Kenapa ayam sering minum? Gejala mabuk minum


Kenapa ayam sering minum? Gejala mabuk minum. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Gejala yang sering dialami oleh para juragan mengenai Gejala Ayam mabuk minum. 

Ayam minum memang hal yang wajar namun ketika ayam kita terlihat minum tidak wajar atau berlebihan, maka hal tersebut bukan hal biasa melainkan ayam anda sedang mengalami masalah.  


Gejala  mabuk minum pada ayam biasanya juga diikuti kondisi yang tidak prima berupa  penampilan ayam yang terlihat lesu, pucat dan habkan juga sering diikuti diare atau pases tidak normal. 

Gejala tersebut disebut sebagai Dehidrasi, yaitu suatu kondisi dimana cairan dalam tubuh berkurang atau tidak normal  dan berkurangnya cairan tersebut dapat mencapai 5 % atau bahkan lebih. Pada kondisi normal cairan dalam tubuh hewan rata-rata 60% yang terdiri dari 40 % cairan intrasel yaitu cairan yang berada pada sel hewan dan 20% cairan ekstrasel yang berada diluar sel tubuh hewan. 

Akibat dari dehidrasi pada ayam ini dapat menggangu proses metabolisme tubuh hewan sehingga terhambatnya penyerapan nutrisi danpergantian oksigen ke sel-sel tubuh sehingga berujung pada kematian.

Faktor Penyebab Ayam Sering Minum


Gejala dehidrasi atau gejala kekurangan cairan tubuh hewan merupakan efek dari bebrapa kondisi lingkungan atau pemeliharana, berikut dibawah ini ulasannya :

1. Faktor lingkungan 

Faktor lingkungan memberikan dampak palinng tinggi bagi tubuh ayam, terlebih pada bebrapa jenis ayam jago yang memiliki daya adaptif yang rendah. Kemampuan adaptasi ayam pada lingkungan merupakan anomali yang besar bagi ayam. 

Kondisi lingkungan esktrem yang terlalu panas pada siang hari dan terlalu dingin di malam hari adalah salah satu faktor dehidrasi pada ayam. Kondisi demikian menyebabkab cairan tubuh ayam akan cepat terkuras. 

Cuaca lingkungan yang ekstrem akan menyebabkan tubuh ayam akan bekerja lebih keras untuk memberikan ketahanan terhadap lingkungan dengan akibat ayam akan menjadi kekurangan cairan.

Dengan kondisi lingkungan demikian, solusinya adalah anda harus memberikan suplemen vitamin yang cukup pada hewan, baik dari makanan ataupun minuman bergizi. 

2. Kesalahan pemeliharaan 

Ada bebrapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para peternak atau para penghobi ayam. Kesalahan yang paling seriny yaitu terletak pada kurangnya pemahaman para peternak dalam mengena fisiologi tubuh ayam. 

Unggas termasuk ayam memiliki pertahanan tubuh senaitif terhadap perubahan suhu. Pada sebagian besar burung atau unggas mampu mempertahankan suhu tubuh yang tinggi yaitu 40 - 42 derajat celcius.

Unggas termasuk ayam memerlukan kemampuan yang ketat untuk selalu dapat menyeimbangkan laju produksi panas metabolisme dengan laju kehilanagn atau perolehan panas dari lingkungan luarnya.

Sederhananya pemahaman seperti ini penting, sehingga kita tidak memberikan perlakuan berlebih yang disangka baik ternyata salah, misalnya: 

1. Terlalu sering dimandikan 

Melihat fisiologi ayam yang terus berupaya mempertahankan suhu tinggi pada tubuhnya malah akan memberikan gangguan tersendiri ketika anda terlalu sering memandikannya. Hal yang lebih baik adalah memberikan pelatihan fisik pada ayam untuk meningkatkan kontraski ototnya, sehingga suhu tubuh ayam mendapat keseimbangan. 

2. Terlalu lama dijemur 

Meski ayam membutuhkan kehangatan untuk mempertahan kondisi suhu tinggi pada tubuhnya, tidak kalah penting adalah mempertahankan cairan tubuhnya. Sehingga kita hanya perlu menjemurnya seperlunya saja, paling maksimal penjemuran pada ayam adalah 15 menit .

3. Pakan yang baik

Pemberian makan yang kurang tepat, atau mengenai waktu pemberian pakan juga dapat mempengaruhi tubuh ayam. Misalnya pemberian piur padat pada sing hari dan piur cair dimalam hari akan membuat  perut ayam menjadi kurang sehat. 

Prinsipnya adalah ketika anda sendiri terlalu banyak makan yang berbentuk cairan dimalam hari akan memberikan efek panas dalam pada tubuh anda. 

Jangan terlalu memberikan air minum yang berasa manis, hal tersebut dapat membut tenggorokan ayam menjadi tidak baik. Hal itu dapat memacu ayam untuk banyak minum dan hasilnya adalah diare yang berujung pada dehidrasi. 

Utamakan pemberian air minum pada ayam adalah air putih yang bersih, dan minuman harus sering diganti.

Rutinlah memberikan makanan hijau pada ayam anda, misal seperti buah atau sayur sayur hijau. Karena buah ataupun sayur hijau merupakan bahan makanan yang mengndung cukup banyak cairan.

4 komentar untuk "Kenapa ayam sering minum? Gejala mabuk minum"

Comment Author Avatar
Mau tanya, ayam saya mengalami kebutaan sepertinya karena bengkak di sekitar matanya, kedua matanya buta, kata ayah saya itu karena dia bertengkar. Saya ga tau mau ngapain, awalnya ayamnya diberi minum mau, tapi makan ga mau untungnya saat itu masih aktif. Sekarang ayamnya sudah lemas sekali, minum pun tak mau apalagi makan. Ortu saya bilang pasrahkah saja tapi tolong bantu ya, siapa yang tau caranya tolong beritahu saya.
Comment Author Avatar
Biasanya itu jenis penyakit ayam sist ,untuk jaga jaga pisah dengan ayam yang lain.
Comment Author Avatar
Bisa bantu saya bg ayam saya minum nya berlebihan,kira kira obat nya apa ya
Comment Author Avatar
Dehidrasi, dikerangkengin, kasi makanan yang bagus jangan pakan lembek, jangan kasi minum banyak/kontrol.