Cara membasmi rumput tanpa merusak tanah

Diawal musim tanam pertama – tama yang ingin kia lakukan adalah membersihkan lahan terutama dari rumput. Namun masalahnya Harbisida atau obat-obat kimia yang cepat membunuh rumput juga selalu meninggalkan resiko pada kualitas kesuburan tanah .

Dan pada dasarnya semua obat kimia apapun jenisnya , tidak mungkin bebas dari efek samping terhadap tanah. Bahkan Pupuk kimia sejnis urea pun pada akhirnya akan merusak kesuburan tanah . analoginya membunuh rumput dengan obat kimia tanpa merusak kesuburan tanah ,”seperti tertidur tanpa menutup mata”.


Namun setidaknya memilih kerusakan pada level yang rendah , bisa jadi adalah solusi yang tepat . meracuni rumput dengan instant dengan efek yang minimum .

Cara membasmi rumput tanpa merusak tanah

Berikut hal –hal yang dapat dilakukan untuk membasmi rumput dengan minimum efek , meskipun kedengarannya mengada-ada tapi mungkin bisa dicoba.

    1. Roundup + Pupuk

Ini adalah cara yang sering dilakukan oleh petani Lombok, meracuni rumput dengan instant menggunakan Roundup dengan dicampur Pupuk penyubur tanaman. 

Alasan yang mereka sampaikan ketika ditanya adalah , Agar membunuh rumput dengan instant disamping itu dapat menetralkan pengarunya pada kualitas tanah .



Cara Membuat racun rumput  adalah ;
  • Roundup sesuai resep dengan perbandingan volume alat semprot
  • Kemudian diambahkan Pupuk Urea secukupnya saja
  • Kemudian disemprotkan kerumput yang ingin dibasmi


Fungsi Pupuk disana tidak akan berefek sedikitpun pada rumput , dan tidak tau pasti apakah dapat menetralkan kondisi pada tanah  mesk alasan petani seperti demikian. Namun bisa jadi, untuk menambah nilai toksik pada rumput sehingga rumput dapat mati lebi cepat.

     2.   Cuka + Sunlight

Dikutif dari Brilio.net, bahwa ini adalah eksperimen sesorang yang bernama Muhamad Najib yang ia sebarkan lewat akun social medianya. Jadi ia menggunakan bahan-bahan sederhana dirumah untuk membasmi rumput di pekarangan rumahnya .




Jadi caranya membuat racun rumput yang aman sederhana , yaitu :
  • Masukkan cuka kedalam alat semprot
  • Ditambahkan sabun cuci piring seperti (Sunlight)
  • Dikocok dan disemprotkan  
Menurut kami, ini bisa dicoba. Dengan prinsip pengasaman asam asetat yang merupakan asam lemah (CH3COOH), yang aman karena juga menjadi tambahan pada makanan manusia. Sunlight, Ini sering menjadi obat rakitan untuk para petani Cabe atau sejenisnya yang fungsinya dapat membunuh bakteri atau virus juga fungsinya sebagai perekat obat sehingga membantu memaksimalkan penggunaan obat pada beberapa kasus .

Posting Komentar untuk " Cara membasmi rumput tanpa merusak tanah"