Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ayam wangkas yang asli

Ayam wangkas adalah Istilah penamaan ayam yang didasarkan pada warna dan  corak bulu sayapnya. Ayam wangkas merupakan ayam yang identik dengan tubuh yang sama dengan bercak warna berbea di kedua sayapnya .

Ciri-ciri Ayam wangkas 

  • Memiliki warna tubuh yang sama dari leher hingga ekor 
  • Memiliki corak warna yang berbeda hanya ada di keua sayap 


Ayam wangkas merupakan penamaan turun temurun dari sesepuh atau nenek moyang dan sering sekali berlaku dalam nilai ayam tersebut . beberapa kekeliruan yang sering terjadi saat menamai ayam , karena memang sedikit saja letak dan posisi warna ayam tersebut maka akan menjadi berbeda pula namanya .

Ayam wangkas yang asli yaitu ayam dimana sekujur tubuhnya memiliki pola warna yang sama , namun di bagian kedua sayapnya memiliki corak warna yang mencolok . namun ketika warna mencolok itu juga terdapat di tubuh bagian lainnya , maka ayam tersebut sudah tidak diakatakn sebagai wangkas .

contoh . wangkas putih , ayam ini memiliki warna tubuh secara keseluruhan adalah putih meskipun terdapat sehelai ada bulu hitam diekornya ini menambah nilai wangkas dengan tambahan nama , bendera cina . kemudian dikedua ekornya terdapat bercak merah namun ketika bercak merah ini akhirnya menyebar ketubuh lainnya misalkan diparuh atau body sampingnya atau bulu lehernya , maka itu bukan lagi ayam wangkas . bisa jadi kelau atau berumbun tergantung penyebarannya dan warna yang muncul . 

Ayam kelau 


Jdi jangan salah juragan untuk menamakan ayamnya , memang tidak ada yang marah kalopun kita membuat nama sendiri berdasarkan mau-mau sendiri tapi alangkah bagusnya kita mempertahankan difinisi warisan yang diberikan oleh para leluhur .

salam wangkas . 

Posting Komentar untuk "Ayam wangkas yang asli "