Bagaimana Cara Memotong Buah Pala Agar Berbentuk Bunga?

Pala adalah salah satu tanaman rempah endemik indonesia yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala merupakan komoditas yang penting sejak dulu kala, bahkan salah satu alasan penjajahan di indonesia adalah rempah rempah seperti buah pala.

Umumnya buah pala berbentuk bulat kekuningan untuk pala tua atau siap dipanen. Pala umumnya dijual dalam 2 bentuk, yaitu biji kering serta lapisan bijinya berwarna merah seperti bunga. Biji kering pala harganya bisa 40-60 per Kg, sedangkan lapisan bijinya yang berwarna merah disebut fuli atau arillus dapat mencapai 200 ribu per kg.


Baca juga: 10 Cara Budidaya Tanaman Pala

Ada yang bertanya cara potong atau membelah buah pala agar berbentuk bunga? Sebenarnya mungkin yang dimaksud bunga adalah fuli atau arillus biji buah yang berwarna merah, pada buah pala masak, ketika dibelah biasa menggunakan pisau, fulinya bisa dilepas dari biji dengan mudah, permisalan fuli ini seperti jaring plastik buah apel impor berwarna merah yang ada dipasaran.

Tidak ada trik khusus dalam membelah biah pala, buah pala yang masak mudah dibelah dan fulinya bisa diambil, atau fulinya terlepas sendiri jika sudah kering atau bijinya diangin anginkan. Fuli ini nantinya juga tidak tetap berbentuk bunga merah, karena akan dijemur atau dikeringkan sebelum dijual.


Proses penjemurannya biasanya bersamaan dengan biji buah, biji buah yang sudah kering nanti selanjutnya dikupas, atau tempurungnya dibelah sehingga didapat daging biji yang siap dipasarkan.

Demikian Kurang lebih atas penjelasan atas pertanyaan tersebut, semoga bisa dipahami. 


Posting Komentar