Waktu Menanam dan Memanen Porang yang Tepat

Farmers! Porang adalah tanaman yang saat ini sangat diminati untuk dibudidayakan karena selain mudah ditanam harganyapun kini melejit, dibandingkan dengan padi, porang berpotensi menjadi komoditi yang lebih menguntungkan dengan biaya produksi yang rendah. 

Namun, ada yang perlu diketahui tentang porang yaitu tanaman yang hanya sekali tanam dalam satu tahun, dimana pertumbuhan batang dan daun terfokus dimusim hujan kemudian mengalami pematangan umbi dimusim panas, selanjutnya musim panen dan kemudia masa simpan untuk katak dan umbi kecil selama 1-3 bulan sampai waktunya ditanam menjelang musim hujan.

Jadi kapan porang mulai ditanam?
Porang tepatnya ditanam 1-2 bulan sebelum musim hujan atau mungkin pada saat itu cuaca diindonesia sedang terik panas maksimal.

Baca juga: Proses Cara menanam porang

Porang akan mulai tumbuh muncul bertunas sejak pengawal musim hujan, dimana lahan tanam tersiram dengan baik oleh musim hujan.


Kapan Waktu Panen Porang?
Waktu panen porang kurang lebih porang berumur 6 bulan, yaitu satu atau dua bulan setelah musim hujan atau dipengawal musim kemarau.

Porang siap panen dengan ciri fisik daun tua menguning dan batang lemas atau rebah ketanah.

Kapan waktu memetik katak porang?

Waktu yang tepat untuk memetik katak porang adalah menjelang panen dimana katak mudah lepas atau bahkan jatuh sendiri ke tanah. Ini sangat penting dilakukan karena katak porang adalah ahan yang akan dijadikan benih, jadi paling bagus adalah dipetik menjelang atau bersamaan dengan panen umbi porang.

Akibat jika katak porang dipetik sebelum waktunya, bisa jadi katak porang masih muda sehingga menghambat atau tidak bisa tumbuh dengan baik.

Berapa lama masa penyimpanan benih porang?
Proses penyimpanan adalah bagian penting dari benih porang itu nuga menandakan kualitas benih. Waktu penyinpanan yaitu berselang 1-3 bulan. Kesiapan tanam atau cukupnya masa penyimpanan bisa dilihat dari benih porang (katak/umbi) muncul tanda akan bertunas.

Jadi jika dikalkulasikan waktu keseluruhan dari waktu tanam sampai waktu panen, misalnya musin hujan dimulai januari-mei. Waktu tanam dibulan november-desember, kemudian masa panen pada bulan juni-juli, selanjutnya masa penyinpanan agustus-oktober. Nah jadi dimasa penyimpanan inilah masa jual beli benih porang yang tepat.

Semoga penjelasan singkat mengenai waktu proses menanam, panen dan penyimpanan porang ini bermanfaat sehingga kita bisa mengukur dan busa membuat perencanaan matang untuk berinvestasi dalam porang. 

Posting Komentar