Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Bahan Murah Untuk Campuran Harbisida Agar Rumput Cepat Mati

 Hi Farmers! Salah satu kendala pada lahan pertanian adalah tumbuhnya rumput yang lebat dan hal ini dapat merugikan tanaman karena dapat membuat persaingan ruang tanah serta nutrisi. 

Pengelolaan sawah seperti membajak sawah tidak cukup membuat rumput mati, terlebih beberapa rumput yang tumbuh sangat kuat. Sehingga Salah satu upaya sebagai langkah awal pengolahan lahan yang dilakukan pratanam adalah membasmi rumput.

Baca juga: Cara basmi rumput tanpa merusak tanah


Ada banyak produk atau merk harbisida di pasaran namun terkadang diluar ekspektasi banyak rumput yang dapat bertahan atau karena kendala lain yang membuat pengaruh harbisida menjadi kurang ampuh. Misalnya adalah turun hujan setelah penyemprotan, solusinya adalah bahan tambahan perekat, tetapi umumnya bahan perekat pestisida dipasaran sangat mahal harganya. 

Bahan campuran harbisida lebih ampuh

Nah, dari pengalaman kami idnfarmers.com dikalangan para petani. Ada beberapa cara untuk mensiasati kendala tersebut agar harbisida menjadi lebih ampuh atau sebagai bahan perekat alami dan tentunya dari bahan murah atau bahan dapur rumah tangga. 

Berikut bahan campuran harbisida murah agar lebih ampuh membasmi rumput atau sebagai perekat

Rp 50.000
Cek disini 👉 Shopee



1. Detergen

Detergen seperti Rinso atau mana lemon paling banyak digunakan untuk campuran harbisida sebagai bahan perekat, ini sangat baik digunakan jika sedang berada di musim hujan. 

2. Susu kental 

Susu kental seperti indomilk juga dapat digunakan, sifat yang ditimbulkan dapat memperekat bahan harbisida pada tanaman, seperti bahan ditergen, susu kental juga baik digunakan pada musim hujan. 

Mengapa bahan perekat penting digunakan? Sifat dari pestisida kebanyakan mudah larut dalam air. Ketika hujan turun secara tidak terduga setelah penggunaan harbisida ini akan langsung mencuci obat tersebut sehingga tidak maksimal pengaruhnya pada rumput. 

3. Pupuk urea

Adapun manfaat penambahan pupuk dengan harbisida adalah menguatkan pengaruh membasmi rumput. Sifat pupuk kimia yang panas ditambah dengan zat pembasmi dapat membunuh rumput dengan maksimal.

Selain itu, pupuk juga sangat mudah terserap dalam tanah sehingga juga dapat membuh rumput dari bawah permukaan tanah.

4. Bensin 

Bensin dapat juga digunakan sebagai zat tambah pada bahan pembasmi, ini mungkin lebih ekstrem dari bahan-bahan diatas. Karena memanfaatkan daya panas dari bensin yang mendorong untuk membunuh rumput dengan cepat. 

Meskipun efek bensin yang bersifat kontak dengan pengaruh singkat karena mudah menguap, bensin bisa menambah sedikit daya basmi dari harbisida. Penggunaan bensin biasanya dihindari karena efeknya sangat besar, namun dapat merusak komposisi tanah.

Pengguanaan bensin bisanaya dilakuan dai perkebunan atau bukit persawitan atau lainnya. 

5. Garam

Garam bahan dapur yang murah dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan harbisida, berdasarkan pengalaman para petani, garam bisa jadi perekat. Selain itu juga dapat ditambahkan dengan air kelapa untuk memperkuat daya perekat. 

Posting Komentar untuk "5 Bahan Murah Untuk Campuran Harbisida Agar Rumput Cepat Mati"