6 Varietas Padi yang Tahan Keasaman

 6 Varietas Padi yang Tahan Keasaman. Keasaman merupakan salah satu masalah pertanian yang sangat merugikan, sebagian besar pertanian lokal menyadarinya dari gejala pada tanaman seperti terbakar pada fase vegetatif. 


Faktor utamanya adalah penanaman terus menerus tanpa memberikan waktu yang cukup untuk pengolahan tanah.

Baca juga: 6 Bahan alami untuk menurunkan keasaman tanah
Daftar Isi:

Varietas padi tahan keasaman



Selain berbagai cara mengatasi masalah keasaman, varietas padi bisa menjadi salah satu upaya untuk mengurangi kerugian pada lahan asam.

Beberapa varietas padi yang tahan terhadap keasaman tanah atau cocok untuk ditanam di lahan dengan pH rendah antara lain:

1. IR 64

Merupakan salah satu varietas padi yang tahan akan kondisi tanah pH rendah atau keasaman tinggi.

2. Padi Ciherang

Varietas padi Ciherang tahan terhadap serangan hama dan penyakit serta cocok ditanam pada lahan dengan pH rendah atau keasaman tinggi

3. Padi Inpari 13

Varietas padi Inpari 13 memiliki toleransi yang tinggi terhadap keasaman tanah dan dapat tumbuh dengan baik pada lahan dengan pH rendah.

4. Padi Inpari 14

Varietas padi Inpari 14 juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap keasaman tanah dan cocok ditanam pada lahan dengan pH rendah.

5. Padi Situ Bagendit

Varietas padi Situ Bagendit tahan terhadap serangan hama dan penyakit serta cocok ditanam pada lahan dengan pH rendah.

6. Padi Cisadane

Varietas padi Cisadane tahan terhadap serangan hama dan penyakit serta dapat tumbuh dengan baik pada lahan dengan pH rendah.

Perlu diingat bahwa selain varietas yang tahan terhadap keasaman tanah, faktor lain seperti kondisi tanah, iklim, dan pemeliharaan tanaman juga dapat mempengaruhi keberhasilan budidaya padi. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli pertanian untuk menentukan varietas padi yang tepat untuk lahan pertanian Anda.

Demikian artikel tentang  6 Varietas Padi yang Tahan Keasaman. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk " 6 Varietas Padi yang Tahan Keasaman"