kenapa ayam sering minum? Gejala mabuk minum

Salam satu hobi!
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Gejala yang sering dialami oleh para juragan mengenai Gejala Ayam mabuk minummmm. Ayam minum memang hal yang wajar namun ketika ayam kita terlihat minum tidak wajar atau berlebihan, maka hal tersebut bukanlah hal yang biasa melainkan ayam anda sedang mengalami masalah.  

Gejala  mabuk minum pada ayam, biasanya juga diikuti kondisi yang tidak prima berupa  penampilan ayam yang terlihat lesu, pucat dan habkan juga sering diikuti diare atau pases tidak normal. Gejala tersebut disebut sebagai Dehidrasi, yaitu suatu kondisi dimana cairan dalam tubuh berkurang atau tidak normal  dan berkurangnya cairan tersebut dapat mencapai 5 % atau bahkan lebih. Pada kondisi normal cairan dalam tubuh hewan rata-rata 60% yang terdiri dari 40 % cairan intrasel yaitu cairan yang berada pada sel hewan dan 20% cairan ekstrasel yang berada diluar sel tubuh hewan. Akibat dari dehidrasi pada ayam ini dapat menggangu proses metabolisme tubuh hewan sehingga terhambatnya penyerapan nutrisi danpergantian oksigen ke sel-sel tubuh sehingga berujung pada kematian.

Gejala dehidrasi atau gejala kekurangan cairan tubuh hewan merupakan efek dari bebrapa kondisi lingkungan atau pemeliharana, berikut dibawah ini ulasannya :

1. Faktor lingkungan 
    Faktor lingkungna yang paling banyak memberikan dampak atau efek bagi tubuh ayam, terlebih pada bebrapa jenis ayam jago yang memiliki daya adaftiv yang rendah. kemampuan adaptasi ayam pada lingkungan merupakan anomali yang besar bagi ayam. jika ayam mampu bertahan hidup kondisi pertumbuhan atau perkembangan tubuh ayam menjadi harga yang cukup mahal untuk dijaga. dan pada kesempatan ini kami akan membahas Dehidrasi pada ayam dengan tingkah laku mabuk minum pada ayam dengan faktor lingkungan.

kondisi lingkungan esktrem yang terlalu panas pada siang hari dan terlalu dingin dimalam hari adalah salah satu faktor dehidrasi pada ayam, dengan kondisi demikian cairan tubuh ayam akan cepat terkuras. kondisi perubahan lingkungan yang ekstrem akan menyebabkan tubuh ayam akan bekerja lebih keras untuk memberikan ketahanan terhadp lingkungan dengan akibat ayam akan menjadi kekurangan cairan.

Dengan kondisi lingkungan yang demikian anda para peternak harus dapat tetap memberikan suplemen vitamin yang cukup pada hewan terlebih makanan yang dapat menjaga kondisi cairan tubuh ayam . 

2. Kesalahan pemeliharaan 
    Ada bebrapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para peternak atau para penghobi ayam mengenai pemeliharaan ayam . hal tersebut terletak pada kurangnya pemahaman para peternak dalam mengenali fisiologi tubuh ayam. 

Unggas termasuk ayam memiliki pertahanan tubuh terutama pada perubahan suhu, pada sebagian besar burung atau unggas merupakan jenis hewan yang mampu mempertahankan suhu tubuh yang tinggi yaitu 40 - 42 derajat celcius. Mempertahankan suhu unggas termasuk ayam tersebut memerlukan kemampuan yang ketat untuk selalu dapat menyeimbangkan laju produksi panas metabolisme dengan laju kehilanagn atau perolehan panas dari lingkungan luarnya . artinya seseorang peternak jangan terlalu memberikan perlakuan berlebih yang disangka baik ternyata salah, misalnya: 

  • Terlalu sering dimandikan 
     Melihat fisiologi ayam yang terus berupaya mempertahankan suhu tinggi pada tubuhnya malah akan memberikan gangguan tersendiri ketika anda terlalu sering memandikannya. Untuk mengatasi hal tersebut seorang peternak atau penghobi malah akan sangat baik jika ayam tersebut sering dilatih atau memberikan olahraga olahraga untuk meningkatkan kontraski ototnya .sehingga suhu tubuh ayam mendapat keseimbangan. 

  • Terlalu lama dijemur 
     Meski ayam membutuhkan kehangatan karena ayam memang tergolong heway yang mempertahan kondisi suhu tinggi pada tubuhnya , tapi yang kita perhatikan adalah cairan tubuh hewan , yang dapat menguras cairan dalam tubuh hewan tersebut . Paling maksimal penjemuran pada ayam adalah 15 menit .

3. Pemberian Pakan 
Pemberian makan yang kurang tepat, atau mengenai taiming pemberiang pakan juga dapat mempengaruhi tubuh ayam. Misalnya pemberian piur padat pada sing hari dan piur cair dimalam hari akan membuat tubuh bagian perut ayam menjadi kurang sehat . prinsipnya adalah ketika anda sendiri terlalu banyak makan yang berbentuk cairan dimalam hari akan memberikan efek panas dalam pada tubuh anda. 

Jangan terlalu memberikan air minum yang berasa manis, hal tersebut dapat membut tenggorokan ayam menjadi tidak baik. sehingga akan semakin memacu ayam untuk banyak minum dan hasilnya adalah diare yang berujung pada dehidrasi. Utamakan pemberian air minum pada ayam adalah air putih yang bersih, dan minuman harus sering diganti.

Rutinlah memberikan makanan hijau pada ayam anda, misal seperti buah atau sayur sayur hijau, karena buah ataupun sayur hijau merupakan bahan makanan yang menagndung cukup banyak cairan.

4 komentar

  1. Mau tanya, ayam saya mengalami kebutaan sepertinya karena bengkak di sekitar matanya, kedua matanya buta, kata ayah saya itu karena dia bertengkar. Saya ga tau mau ngapain, awalnya ayamnya diberi minum mau, tapi makan ga mau untungnya saat itu masih aktif. Sekarang ayamnya sudah lemas sekali, minum pun tak mau apalagi makan. Ortu saya bilang pasrahkah saja tapi tolong bantu ya, siapa yang tau caranya tolong beritahu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya itu jenis penyakit ayam sist ,untuk jaga jaga pisah dengan ayam yang lain.

      Hapus
    2. Bisa bantu saya bg ayam saya minum nya berlebihan,kira kira obat nya apa ya

      Hapus
    3. Dehidrasi, dikerangkengin, kasi makanan yang bagus jangan pakan lembek, jangan kasi minum banyak/kontrol.

      Hapus