Cara Agar Pohon Durian Berbuah Cepat dalam Setahun

Durian adalah tanaman eksotis dengan aroma dan rasa yang yang khas, tanaman asli indonesia ini selalu menjadi primadona bagi banyak orang, tidak heran jika durian disebut sebagi "Bapaknya para buah". Namun menanam durian tidak semudah menanam pohon berbuah lainnya, pohon durian yang ditanam dari biji rata-rata berbuah saat berumur lebih dari 10 tahun.

Pada kesempatan ini idnfarmers ingin berbagi informasi mengenai cara agar pohon durian berbuah lebih cepat. Menurut Berbagai sumber setidaknya ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh pohon durian agar berbuah dengan cepat, yaitu:

Foto sedaya bibit nusantara

1. Bibit Tanaman
Cepat atau lambatnya pohon durian berbuah tergantung dari bahan dan sumber bibitnya. Pada umumnya durian biasa lokal yang banyak dijual oleh masyarakat indonesia yang ditanam dari biji rata-rata berbuah 10-12 tahun, sedangkan jika ditanam melalui proses okulasi (tempel) dari pohon berumur bisa berbuah sekitar 6-8 tahun dan durian jenis tertentu juga bisa berbuah pada umur 5 tahun.

Daftar jenis durian paling laris dengan umur berbuah 3-5 tahun dan Kelebihannya
  • Musang king, buah tebal, berat 2-3kg, mudah masang bisa di peram
  • Montong, buah tebal, berat 6-10kg, lebih lama matang.
  • Bawor buah tebal, berat 6-10kg, mudah matang, rentan oleh hama.
  • Duri hitam, berat 2-3kg, tidak lengket, tahan terhadap kekeringan dan ramah semua jenis tanah.
  • Petruk, berat 1-3kg, daging tebal, bagusnya didataran rendah, pohon tinggi, rentan hama.
  • Merah banyuwangi, 1-3kg daging merah pekat, buah kecil, harga mahal, masih jarang.
  • Pelangi, berat buah 1-3kg memiliki gradian mombinasi warna merah kuning dan putih, daging tebal.

Untuk mendapat bibit terbaik hendaknya beli di lembaga resmi atau yang memiliki sertifikat. Bibit kondisi baik, satu batang utama saja, diameter seimbang dengan tinggi. Untuk bibit okulasi pilih yg sambungannya sudah hilaang atau sempurna.

2. Jenis dan kesuburan tanah
Jenis tanah yang cocok untuk durian umumnya lempung berpasir dengan ketinggian 500-1000 meter diatas permukaan laut, suhu 21-30⁰C dengan pH 6-7. Umumnya tiga jenis tanah yang cocok untuk menanam durian yaitu tanah latosol, podsolik dan andosol.

Lapisan tanah yang bagus sangat baik bagi durian, karena akar durian bisa menembus tanah hingga 2-3 meter. Lapisan tanah yang dangkal akan menggangu penyerapan zat hara serta ketahanan pohon durian.

Jenis durian juga memiliki ketahanan dan adaptasi berbeda dengan tanah, ada yang bagus ditanam didataran rendah ada juga yang cocok disemua kondisi tanah. Lihat daftar 1 diatas!.

Untuk memberikan kesuburan tanah, sebelum menanam durian, terlebih dahulu membuat lubang tanam, lubang tanam disesuaikan dengan besarnya bibit, standarnya bibit dengan tinggi 50 cm buatkan lubang dengan ukuran 50×50×50cm. Pertama-tama lubang diberikan kompos, lakukan 2-7 hari sebelum tanam. Tanam bibit durian dan timbun pangkal batangnya lebih tinggi.


3. Paparan sinar matahari
Pada umumnya semua jenis tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk kelangsungan hidup, besarnya jumlah paparan sinar marahari bergantung pada jenis tumbuhan, untuk tumbuhan tingkat tinggi seperti durian, paparan sinar matahari yang dibutuhkan juga besar yaitu sekitar 40-50% atau penyinaran full sekitar setengah hari, 8-12 jam.

4. Curah air
Durian sangat bagus tumbuh ditempat dengan kandungan air yang cukup atau curah hujan yang bagus. Masa berbuah durian yag musiman, mulai berbunga usai musim kering dan saat musim basah.

Jika kondisi tanah selelu kering, maka beri pengairan untuk menjaga kelembaban tanah terlebih di pase vegetatif tanaman.

5. Penyerbukan
Penyerbukan durian sering kali menjadi masalah, kadang berbunga namun tidak dapat menjadi buah hal ini karena penyerbukan yang tidak sempurna.

Baca: Pengawinan silang durian dengan penyerbukan buatan

Pada masa generatif ini perlu perawatan ekstra, mulai dari unsur hara tanahbyang cukup dan perlindungan terhadap hama. Kekurangan unsur hara ini yang menyebabkan terjadinya bakal buah tidak jadi. Hama juga faktor yang sering sekali mengganggu penyerbukan, bunga rontok berjatuhan dan cara mengatasi ini adalah pemberian insektisida untuk membasmi hama.

6. Unsur Hara
Agar tanaman durian cepat berbuah hal yang harus dipenuhi tanah adalah unsur mikro seperti Fe, Zn, Mg dan Ca. Unusur-unsur ini dapat dipenuhi baik dari pembuatan pupuk organik dan juga pemberian pupuk kimia.

Untuk menjaga kesuburan tanaman perlu juga diberikan pupuk kimia, dapat menggunakan takaran sesuai umur, umur durian 1 tahun berikan 1 genggam pupuk tiap bulannya atau maksimal 35kg pertahun dengan kandungan beragam diatas.

Carbon dan Nitrogen dalam tanah juga harus cukup dengan kadar yang sesuai, rasio kandungan carbon dan nitrogen menurut sumber lain agar cepat berbuah yaitu 18-20.  Semua jenis durian akan berbunga sedang jika kandungan C:N nya 24, dapat berbunga lebat jika rasio kandungan C:N nya 28.

Menurut (pusatbibitdurian .com) bahwa analis penggunaan dosis pupuk harus sesuai dengan jumlah yang diserap oleh tanaman, menggunakan indikator kandungan N, K, Ca, P dan Mg dalam buah durian masing-masing memiliki kandungan 150 g N, 260 gK, 260 g Ca, 26 g P dan 32 g Mg (dalam 100kg buah). Maka dosis pemberian pupuk kimia yang sesuai adalah 0.23% N, 0.41% K, 0.4% C, 0.03% P dan 0.49% Mg.

Sehingga bagi para petani durian harus pintar memilih jenis pupuk atau mengkombinasikan pupuk. Selain itu pemberian perangsang buah juga perlu diberikan dapat diberikan bersamaan dengan insektisida melalui emulsi (semprot).


7. Pemangkasan
Selain itu peremajaan tanaman pohon durian bisa jadi perlu dilakukan, jika menginginkan tanaman durian pendek, memangkas untuk dapat menakar tinggi pohon yang diinginkan, pohon durian bisa setinggi 8 meter, anda bisa memangkasnya menjadi setangahnya secara berkala. Teknik seperti ini juga perlu dilakukan untuk merangsang pembuahan, sebagian tumbuhan kadang berfokus pada pertumbuhan batang dengan pase waktu yang panjang.

Indilator lain untuk keberhasilan tanaman durian dapat dilihat dari kelebatan, percabangan, ranting dan daunnya. Menurut (Bisnis .com) setiap buah durian dalam lingkungan tertutup (pot) sebesar 2kg idealnya memiliki 125-155 helai daun.

Posting Komentar