Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Membuat Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit

Cara Membuat Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit. Kelapa sawit adalah salah satu komoditas utama Indonesia dan menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Kalimantan dan sumatra yang merupakan pulau terbesar di Indonesia menjadi tempat utama perkebunana sawit. 


Maka, dengan luasnya perkebunan sawit tersebut, ada banyak libah yang tentu menjadi hasil sampinya, mulai dari tandan yang tidak digunakan, kulit buah yang tidak di gunakan dan batang sawit tua yang di tebang karea tidak lagi produktif.


Iya, batang-batang tua kelapa sawit di tebang untuk di gantikan dengan tanaman baru, lalu apa yang bisa berguna dari batang sawit ini?, kayunya bukanlah kayu bagus untuk dijadikan sebagai kayu bangunan, sehingga kebanyakan batang sawit dibiarkan ditempat dan menunggu proses alamiah untuk mengalami pelapukan. 


Baca juga: Jenis phon beringin


Solusinya, agar batang sawit ini memberi income atau nilai tambah maka batang sawit yang baru ditebang ini diambil air niranya untuk djadikan gula aren. Perlu diketahui semakin tua batang sawit maka kandungan niranya akan semakin tinggi.


Alat-bahan pembuatan gula merah dari batang kelapa sawit



Alat-alat

  • Mesin pemotong batang sawit
  • Parang untuk membersihkan pelapah 
  • Pisah pengiris
  • Wadah, Derigen atau lainnya
  • Kuali besar untuk memasak nira
  • sodokan kayu besar, sendok besar 
  • Cetakan gula merah


Bahan-bahan

  • Batang kelapa sawit 
  • Nira 
  • Kapur sirih
  • Gula pasir 



Cara membuat gula merah dari batang kelapa sawit 

Berikut cara membuat gula merah dari batang kelapa sawit:


1. Tebang kelapa sawit 


tebang kelapa sawit yang dianggap sudah tidak lagi produktif. kelapa sawit di tebang lebih rendah lebih bagusnya di tebang di pangkalnya. Menurut laman disbun.sumut kelapa sawit yang berumur 15 tahun ke atas dapat menghasilkan nira 3-15 liter perhari dan produksi niranya 2 - 3 bulan artinya dalam satu batang sawit bisa menghasilkan 300 liter nira. 


2. Ambil Nira

Setalah batang sait ditebang, bersihkan pelepahnya hingga tertinggal batang sawit hingga bagian ujungnya. dibagian ujungnya, potong sedikit sampai terlihat inti mudanya atau sering disebut umbut, dari sana akan keluar air nira. 


3. Tampung Air Nira dan Awetkan

pengambilan nira biasanya dilakukan di pagi atau sore hari, karena proses pengambilan nira berjalan lama, seharian penuh, dan dikhawatirkan nira menjadi basi, maka dapat ditambahkan larutan kapur sirih 10ml saja ata sekitar 2 sendok kapur sirih dalam nira dan hati batang nangka.


4. Masak Air Nira


Nira yang dikumpulkan lalu kemudian dimasukkan dalam kuali besar di atas perapian. Proses perapian dilakukan hingga nira berwarna merah dan sudah mengental. Agar proses pengerasan menjadi gula merah yang siap di pasarkan, dapat menambahkan gula pasir 1kg dalam 20 liter air nira. 


5. Cetak Gula merah 



Untuk menjadi gula merah yang siap di pasarkan,siapkan cetakan gula merah bisa berasal dari mangkuk kecil atau bambu atau lainnya. Caranya, ketika gula nira sudah mengental merah dan siap dicetak, turunkan lalu aduk terus sampai gelembung gelemubung hilang dan adonan menjadi bear-benar lembut. Tuangkan dalam cetakan secara merata lalu biarkan sampai padat mengering. Gula merah siap di pasarkan


Analisis keuntungan gula merah dari satu batang sawit 

Jika satu batang sawit tua besar dapat menghasilkan hingga 300 liter air nira, dan setiap 5liter menghasilkan 1kg gula merah siap pasar, maka 300liter nira menghasilkan 60kg gula merah. jika harga pasar 15rb per Kg, maka hasil yang didapat sekitar Rp900rb. 


Tonton juga video prose pembuatan gula merah dari sawit dari chanel donyya nyan


Demikian artikel tentang Cara Membuat Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit. Semoga bermanfaat


Refrensi:

http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/59569/Pembuatan-Gula-Merah-dari-Kelapa-Sawit/

http://disbun.sumutprov.go.id/?p=4445


Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit "