Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Petani Untung 1M dari Menanam Buah di Bulan Puasa Ramdhan

Petani Untung 1M dari Menanam Buah di Bulan Puasa Ramdhan. Menjadi petani cerdas tidak hanya paham teknik budidaya, tapi juga dapat melihat peluang pasar besar didepan, dapat melihat peminat atau momen dimana hasil bumi laris manis dibeli, contohnya di moment bulan suci ramdhan. 

Pembisnis kuliner raup untung dari jajanan kuliner, penjual takjil raup untung minuman segar, maka petani juga bisa raup untung dibulan suci ramdhan dari hasil tani, bahan dasar sajian menu puasa.

Petani tidak boleh kaku jika ingin berhasil, konsisten bertani salah satu jenis tanaman tidakada salahnya tapi itu tidak cukup jika tidak pandai melihat pasar, ini tidak sekedar omong kosong, ini juga bagian dari teknik managemnet pertanian, harus ada bagian lahan yang dapat berkontribusi memberi hasil dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Kunci dasar dalam bisnis adalah melihat apa yang menjadi minat banyak orang, Jika kita membaca artikel sebelumnya tentang buah dan sayur yang laris dibulan puasa, maka ini adalah peluang bagi petani untuk produksi atau menyediakan stok buah sayur yang diminati, penbisnis kuliner tidak sepandai petani produksi buah, juga bukan tritorial penjual minuman jalanan untuk bertani buah, sekali lagi itu adalah peluang.

Mengenai harganya, logisnya adalah semakin banyak minat dan permintaan maka harga akan selalu menyesuaikan, jika ingin membuktikan pergilah kepasar berapa harga 1 ikat kangkung dibulan puasa, harganya bisa dua kali lipat dari bulan biasanya, buah semangka timun dan lainnya.

Bagaimana memulai menanam buah menjelang bulan puasa?

Buah puasa

Nah ini adalah bidangnya petani, anda cukup paham mengenai masa tanam buah hingga panen, jika kita ingin menanam semangka, timun atau sayuran untuk target bulan puasa, dasarnya kita harus memprediksikan kapan waktu menanam sehingga bisa panen dibulan puasa.

Misalnya puasa pada 2021 ini jatuh dibulan april, maka kurang lebih masa panen buah semangka, timun suri adalah 3-4 bulan, maka kita bisa mulai menanamnya dibulan januari atau februari.

Semoga tulisan Petani Untung 1M dari Menanam Buah di Bulan Puasa Ramdhan ini dapat menginspirasi para farmers indonesia 👍

Posting Komentar untuk "Petani Untung 1M dari Menanam Buah di Bulan Puasa Ramdhan"