Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penamaan Ayam Kampung berdasarkan bentuk ekornya


Salam Satu Hobi!
Ayam kampung merupakan Ayam asli Indonesia yang paling kaya dengan system penamaan, gelar, kelus, urige dan lainnya. selain  menjadi ayam yang palin laris baik dikalangan penghobi, peternak, tarung ataupun pedaging Ayam kampung juga merupakan ayam yang dipenuhi kepercayaan tahayul turun temurun. Bagaimana tidak! ayam kampung dapat dikatakan sebagai ensiklopedi turunan bebas, mengapa demikian? Terkadang ada ayam yang lahir dengan karakter yang tidak terdapat pada induk ataupun pejantannya, namun terlahir seperti kesalahan produk namun malah menjadi incaran yang dipercaya memiliki keangkuhan diarena ataupun konon dapat memanggil rizki bagi sang peternak.

Pada kesempatan ini kami akan melanjutkan 2 post sebelumnya tentang penamaan ayam berdasarkan kaki dan bulunya dan pada kesempatan ini kami akan membahas system penamaan ayam kampung berdasarkan ekornya.

Penamaan ayam Kampung berdasarkan bentuk ekornya 
Penamaan ayam kampun dilihat dari bentuk ekornya dapat di kelompokkan majadi 3 jenis yaitu :
  
1. Ekor panjang
      Ekor panjang pada umumnya merupakan jenis ayam yang paling banyak kita lihat, baik yeng disebut ekor jarum atau sejenisnya. namun pada system penamaan ayam, untuk jenis ekor panjang tidak dihiraukan atau diabaikan.

 2. Sangkur
     Sangkur merupakan gelaran atau penamaan auntuk ayam kampung yang memiliki ekor tumpul . Sangkur umunya dibedakan menjadi dua jenis , yaitu:

  •  Sangkur potong, yaitu gelar atau penamaan yang diberikan pada ayam yang bener bener tidak memiliki ekor keseluruhan tubuh dari ayam tersebut terlihat bulat.


  •  Sangkur Udang, yaitu gelar penamaan yang diberikan pada ayam yang memiliki ekor tumpul benkong kebawah Atau ayam yang memiliki ekor bebentuk udang.
  • Papak, merupakan gelar yang diberikan pada ayam jantan yang memiliki bentuk ekor seperti betina. biasanya kiat melihat ekor ayam jantan panjang terurai, namun ekor papak malah hanya tumbuh sepotong seperti ekor ayam betina sehingga ayam jantan ekor papak sering sekali dipanggil ayam banci.
Demikian artikel tentang penamaan Ayam kampung berdasarkan bentuk ekornya, saran tambahan dan masukan yangmembangun kami harapkan. salam satu hobi.

Posting Komentar untuk "Penamaan Ayam Kampung berdasarkan bentuk ekornya"