Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Tanaman yang Sangat Baik Ditanam Diawal Musim Hujan

Hi farmers ada banyak tanaman yang dapat ditanam di musim hujan, namun ada tanaman yang sangat bagus di budidaya diawal musim hujan, yang memiliki nilai aset tinggi, dan dapat bertahan sepanjang tahun. 10 Tanaman yang Sangat Baik Ditanam Diawal Musim Hujan

Baca juga: Menanam padi tadah hujan

Daftar Isi:

Tanaman Musim Hujan

Berikut tanaman yang dapat di budidaya diawal musim hujan

1. Pisang 



Siapa yang tidak kenal pisang? Salah satu tanaman paling populer dan menjadi buah wajib dalam setiap moment bahkan menjadi buat diet yang paling digemari.

Pisang adalah tanaman yang mudah tumbuh dengan sedikit kelembaban dan baik ditanam di tanah yang subur. Moment paling bagus menanam Pisang adalah diawal musim hujan, langsung dapat mendapatkan pengairan intensif selamam musim hujan, ketika sudah hidup, pisang dapat bertahan hidup dengan baik melewati musim kemarau.

Menanam pisang juga sangat mudah, anda hanya perlu membuat lubang berdiameter 30cm sedalam 50cm setelah itu anda masukkan anakan pisang lalu timbun dengan tanah hara atau tanah kandang, tambahkan timbunan sampai membentuk gundukan.

Menanam pisang juga dapat dilakukan dilereng-lereng bukit atau dipegunungan, jika saat menanam tanah terlalu keras karena bebatuan atau tanah lereng, maka gali sampai dimana anda mampu menggalinya, saat hujan turun galian akan dipenuhi air yang membuat dasar tanah menjadi lebih mudah digali kembali sampai akhirnya pisang ditanam.

Pemupukan pisang sebenarnya adalah alternatif bahkan tidak perlu jika menjadikannya sebagai tanaman samping, atau anda cukuo memberikannya tanah kandang.

2. Pepaya


Pepaya adalah tanaman masa hidupnya juga panjang seperti pisang, bedanya pepaya dapat berbuah kembali dari batang yang sama. Pepaya dipasaran sangat laris sebagai buah meja dan makanan sehat.

Menanam pepaya sama mudahnya seperti menanam pisang dan cara menanam dan memeliharanya pun sama, setelah berhasil hidup dan tumbuh ia bisa bertahan di musim kemarau dengan sedikit kelembaban.

3. Keluarga kunyit-kunyitan


Kunyit, temulawak, jahe, adas dll Jenis tumbuhan yang satu ini memang hanya dapat berkembang dimusim hujan, dan umbinya dapat tersimpan dengan baik didalam tanah dimusim kemarau sampai musim hujan datang kembali. Jenis Tanaman ini memiliki banyak permintaan untuk dijadikan obat herbal, jamu atau bumbu-bumbuan.

Menanam tanaman inipun sangat mudah, hanya perlu mendapat kelembaban intensif dari air hujan, ia dapat hidup dan berkembang dengan cepat.

4. Kelor


Siapa yang tidak tau kelor? Tanaman yang akhir-akhir ini sangat populer sebagai daun ajaib berbagai masalah kesehatan. Sebenarny kelor sanggat mudah ditanam dimanapun dengan catatan kelembaban yang cukup diawal pertumbuhan, jika tanaman ini sudah kuat dengan batang yang cukup besar ia bisa bertahan dimusim panas meskipun hidup tanpa daun.

5. Kelapa 


Tanaman tingkat tinggi ini bisa hidup dimana saja dan kapan saja dengan catatan yang sama, ia memerlukan kelembaban yang cukup di awal pertumbuhan, namun setelah besar ia bisa menjadi tumbuhan lindung dengan akar yang sangat kuat.

6. Mangga


Sama seperti kelapa, tanaman tingkat tinggi ini sangat bagus ditanam diawal musim hujan, jenis tanaman ini memerlukan lingkungan dengan kelembaban baik di awal masa-masa pertumbuhannya, namun setelah besar tumbuh ia menjadi tanaman yang bahkan mampu menyimpan air sendirii di musim kemarau.

7. Alpukat 


Alpukat salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah yang sangat diminati, diolah dalam berbagai menu makan bahkan sebagai sehat yang dianjurkan karena kandungan folatnya yang kaya. Tanaman ini jiga sama seperti tumbuhan tingkat tinggi yang lainnya, ia membutuhkan kondisi lingkungan dan kelembaban yang cukup diawal pertumbuhannya.

Meskipun dengan tehnik budidaya yang baik serta verietas yang unggul, waktu menanam alpukat terbaik adalah diawal muusim hujan.

8. Kelengkeng 


Kelengkeng tanaman berbuah yang sangat laris dipasaran, sama seperti tumbuhan diatas, potensi hidup terbaiknya adalah diawal musim hujan.

Meskipun kelengkeng dapat diperbanyak dengan okulasi atau cangkok, penanam terbaik tetap diawal musim hujan.

9. Rambutan


Tanaman buah yang satu ini selalu menjadi cindera mata dipasaran ketika musimnya.

Rambutan dapat diperbanyak dengan tehnik cangkok, meskipun demikian tetap saja tanaman yang satu ini sangat bagus ditanam diawal musim hujan.

10. Durian


Siapa yang tidak kenal durian? Tanaman dengan bau khasnya dengan harga yang sangat fantastik, tanaman tingkat tinggi dengan usia ratusan tahun.

Durian saat ini sudah dikenal dan menjadi buah yang ramai di perbincangkan dimanca negara, dengan bau khasnya sering kali menjadi makanan uji nyali bagi yang pertama kali mencobanya.

Saat ini durian sudah dikembangkan melalui berbagai metode kultur agar dapat berbuah lebih cepat dan dengan batang yang sedang. Tumbuhan yang satu ini dapat ditanam dan hidup diberbagai kondisi medan lingkungan, namun diawal pertumbuhan kebutuhan akan air, kelembaban lingkungan sangat diperlukan. Karenanya, menanam durian paling bagus diawal musim hujan.

Demikian informasi 10 Tanaman yang Sangat Baik Ditanam Diawal Musim Hujan. Yuk berkebun!

Posting Komentar untuk "10 Tanaman yang Sangat Baik Ditanam Diawal Musim Hujan"