Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Memancing Lebah Madu liar agar Masuk Kotak

5 Cara Memancing Lebah Madu liar agar Masuk Kotak. Hi farmers! Lebah madu adalah salah satu biodeversity yang dapat kita manfaatkan sebagai bisnis rumahan. Selain karena alasan budidaya yang mudah, juga bernilai ekonomi fantastis.

Untuk memulai budidaya lebah, hal pertama yang kita perlukan adalah koloni lebah, selain dapat kita beli dari para peternak juga dapat kita usahakan sendiri dapat dari alam.

Baca juga: Cara memindahkan sarang lebah liar dalam kotak budidaya

Cara mendapat koloni lebah madu dari alam yaitu dengan menyediakan tempat bersarang berupa kotak kayu dan tentunya lingkungannya mendukung habitat lebah, yaitu berupa tanaman atau tumbuhan berbunga dan kenyamanan sekitar.

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah kotak kayu atau kongkongan batang kelapa. yang tertutup dan menyisakan celah sempit sebagai jalan keluar masuk bagi lebah. Kotak kayu bisa diikat dan digantung diarea pohon sekitar. 


Daftar Isi:

Cara memikat atau memancing lebah madu masuk ke kotak

Memancing lebah madu
Agar kotak kayu yang kita buat dapat dihuni, ada beberapa cara mengundang lebah atau tawon madu masuk kotak madu.

1. Menyediakan lingkungan kaya makanan

Lebah adalah serangga pemakan nektar bunga, karenanya kita perlu menarik lebah dengan menyediakan lingkungan yang kaya akan tanaman berbunga.

Dengan menyediakan sumber makanan bagi lebah, hal ini dapat mengundang lebah datang ke lingkungan sekitar. Nantinya kita bisa menyediakan kotak kayu yang dapat menjadi rumah hunian bagi lebah.

2. Olesi dengan Madu atau Gula

Lebah akan mendatangi setiap tanaman berbunga, tanaman berbunga dengan kandungan nektar tinggi akan mengeluarkan bau harum yang dapat menarik serangga.

Cara siasati penciuman lebah yaitu dengan mengolesi kotak kayu bakal calon hunian lebah dengan madu atau gula. Semakin kuat bau madu yang kita olesi maka akan semakin besar kemungkinan lebah akan datang. Cara ini cukup mempan dalam memanggil lebah datang. Sehingga dalam menarik lebah banyaj yang menggunakan madu lebah hutan yang beraroma kuat.

Setelah kotak diolesi dengan madu di dalam dan area jalan masuk lebah, kotak kayu digantung dan dibiarkan. Tapi perlu diketahui, kemungkinannya bukan hanya lebah yang akan tertarik, serangga lainnya dan semut juga bisa datang.

Sehingga perlu diawasi agar tali kotak atau dahan gantungan di beri penangkal semut.

3. Pancing dengan sarang lebah

Ada pendapat, bahwa cara kedua diatas banyak kemungkinan, lebah bisa jadi hanya datang untuk menghisap madu lalu kemudian pergi.

Cara lainnya adalah dengan mengolesi lilin atau bekas sarang lebah, hal ini dapat membuat lebah tinggal dan membuat rumah baru. Cara ini bisa digabung dengan cara pertama, dilingkungan dengan sumber makanan yang banyak.

Baca juga: Jenis trigona lombok

4. Mengasapi kotak

Cara lainnya yang mungkin berbeda dari yang lain adalah dengan mengasapi terlebih dahulu kotak kayu. Idnfarmers tidak tau pasti apa alasannya, namun bisa jadi lebah menyukai kayu yang tercium lapuk sebagai tempat tinggal.

Cara ini bisa digabung dengan cara kedua, setalah diasapi lalu diolesi dengan madu.

5. Menempatkan kotak baru didekat kotak terisi

Jika anda sudah punya lebah yang sudah produksi, jangan lupa untuk selalu menyediakan kotak kosong tergantung yang sedikit jauh dari kotak terisi.

Penting untuk diketahui, bahwa setiap produksi lebah akan menciptakan ratu baru, ketika ada dua ratu dalam satu koloni. Satu ratu akan mencari lokasi baru untuk membuat sarang baru.

Nah jika anda memiliki tetangga yang memihara madu, anda bisa membuat kotak kayu dipekarangan anda, untuk mendapat ratu lebah yang mencari rumah baru.

Tips agar lebah cepat datang masuk kotak

Beberapa tips agar lebah madu liar cepat datang mengisi kotak 

  • Buat kotak yang baik
  • Tempatkan kotak terlindungi disamping atau dibelakang rumah
  • Tempatkan ditempat jauh dari keramaian
  • Pastikan kotak tidak dimasuki semut

Biasanya lebah akan mencari sarang baru di akhir musim tumbuhan berbunga, yaitu saat lebah telah memecah koloni karena adanya ratu baru.

Demikian artikel tentang bagaimana memikat, memanggil, memancing dan menarik perhatian lebah ke kotak kayu.

Posting Komentar untuk "5 Cara Memancing Lebah Madu liar agar Masuk Kotak"