Tertusuk Duri Berbisa! 10 Bahan Alami Agar Duri Cepat Keluar

Hallo farmers, bagi anda yang mungkin full activity di luar ruangan sudah pasti pernah ketusuk duri bukan? Berdasarkan model duri yang menusuk kita dibagi 3 yaitu:

  • Duri yang bisa di cabut langsung
  • Duri yang patah sebagian didalam
  • Dan duri yang full masuk dan tertinggal

Bagi duri bisa yang dicabut langsung biasnya masalah selese, tapi duri yang terputus atau sepenuhnya tertinggal didalam kaki misalnya, ini yang meninggalkan beban dan rasa sakit yang lumayan.

Selain model duri, ada beberapa jenis duri yang dibedakan berdasarkan bisa/racunnya, yaitu
  • Duri tidak berbisa, biasanya seperti pecahan beling, atau duri dari tumbuah tertentu.
  • Duri berbisa, biasanya seperti bahan bekas pakai atau kawat besi berkarat, paku bekas, tusuk bekas makanan, duri tumbuhan tertentu.

Untuk model duri tidak berbisa biasanya hanya meninggalkan rasa sakit sementara sampai durinya tercabut, tapi untuk yang berbisa biasanya menimbulkan efek yang jauh lebih berbahaya, bahkan bisa berakibat fatal.

Nah, dari uraian diatas maka pertanyaannya apa yang harus dilakukan dalam keadaan mendesak untuk menangani ketusuk duri tersebut? Kami menguraikan beberapa bahan alami yang bisa jadi solusi pertolongan pertama bagi anda yang tertusuk duri



1. Bawang merah
Bawamg merah adalah salah satu bahan yang sudah di percaya sejaka lama untuk menetralkan bisa atau racun khusunsnya tertusuk duri, garam merah dikenal sebagai bahan anti inflamasi atau anti pradangan dan mengurangi rasa nyeri selain itu bawang merah juga disebut sebagai anti bakteri, sehingga sangat masuk akal jika garam menjadi bahan yangbselalu digunakan secara turun temurun. Snagat cocok digunakan untuk duri bahan berbisa

2. Bawang putih

Seperti bawang merah, namun bawang putih sering digunakan dalam proses pengeluaran duri, bawang putih biasanya dibakar sedikit kemudian di gosok2kan pada pinggir-pinggir bagian kaki yang terkena duri, sehingga mengurangi rasa sakit saat akan dicabut.

3. Getah pepaya
Getah dikenal memiliki banyak sekali kandungan kimianya dan sering dijadikan sebagai ramuan dan kecantikan, tidak tertinggal getah pepaya juga mengandung senyawa antiseptik untuk obat luka. Sehingga tidak salah jika menggunakan getah pepaya untuk bagian kaki yang tertusuk duri untuk menyembhkan luka dalam yang tertusuk.

4. Getah ubi jalar
Seperti halnya getah pepaya, daun ubi jalar bahkan mungkin lebih nayaman digunakan karena tidak lengket. Landungan antiseptik dalam getah daun jalar tersebut dapat digunakan sebagai obat luka, Seperti yang dilakukan mahasiswa undip yang membuat obat antiseptik dari daun ubi jalar.

5. Garam
Garam mungkin lebih tepatnya sebagai penetral, sebagai pencuci, pelindung yang biasa digunakan sebagai zat anti baketeri, anti jamur. Kita pasti sudah tau garam asalah satu zatbyang digunakan untuk bahan pengawet. Sehingga tidak salah saat tertusuk duri yang mungkinnterasa sakit, berdarah, air garam bisa jadi solusi untuk terapi merendamnya agar kaki tidak terinveksi.

6. Lemon
Lemon salah satu buah yang cukup dikenal, memiliki manfaat sebagai zat penetral, anti jamur dan juga anti bakteri. Lemon dapat digunakan agar kaki yang tertusuk duri tidak terinveksi bateri.

7. Jeruk nipis
Sama seperti lemon, juga buah yang yang bersifat asam dan berasa masam ini memiliki manfaat sebagai zat anti bakteri.

8. Getah buah tin
Menurut beberapa informasi dari komunitas tanaman obat, getah tin sangat efektif untuk luka berbisa. Tin adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari asia barat, gang getahnya bermanfaat sebagai zat anti jamur dan juga anti bakteri, selain itu getahnya juga dapat cepat membantu perbaiki sel kulit yang rusak.

Posting Komentar