Cara Masak Nasi Low Sugar dengan Rice Cooker Digital Sekai

Cara Masak Nasi Low Sugar dengan Rice Cooker Digital Sekai. Pola makan sehat, kian menjadi gaya hidup baru yang kini menjadi prioritas. Ada debat panjang apakah pola makan tentang waktu atau tentang menu.

Namun solusi bijak adalah tetap hidup sehat, makan kapan saja, apa saja, dengan catatatan menu makan sehat.

Baca juga: Resep membuat nasi kuning

Sebagai orang indonesia, dengan makanan dasarnya adalah nasi dengan kandungan utama karbohidrat yang merupakan salah satu unit gula, seringkali menjadi problema. Apakah kita harus menyalahkan mengapa menjadi orang indonesa dan mengapa harus nasi?

Sukurnya Segala isu, intimidasi dan ketidaksehatan nasi telah berlalu, yang kita perlukan bukanlah tekanan atau takaran, tapi cara kita membuat nasi yang sehat.




Nasi Rendah Gula


Kita ketahui gula adalah penyebab dari sekian banyak masalah kesehatan, dan itu berasal dari makanan. Namun, makanan tidak selalu menjadi kunci asupan tinggi gula, mengetahui cara mengolahnya dengan baik, makanan tinggi gulapun bisa menjadi makanan sehat.



Nasi selalu dianggap menjadi sumber utama gula dengan tingginya karbohidrat, lantas apakah nasi harus dihindari? Bagaimanapun Nasi merupakan nutrisi utama yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi.



Memang, kelebihan asupan karbohidrat memacu penumpukan lemak atau gula yang menjadi masalah. Titik masalahnya adalah kelebihan karbohidrat, bukan kelebihan nasi, sehingga solusinya adalah mengurangi kandungan kandungan karbohidrat dalam nasi tersebut.



Cara Manual Memasak Nasi Low Sugar


Cara nemasak nasi low sugar adalah dengan teknik boiling, teknik ini adalah salah satu cara yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.



Berbagi cerita, di desa saya, jika ada acara besar seperti hajatan, nikahan atau sejenisnya. Untuk masak nasi, dalam ukuran porsi ratusan orang biasanya menggunakan teknik boiling.



Mula-mula beras di cuci bersih (beras non premium) biasanya orang desa menyebutnya "Ngeraras" ngeraras ini di lombok menjadi salah satu icon budaya khususnya di lombok Utara yang diadakan dalam acara besar atau Festival. Masyarakat setempat dengan pakaian adat, kain batik yang diikat se-dada, lalu membawa wadah berisi beras ke sungai diiringi gambelan.



Teknik masak boiling ini bisa disebut teknik mengukus masakan, di mana air dan bahan masakan diberi sekat atau pemisah. Bedanya dengan sistem memasak pada umumnya, bahan makanan pada teknik boiling mendapat panas dari air yang dididihkan, sedangkan masak pada umumnya air dan bahan masakan dipanaskan secara bersamaan.



Bagaimana teknik boiling dapat menurunkan kadar gula dalam nasi?


Dengan prinsip pemisahan air dan bahan masak (beras). Selama proses pemasakan, beras dalam sistem di rebus dengan air panas, asumsinya sebagian besar nutrisi utama beras seperti karbohidrat dicuci atau larut dalam air. Ketika air menyusut, sebagian dari nutrisi (karbohidrat) tertahan dalam air dan tidak kembali terserap dalam nasi.



Alat Memasak Nasi Low Sugar Praktis dan Efisisen


Memasak nasi low sugar dengan cara manual cukup merepotkan, sehingga biasanya hanya dilakukan jika memasak besar.



Nah untuk pemakaian rumah tangga yang praktis dan efisien bisa menggunakan Rice Cooker low sugar, salah satu yang paling rekomendasi adalah Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai.



Dengan rice cooker sekai ini, kita bisa menikmati hidangan dengan nikmat tanpa takut kelebihan asupan gula. Selain itu dengan kontrol digital, kita tidak takut nasi kita menjadi rusak, karena secara otomatis sistem akan berhenti saat nasi mateng pada kondisi terbaik.



Bedanya dengan rice cooker biasa, air tajin (glukosa) terbuang dan tidak terserap kembali ke nasi yang akan dikonsumsi.



Rice Cooker Low Sugar Digital Sekai


Rice Cooker sekai digital ini terdiri dari dua sistem memasak, panci innerpot yang berfungsi sebagai penangas pada proses memasak dan berfungsi sebagai penghangat saat nasi low sugar sudah masak.

Bagian kedua adalah Steemer berbentuk seperti lapis penangas berbentuk keranjang, dimaana air dari innerpot dapat masuk ke dalamnya, tempat beras diletakkan ketika memasak.



Tipe Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai


Rice cooker ini memiliki dua tipe, yaitu:

1. Serela CMW 720 LS

Cek harga 👇



Tipe ini merupakan tipe pertama produk sekai rice cooker low sugar dengan 6 fungsi utama (6 in 1), yaitu:

  • Memasak nasi biasa

  • Memasak nasi rendah gula

  • Buat bubur

  • Buat sup

  • Kue dan

  • Menghangatkan masakan




2. Serela CMW 522

Cek harga 👇



Tipe ini merupakan ricecooker yang lebih komplit dengan fungsi yang lebih banyak (8 in 1) berikut:

  • Memasak nasi biasa

  • Memasak nasi low sugar

  • Membuat Yoghurt

  • Membuat Bubur

  • Masak Sup

  • Membuat kue

  • Bubur bayi dan

  • Menghangatkan masakan



Cara Masak Nasi Low Sugar dengan Rice Cooker Digiat Sekai


Berikut cara masak nasi low sugar denga rice cooker sekai

  1. Pasang penangas panci lalu pasang panci saringan diatasnya

  2. Masukkan beras dan air dengan takaran

  3. Atau tepat Air berada 1-2 m diatas permukaan beras

  4. Pilih fungsi memasak pada control digital lalu tekan Start

  5. Buang air dan bersihkan panci penangas (Innerpot)

  6. Pindahkan nasi dari Steamer ke Innerpot yang sudah dibersihkan

  7. Lalu masullan kembali ke cooker digital

  8. Nyalakan fungsi penghangat (Keep warm) dan tekan Start



Demikian artikel tentang Cara Masak Nasi Low Sugar dengan Rice Cooker Digital Sekai. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Masak Nasi Low Sugar dengan Rice Cooker Digital Sekai"