Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Membuat Perangkap Jebakan Burung Kutilang #jebakan #kutilang

3 Cara Membuat Perangkap Jebakan Burung Kutilang #jebakan #kutilang.   Kutilang adalah salah satu burung penyanyi yang sangat populer, burung tang sangat diminati karena selain mudah jinak, juga dapat meniru banyak suara jika dilatih semenjak kecil. 

Baca Juga: Cara Tradisional Menagkap Burung

Burung kutilang memiliki panggung khsusus dalam ajang kontes bernyanyi, harganya sangat laris dipasaran selain karena jumlah dialam saat ini mulai menurun juga banyak diburu.

Daftar Isi:

3 Macam dan cara membuat perangkap burung kutilang


Dari berbagai sumber setidaknya ada 3 Cara membuat perangkap atau jebakan untuk burung kutilang, yaitu:
Fb @Erpansaputra

1. Perangkap Sangkar 

Kurungan pikatan adalah kurungan yang paling populer digunakan, selain memiliki dua ruangan yang diisi langsung oleh burung pikatan juga hasil pikatan biasanya lebih unggul, karena burung tertangkap biasanya memiliki keneranian yang lebih dari hasil tanglapan lain. Selain itu entah burung pikatan ataupun hasil pikatan lebih aman.

Cara pembuatannya, yaitu
  • Dibuat sangkar yang terdiri dua atau 3 ruang
  • Salah satu ruangnya adalah ruang biasa yang berisi burung pikatan
  • Ruang lainnya di buat sebagai jebakan
  • Ruang jebakan dibuat dengan pola pintu sangkar menutup otomatis ketika burung menginjak angkringan yang merupakan pemicunya


2. Jerat Tali

Ada macam-maxam jerat tali yang dapat digunakan menangkap burung kutilang, baik jerat biasa ataupun jerat sampul silam, namun pada konsepnya adalah sama dengan cara 1. Prinsipnya hampir sama dengan perangkap sangkar, karena burung diarahkan pada tempat khusus, bedanya cara ini menjerat burung dengan tali.

Cara Membuat Jerat Burung Kutilang
  • Siapkan bambu kuat dan seukuran dapat dilubangi
  • Lalu masukkan bambu kecil dalam lubang tersebut secara tidak kuat artinya mudah digerakan kebawah dan keatas, namun tidak bolej lepas karenanya juga dibuatkan kancing paku kayu 

  • Satu tiang dibuat yang ujungnya diikat dengan tali karet yang disambung dengan tali jerat 

  • Tali karet yang bersambung tali jerat ditarik kencang lalu ditahan dengan potongan kayu kecil sebagai kuncinya sehingga keadaannya saling mengunci antara tali jerat dan bambu kecil angkringan 

  • Ketika burung hinggap pada bambu kecil tersebut, dengan sedikit bobot saja akan membuat kunci potongan kayu tersebut lepas dan tali karet bersambung jerat akan ditarik kuat
  • Kaki burung terikat


3. Jebakan Getah

Cara ini adalah cara paling kuno dalam menangkap burung, dengan memanfaatkan getah dari tumbuhan tertentu lalu di olah menjadi gumpalan getah yang memiliki nilai rekat yang bagus.

Caranya, getah dililitkan pada ranting pohon, dan burung di panggil menggunakan burung pikatan atau audio. Ketika burung hinggap diranting berisi getah maka burung tidak bisa kabur. Namun saat ini cara menggunakan getah bukan lagi cara yang direkomendasi terkhusus burung piaraan, karena getah biasanya akan merusak bulu burung.

Demikian 3 Cara Membuat Perangkap Jebakan Burung Kutilang, semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "3 Cara Membuat Perangkap Jebakan Burung Kutilang #jebakan #kutilang "