Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Jenis Sprinkler Pertanian, Manfaat dan Harganya.

3 Jenis Sprinkler Pertanian, Manfaat dan Harganya. Sprinkler adalah  alat yang bekerja secara sistematis untuk penyiraman, dimana air keluar menyembur dan menyebar dari kepala yang melekat pada ujung pipa dan terhubung dengan suplai air. Alat Sprinkler saat ni banyak digunakan baik didalam ruangan atauapun di luar ruangan, di dalam ruangan secara otomatis untuk pemadam kebakaraan dan di luar ruagan seperti perawatan taman dan penyiraman tanamaan. 

Baca juga: Jenis Alat Semprot paling laris

Sprinkler pertanian adalaah alat penyiraman tanaman pertanian yang menyembur dan menyebar secara merata guna menambah efisiensi penyiraaman tanaamaan. 

Sprinkler pertanian yang ada saat ini masih berisfat manual atau tidak seperti alat sprinkler pemadam kebakaraan seperti dalam ruang yang bekerjaa secara otomatis ketika mendeteksi rangsangan, seperti Api. Sprikler pertanian biasanya lebih sederhana dengan pengubung pipa dan di kontrol sesuai kebutuhan. 

Cara kerja Alat springkler pertanian

Sprink atau sprinkler jenis apapun memiliki tujuaan yang sama yaitu mendistribusikan zat cair ecara merata, dimana pipa yang terhubung dengan suplai air diberikan sprinkler yang akan memecah aliran air menjadi semburan yang merata. 

Jenis Alat Sprinkler Pertanian

dari beberaapa aalat sprikler yan beanyak digunakan saat ini, berikut beberapa jenis Alat sprinkler yang dapat Anda coba

1. Sprinkler Adjustable


Pesan di sini (klik)
👇

Alat sprinkler paling sederhana ini hanyaa memerlukan suplai air dimana alaat haanya berfungsi membagi aliran air dalam aliran kecir yang kemudian menyebar merata. dari beberapa alat sprinkler, jenis ini menjadi yang paling murah, biasanya untuk pertanian luas membutuhkan instalasi yang cukup. 

Beberapa jenis variasi untuk sprinkler ini juga tersedia di marketplace, seperti sprinkler bercabang dan lain-lain. 

2.  Sprinkler Dimensi 


Pesan sekarang (klik)
👇

Sprinkler jenis ini yang lebih modern dari yang lainnya, karena alat sprinkler dibuat dapat berputar dengan tekanan air. Sehingga aliran air tersebar secara acak, alat sprinkler ini paling umum ditemukan untuk perawatan taman kota. 

sprinkler dimensi ini di pasaran juga tersedia dengan beragam versi, ada yeng memutar dua arah adana juga 360 derajat. 

3. Sprinkler semprot 


Pesan sekarang (Klik
👇


Jika anda pernah melhiat alat semprot pertanian untuk penyebaran pestisida, nah kurang lebih sprinkler jeniss ini seperti itu, hanya saja menggunakan sumber air secara langsung yang di sedot menggunakan mesin, dan kita memegang tongkat sprinkler untuk di aiarhkan pada area tanaman. 

Cara memasang alat sprinkler pertanian 

Ada beberapa cara memasang Alat sprinkler pertanian tergantung pada jenis alat yang digunakan, namun pada perinsipnya sama saja. Cara memasang alat sprinkler pertanian:

  1. Siapkan sumber air yang cukup, bisa dari sumur atau aliran irigaasi sekitar
  2. Hubungkan selang dengan mesin sedot air, kekuatan mesin mempengaruhi besarnya semburan Air
  3. Pasangkan alat sprinkler di ujung selang dan pastikan dihubungkan dengan kuat 
  4. Tempatkan pada area atau lahan yang akan disiram
  5. Hidupkan mesin sedot Air
  6. Air masuk dan alat sprnkler bekerja 


Untuk cara instaalasi alat sprinkler sederhana di area pertanian dapat menyimak salah satu video pertanian di bawah ini 


Manfaaat Sprinkler Pertanian

1. Mengurangi tenaga penyiraman 

Sprinkler pertanian dapaat menghemat tenaga dalam perawatan pertanian khususnyaa untuk penyiraman tanaman. Anda hanya perlu meletakkan ujung kepala sprinkler yang terhubung dengan pipa suplai Air, di tengah-tengah lahan tanamaan, alat sprinkler akan mendistribusikan air secara merata. 

2. Menghemat Air

Karena alat ini dapat memcah seburan air pia menjadi butiran cairan yang lebih kecil, sehingga distribusi Air yang sedikit menjadi cukup merata dibagikan pada Tanaman. 

Demikian informasi tentang 3 Jenis Sprinkler Pertanian, Manfaat dan Harganya. Semoga bermanfaaat! 


Posting Komentar untuk "3 Jenis Sprinkler Pertanian, Manfaat dan Harganya."