3 Cara dan Waktu Menggunakan Harbisida pada Tanaman Padi

Harbisida adalah jenis pestisida yang khusus membasmi rumput, dan beberapa di antaranya menargetkan jenis rumput tertentu. 3 Cara dan Waktu Menggunakan Harbisida pada Tanaman Padi

Makanisme harbisida ada yang membunuh secara langsung dengan efek membuat mati dan terbakar, dan mekanisme lannya adalah menghentiakn pertumbuhan dengan memecah biji cambah rumput tertentu. 

Rumput adalah salah satu tanaman pengganggu tanaman, pembasmian rumput dimaksudkan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan nutrisi tanaman tidak terbagi dengan adanya tanaman lain seperti rumput. 

Baca juga: 5 bahan campuran harbisida, rumput cepat mati

Daftar Isi:

Cara dan Waktu menggunakan Harbisida 

Rp.50000 



Untuk membasmi rumput biasanya dilakukan pada 3 waktu, yaitu:

1. Sebelum tanah di olah

Pemberian harbisida awal diberikan pada saat lahan belum diolah, untuk membasmi rumput-rumput yang sangat tebal. Biasanya jenis harbisida yang digunakan adalah harbisida yang lebih mematikan dengan target beragam jenis rumput. 

Mimin biasanya menggunakan jenis harbisisda roundup atau sidaxone dengan campuran rinso sebagai perekat, lalu kami semprotkan pada lahan setelah hujan reda atau pagi hari saat embun masih ada. 

2. Setelah tanah di olah

Pemberian harbisida setelah di olah adalah untuk menghentikan pertumbuhan rumput-rumput dengan mekanisme pemecah biji. 

Biasanya harbisida yang kami gunakan adalah harbisada yang lebih spesifik untuk menargetkan jenis rumput tertentu kami menyebutnya "mbas-mbas" atau rumput menjalar. Bahan yang mimin sering gunakan adalah "Logren" berbentu saset dengan isi 1,5grm.

Untuk pemakaian biasanya kami capur dengan bahan pembasmi keong, lalu kami semprotkan pada lahan siap tanam padi. 

3. Setelah menanam padi

Peberian harbisida juga dapat diberikan setelah padi ditanam. Pengalaman saya menggunakannya bersamaan dengan pemupukan dengan dicmapur rata bersama pupuk juga dengan racun keong. 

Kalo saya menggunakan jenis harbisida yang sama dengan pemberian di lahan siap tanam. 


Posting Komentar untuk "3 Cara dan Waktu Menggunakan Harbisida pada Tanaman Padi"