10 tanaman yang baik ditanam dimusim kemarau tanpa pengairan intensif

Musim kemarau sudah pasti datang, karena Indonesia umumnya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan kemarau meski polanya kadang-kadang berbeda, pergantian musim yang berbeda (BMKG: Selama 20 tahun Indonesia mencatatkan 400+ pola musim). Namun apapun musimnya, pertanyaan petani adalah bisakan tanaman tumbuh dengan baik menghadapi bagaimanapun pola musim terutama musim kemarau?


Dari beberapa sumber dan tentu dari pengalaman kami, ada beberapa macam tanaman yang umumnya kuat bertahan bahkan tumbuh dengan baik dimusim kemarau. Beberapa tanaman yang kami rangkum mampu bertahan dimusim kemarau, yatu:

1. Jagung
Jagung adalah salah satu tanaman semusim yang hidup dengan baik diakhir musim penghujan hingga akhir musim kemarau , siklus hidupnya 80-150 hari dikenal seagai tanaman hari pendek yang membutuhkan sinar matahri penuh untuk tejadinya proses pembungaan. Siklus hidup jagung dbagi menjadi dua yaitu masa masa pertumbuhan vegetatif yatu masa pertumbuhan, dan yang kedua adalah generative atau masa pembuahan.

Seiring banyaknya varietas jagung, jagung dapat tumbuh dengan bak di dataran rendah hingga dataran rendah dengan suhu hangat dan menyukai penyinaran atau cahaya penuh. Pada masa-masa awal atau masa pertumbuhan/ peremajaan jagung memang membutuhkan pengairan namun ketika sudah beranjak dewasa jagung dapat bertahan dengan baik.

Umumnya jagung memerlukan zat hara untuk dapat tumbuh dengan bak seperti misalnya nitrogen dan fosfor, namun kedua unsure ini pada umunya didapat dari pupuk yang umum diberikan oleh petani, jagung tumbuh dengan bak pada tanah dengan keasaman lemah pH 5-6,5.

2. Kacang tanah
Kacang tanah adalah tanaman perdu yang merupakan salah satu jenis kacang-kacangan terpenting diindonesia. Kacang  tanah mengalami proses pematangan dibawah permukaan tanah, seingga sinar matahari dapat mengganggu proses pematangan biji muda.

Pertumbuhan kacang tanah sangat baik di lingkungan dengan hujan sedang hingga jarang, kacang tanah sangat menyukai lingkungan dengan kelembaban kurang. Kelembaban tinggi atau tingkat curah hujan tinggi akan membuat pertumbuhan serta perkembangan biji terganggu.

Tumbuh dengan baik mula dari suhu ruang hingga suhu hangat (28-32’c) bisa ditanam mula dari ketinggian 500mdpl- 800 tegantung kondisi. Pada awal- awal pertumbuhan kacang tanah memang memerlukan pengairan, namun ketika sudah dewasa kebutuhan akan air dapat berkurang. Kacang menyukai tipe tanah dengan keasaman lemah yaitu pH 6,0 - 6,5.

Perbedaan kemudhan  antara kacangng dengan jagung:
  • Jagung dan kacang membutuhkan air yang tidak banyak
  •  Jagung biasanya dibantu dengan pemberian unsure hara pupuk
  • Kacang dibantu dengan penggeburan tanah

3. Ubi jalar
Ubi jalar adalah tanaman rambat atau sering juga disebut ketela rambat. Ubi jalar adalah salah satu tanaman paling mudah ditanam, hanya memerlukan gundukan tanah maka ia dapat hidup dengan baik. Dibeberapa daerah di musim kemarau ubi jalar menjadi pilihan utamanya karena umumnya mudah, kadang-kadang petani bahkan mengabaikan pertumbuhannya, perawatannya.

Meengenai hasil panennya, ubi jalar akhir-akhir ini menjadi primadona bahkan masuk seagai bahan konsumsi elit, campuran berbagai makanan bayi, susu hinga obat-obatan. Selain ubi nya, daunnyapun dapat dikonsumsi sebagai makanan pengganti kangkung.

Ada bebera cara menanam ubi jalar, ada yang ditumpukan bekas jerami penanam padi , ada yang dipinggiran pundukan sawah dan ada juga yang membuat pundukan tanah secara khusus. Ubi jalar ditanam dengan metode stek batang, cukup memotong 1 -2 jengkal batang rambatan dan tanam di tumpukan tanah maka dengan sangat cepat akan bertunas. Tanaman ubi jalar bak tumbuh di lingkungan lembab hingga kelembaban kurang.

4.Singkong
Singkong, ubi kayu, ketela pohon atau ubi jawa adalah tanaman perdu tahunan. Singkong merupakan tanaman yang sangat umum diindonesia bahkan dunia, Indonesia menjadi Negara ket-3 didunia dengan produksi singkongnya. Singkong akhir-akhir ini menjadi olahan atau produk elit seperti “qitela” yang harga perbungkusnya terbilang mahal selan itu singkong dapat dikonsumsi secara langsung, dibakar, dimasak ataupun dileh menjadi tape, daunnyapun dapat menjadi sayur atau makanan ternak.

Singkong sangat mudah ditanam, hanya memerlukan 1 jengkal ruang batangnya melalui stek batang sudah dapat tumbuh dengan baik. Singkong menjadi simbolis Negara Indonesia yang subur “ tancapkan batang kayu maka kita dapat memetik hasilnya” itu adalah singkong. Singkong dapat tumbuh dengan struktur tanah apapun, bak ditanam di kelembababan atau di lingkungan kering. Bisa dikatakan, singkong, ubi jalar dan sejenisnya sebaga tanaman embun, dengan embun pagi sudah dapat tumbuh dengan baik.

Posting Komentar