6 Bahan Alami Menurunkan Keasaman tanah

6 Bahan Alami Menurunkan Keasaman tanah. Keasaman adalah salah satu dari sekian masalah dalam pertanian, faktor utamanya adalah pengolahan tanah yang kurang baik dengan irigasi yang buruk. 

Keasaman ini baru kita sadari ketika kita melihat gejala pada beberapa tanaman seperti padi yang tidak tumbuh dengan baik dan seperti terbakar.

Baca juga: 20 bahan alami pestisida nabati
Daftar Isi:

Bahan alami menurunkan keasaman pada lahan pertanian

Sarjono

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menurunkan keasaman tanah pada tanaman padi adalah sebagai berikut:

1. Abu Sekam Padi

Abu sekam padi merupakan limbah pertanian yang mengandung kalium dan kalsium karbonat yang dapat membantu menurunkan keasaman tanah. Abu sekam padi dapat dicampur dengan pupuk organik dan ditebar pada lahan pertanian.

2. Pupuk Kandang

Pupuk kandang mengandung bahan organik dan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kandungan bahan organik dan nutrisi pada tanah dan membantu menurunkan keasaman tanah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan pupuk kandang ke dalam tanah sebelum penanaman.

3. Pupuk Kompos

Pupuk kompos juga mengandung bahan organik dan nutrisi yang dapat membantu menurunkan keasaman tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan kompos ke dalam tanah sebelum penanaman.

4. Kapur pertanian

Kapur pertanian merupakan bahan yang sering digunakan untuk menetralkan keasaman tanah pada lahan pertanian. Kapur pertanian mengandung kalsium dan magnesium yang dapat membantu meningkatkan pH tanah. Cara penggunaannya adalah dengan menyebarkan kapur pertanian di atas tanah dan atau tanaman padi dengan dosis yang sesuai.

5. Lumpur Sawit

Lumpur sawit merupakan limbah pertanian yang mengandung bahan organik dan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dan menurunkan keasaman tanah. Lumpur sawit dapat dicampur dengan pupuk organik dan ditebar pada lahan pertanian.

6. Arang kayu

Arang kayu mengandung bahan organik yang dapat membantu menetralkan keasaman tanah dan meningkatkan kandungan nutrisi dalam tanah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan atau menebar arang kayu pada lahan tanam.


Perlu diingat bahwa pemberian bahan alami untuk menurunkan keasaman tanah pada tanaman padi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memberikan hasil yang signifikan. Selain itu, dosis dan frekuensi aplikasi bahan alami juga perlu diperhatikan agar dapat memberikan hasil yang optimal.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengukuran pH tanah secara berkala dan memperhatikan kondisi tanaman untuk menentukan dosis dan frekuensi pemberian bahan alami yang tepat.

Demikian artikel tentang 6 Bahan Alami Menurunkan Keasaman tanah. Semoga beemanfaat!


Posting Komentar untuk "6 Bahan Alami Menurunkan Keasaman tanah "