Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Cara Mengusir Burung Sawah

10 Cara Mengusir Burung Sawah. Burung adalah salah satu hewan bersayap dan hidup dekat dengan manusia. Kadang-kadang burung juga menjadi hewan peliharaan yang bernilai ekonomis tinggi. Namun, pada satu sisi kehidupan lain, burung dianggap sebagai hama terutama dibidang pertanian.

Burung-burung pemakan biji seringkali menjadi hama yang merugikan bagi petani. Hidup berkelompok dan hinggap di tanaman berbuah seperti padi, selain mengisi perut, mereka juga membawa bulir-bulir padi yang baru terisi kesarang mereka dan secara terus menerus.

Baca juga: Hama tanaman padi

Beberapa jenis burung hama yang paling terkenal yaitu, burung pipit atau disebut sebagai burung sawah dan burung gereja atau burung rumahan.

Burung pipit menurut penelitian adalah hewan yang sangat cerdik, dapat belajar dari penagalaman satu sama lain. Wajar jika sampai sekarang burung ini populasinya bertahan karena kemampuan adaptasinya.

Seberapa merugikan burung sawah?
Bayangkan saja farmers, jika 1 kelompok burung yang berjumlah 30-50 ekor ini terus datang memakan padi semenjak padi baru terisi-hingga bulir padat berisi sepanjang hari, maka tentu akan mengancam gagal panen petani.

Sehingga untuk mengusir burung ini, petani perlu melakukan antispasi berupa penjagaan ketat dan membuat alat pengusir burung.

Cara Mengusir Burung Sawah

Dikutip dari berbagai sumber setidaknya ada 7 cara mengusis burung sawah, dan dapat diaplikasikan juga di ruma, gedung atau warung.

1. Memasang Tali silver


Prinsip kerja dari tali silver ini yaitu dengan memantulkan cahaya matahari, menghasilkan kilauan cahaya yang menakuti burung. Ketika kawanan burung terbang untuk menentukan lokasi pakan, sedikit tiupan angin pada tali silver akan membuat kilauan yang akan menakuti burung.

Penggunaan tali silver sangat populer digunakan oleh para petani dengan lahan tanam yang luas. Pemilihan tali silver yaitu karena harga yang relatif rendah dan penggunaan yang mudah.

Cara pemasangan tali silver pengusir burung:
  • Ujung tali diikat pada tajar di sisi panjang sawah
  • Tali di tarik kencang melalui tengah
  • lalu dibentangkan melewati tengah sawah
  • Ikat pada tajar di sisi panjang sawah sehingga membentuk bentangan tali lurus
  • Pasang kembali pada jarak 1,5 meter dari tali yang sudah terpasang.

2. Jaring 

Jenis jaring ada dua, yaitu jaring full pelindung tanaman dan ada yang targetnya menjebak burung.

Jaring penutup tanaman, tujuannya secara penuh memberi perlindungan pada tanaman, sehingga burung tidak dapat mengambil buah, bulir atau biji tanaman.

Sedangkan jaring perangkap burung, targetnya adalah menangkap burung hama yang secara sadis mengurangi kelompok burung. Cara ini sebenarnya bagus bagi anda yang ingin makan daging burung atau membuat makanan olahan burung. Burung pipit termasuk burung yang enak dimakan, jadi anda bisa mendapat dua keuntungan, selain menjaga tanaman anda juga dapat keuntungan.

3. Kincir angin pengusir burung



Salah satu cara mengusir burung disawah yaitu dengan memanfaatkan potensi alam terbuka yaitu angin.

Prinsip kerjanya adalah memanfaatkan tenaga angin untuk memutar bahan yang secara otomatis memberi pukulan pada kaleng atau bambu yang mengekuarkan suara untuk menakuti burung.

Cara membuat kincir angin pengusir burung sawah:
  • Siapkan bahan-bahan seperti bahan baling-baling, bambu, kayu dan kaleng
  • Baling-baling dapat menggunakan baling-baling bekas kipas angin yang mudah berputar ditiup angin, atau menggunakan kincir angin buatan sendiri dari kayu ringan berukuran besar
  • Baling-baling dihubungkan dengan kayu sepanjang 50cm yang dianggap akan ikut berputar mengikuti putaran baling.
  • Kayu tersebut di hubungkan dengan kayu bertangkai yang akan secara otomatis memukul bambu atau kaleng
  • Tangkai tersebut dibuat lentur sehingga tidak menghambat gerak kincir tapi cukup memberi suara pukulan pada kaleng.
  • Tempatkan kincir angin, baling-balingnya menghadapat angin yang bertiup.
Salah satu cara membuat kincir angin pengusir burung


4. Alat pengusir burung ultrasonik



Alat pengusir burung ultrasonik mungkin adalah cara paling awal dilakukan menggunakan suara manusia. Sekarang dengan perkembangan zaman banyak inovasi bertenaga teknologi, yaitu menggunakan teknologi ultrasonik dengan tenaga surya.

Anda hanya perlu menekan tombol dari satu lokasi untuk menghasilkan suara pengusir burung.

5. Pentungan atau tepukan bambu

Cara ini merupakan cara yang sangat tradisional, yaitu menggunakan bambu satu ruas yang dibelah setengah, sehingga ketika digoyangkan dengan tangan akan manghasilkan bunyi tepukan yang keras.

Cara membuat alat pengusir burung dari bambu
  • Siapkan bambu tua yang kering satu ruas buku sempurna lebihkan sedikit dibagian pangkal yang akan jadi pegangan
  • Belah bambu menjadi dua, hanya sampai pangal ruas, biarkan satu ruas masih melekat kuat
  • Buat pegangan dengan membuang sisi bambu tepat ditengah-tengah bambu yang terbelah.
  • Satu belahannya dibuat sehingga membentuk tangkai yang lebih kecil dari belahan lainnya
  • Tepukan bambu siap dipakai.

6. Obat pengusir burung

Ada juga pestisida pengusir burung. Prinsipnya yaitu dengan memberikan rasa tidak nyaman dengan bau dan rasa pada burung.

Namun menurut mimin coba gunakan cara-cara non obat terlebih dahulu yang lebih ramah lingkungan.

7. Orang-orangan


Cara paling sederhana yaitu membuat orang-orangan. Tipe orang-orangan pengusir burung ada dua, yaitu menggunakan tenaga angin untuk menggerakann orang orangan dan menggunakan tali kontrol.

Orang-orangan tenaga angin yaitu meletakkan orang-orangan yang digantung dengan tali, sehingga nampak bergoyang ketika ditiup angin. Selain itu, anda juga dapat menambahkan kaleng, potongan atap seng atau spandek yang dapat mengeluarkan suara.

Cara tradisional lainnya untuk mengusir burung yaitu dengan membuat orang-orangan sawah yang diberi atribut gentong, atau kaleng yang menghasilkan bunyi.

Orang-orangan kontrol tali, yaitu orang-orangan dengan beragam aksesoris yang dapat mengekuarkan suara, seperti kaleng, seng atap atau spandek digubungkan dengan tali. Ketika tali ditarik-tarik akan mengelyarkan suara yang menakuti burung.

8. Ketapel

Ketapel merupakan cara tradisional mengusir burung. Ketapel tidak hanya bertujuan untuk menargetkan burung tapi juga untuk menghasilkan suara kejut untuk burung.

Caranya yaitu dengan meletakkan potongan atap seng atau spandek pada satu sisi yang bisa dijangkau amunisi ketapel. Anda bisa menargetkan spandek tersebut untuk menghasilkan suara yang mengejutkan burung sawah.

9. Spiral pengusir burung



Prinsipnya sama dengan tali perak diatas, yaitu dengan memanfaatkan kilauan pantulan cahata matahari. Hanya saja untuk spiral kurang cocok untuk lahan sawah yang luas, biasanya digunakan di ruang, bangunan, tempat makan, pasar atau lainnya.

Spiral terbuat dari logam aloi besi-aluminium dengan panjang sekitar 30 cm, yang bentuknya melinting.

Cara pemasangan spiral pengusir burung
Ambil batang spiral dengan tali gantungan
Gantung pada tempat terkena matahari dan berangin

10. Drone

Untuk anda yang mungkin memiliki lahan yang sangat luas dan cara- cara diatas kurang efektif anda bisa menggunakan drone mini untuk mengusir burung.

Untuk meningkatkan efisien, sistem drone dapat anda setting mengelurkan suara, atau drone yang dapat mengangkut orang-orangan, gentong atau kaleng untuk mengusir burung.

Oke sobat idnfarmers.com. Demikian 10 Cara Mengusir Burung Sawah yang dapat anda lakukan dan semoga bermanfaat. Silahkan bagi pengalaman farmers, cara mana yang anda gunakan dan paling efektif?!

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengusir Burung Sawah"