Ayam kampung lebih sehat dan nikmat



Menyapa para juragan dapur i! . Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai apa kelebihan Ayam kampung dibanding dengan ayam lainnya terkait masalah Gizi , kesehatan serta cita rasa .

Fakta - fakta mengejutkan dilapangan tentang pengetahuan dan ketertarikan masayarakat mengenai ayam kampung. Ternyata ayam kampung

  • lebih diminati
  • Lebih laris
  • Harganya lebih mahal
  • Industri makanan sedia ayam kampung juga lebih laris
Dengan rasa dan kualitas daging ayam kampung inilah alasan kenapa industri makanan lebih memilih daging ayam kampung sebagai bahan pokok utamanya . Salah satu warung makan yang terkenal dan hampir ada diseluruh wilayah indonesia adalah "warung taliwang" yang memprioritaskan daging ayam kampung sebagi bahan pokok utamanya. 

Mengapa daging ayam kampung lebih diminati?
  • dagingnya lebih lembut 
  • Dagingnya lebih gurih dan memiliki khas rasa
  • dagingnya lebih tahan lama
Apa yang membuat ayam kampung memiliki kualitas daging lebih bermutu?
Jawabannya .


  • Adalah siklus hidup ayam kampung yang lebih alami . Ayam kampung indonesia pada umumnya memiliki cara dan tingkah laku hidup yang lebih mandiri , lebih suka mengaih makanan sendiri sehingga bahan dasar pertumbuhan ayam kampungpun didapat dari berbagai macam sumber alami . 

  • Ayam kampung yang memiliki kualitas daging yang baik umumnya adalah ayam kampung dengan bahan pakan organik non sintesis atau bahan obat dan pakan kimiawi. Sekarang banyak ayam kampung yang merupakan hasil silang dan rekayasa menyerupai fisiologi ayam kampung namun tingkah laku dan cara hidup ayam kampung yang asli sepertinya sulit diduplikasi . 

Daftar perbandingan komposisi gizi ayam kampung dengan ayam pedaging

In 100gr/meatAyam kampungAyam Broiler
Kalori (kkal)200             215
Protein37.9              37
Lemak9             14.7
--               -
Sumber;DKBM

Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa nilai kalori yang cukup tinggi meski tidak lebih tinggi dari ayam pedaging yang mendapatkan asupan makanan ekstra , namun data lemak dan protein cukup membuktikan bahwa daging ayam kampung jauh lebih baik. 

Untuk daging ayam kampung Yang paling baik dan gurih yaitu ayam kampung yang masih muda , Selain dagingya masih segar ayam kampung muda memiliki kadar air yang lebih tinggi yaitu 70% sedangkan ayam kampung tua memiliki kadar air 60% sehingga dagingnya lebih liat.

Demikian artikel tentang kebaikan ayam kampung semoga bermanfaat . Untuk para juragan dapur salam satu hobi! .



Posting Komentar