebald, muka hitam, grizzle, bi-color; marmer dan koi sangat langka Perilaku: sangat agresif dan mudah melompat.

Halfmoon memiliki hampir semua karakteristik yang sama dari plakat normal, tetapi dibiakkan dengan ekor yang agak lebih besar. Seperti halfmoon, ekornya menyebar hingga 180º dan berbentuk huruf “D” kapital.

Mereka masih merupakan ikan yang aktif dan agresif dengan kepribadian bersemangat yang sama seperti yang Anda harapkan dari jenis plakat. Plakat halfmoon juga terkenal suka melompat keluar dari tangki mereka.

10. Ekor Ganda


Ekor atau Siripnya terdiri dari dua sirip ekor yang berbeda dan dipisahkan di pangkal. Jenis ini trrsedia dalam pola Warna sepeeti, Solid, kupu-kupu, dragon scale, piebald, full mask, grizzle, bi-color, nakun pola marmer dan koi sangat langka.

Ekor ganda adalah hasil mutasi genetik (hibridasi/silang) yang ada di semua cupang. Karena itu, dapat ditemukan ekor ganda dengan bentuk ekor apapun. Karakteristik Utama Dua sirip ekor terpisah Bisa datang dalam bentuk ekor apapun, perilakunya tergantung lingkungan dan keturunanya.

11. Ekor segitiga (Delta Tail)

Delta tail merupakan persilangan antara veil tail dan halfmoon, sirip ekor melebar hingga berbentuk segitiga. 
Warna: semua warna tersedia 
Pola Umum: Solid, butterfly, sisik naga, piebald, grizzle, full mask, namun bi-color; marmer dan koi sangat langka.

Cupang delta memiliki ekor yang berbentuk segitiga, sempit di dekat tubuh dan kemudian mengembang dengan ujung membulat. Dinamakan delta karena bentuk ekornya yang menyerupai huruf Yunani, delta (Δ). Varietas ini merupakan hasil silang antara ekor kerudung dan cupang halfmoon.

12. Setengah Matahari (Halfsun)



Ekor dan Siripnya seperti halfmoon tetapi memiliki pinggiran seperti paku. Jenis ini terdapat pada berbagai pola Warna, seperti; Solid, butterfly, sisik naga, piebald, bi-color, full mask, grizzle, namun marmer dan koi sangat langka.

Perilaku halfaun, lebih agresif dari pada ekor kerudung.

Half sun merupakan hasil silang antara halfmoon dan crowntail, mereka memiliki ekor berbentuk setengah bulan. Tetapi pinggiran sinar memanjang sedikit melewati anyaman, membuat ekornya terlihat seperti matahari dengan sinar tajam. Ekornya tidak terlalu ekstrim seperti bulu atau rosetail. Mereka memiliki kepribadian seperti halfmoon yang baik.


13. Ekor Sekop


Ekor Siripnya melengkung ke satu titik dari semua sisi siripnya seperti skop. Jenis ini terdapat dalam berbagai pola Warna, namun marmer dan koi sangat langka.

Perilaku: mirip dengan kerudung ekor Sirip cupang spadetail terlihat seperti ekor kerudung, tetapi ekornya melengkung kembali ke satu titik, seperti sekop dari kartu remi.

Jenis ekor skop ini disebut cukup langka. Sangat jarang ditemukan si perdagangan akuarium Jenis Ikan Cupang Terlangka Jenis Betta paling langka yang bisa saya temukan adalah yang disebut varietas fantail. Ikan ini memiliki dua sirip ekor yang saling berdampingan tetapi menyatu pada titik kecil di bagian atas, sehingga terlihat mirip dengan ikan mas fantail. Betta fantail mungkin juga seekor unicorn! Yang harganya bisa mencapai $5000 atau sekitar Rp.73.000.000

Demikian artikel tentang 13 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal. Semoga bermanfaat!

Refrensi:
Modestfist.com
Pixabay.com

Posting Komentar