3 Bahan Alami (Tradisional) untuk Mengobati Kelinci Mencret

Hallo para juragan kelinci, pecinta, pengusaha ataupun yang baru belajar soal kelinci. Apapun yang namanya hidup selalu memiliki kendala masalah yangharus dihadapi tak terkecualikan mahluk yang namanya kelinci .

Kelinci adalah mahluk mamalia yang memakan tumbuh-tumbuhan, makanan yang masuk dalam tubuh tentu akan diperoses dan melewati system metabolisme. Terkadang satu jenis makanan saja tidak cukup untuk tubuh, perlu ada variasi lain yang akan membantu kekuranga zat yang dibutuhkan tubuh . Misalkan saja satu jenis makanan yang yang disukai kelinci namun kekurangan serat maka bias jadi sebagai akibat atau efek kelinci menjadi mencret.  


Lalu jika terjadi demikian apa yang harus dilakukan?  Karena kelinci adalah mahluk pemakan tumbuhan maka berilah tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai obat sakit perut.

Apa saja tumbuhan yang memiliki khasiat atau obat mencret untuk kelinci? 
1. Daun Jambu Batu
Bukankah daun jambu batu untuk manusia? Tidak, sebenarnya bukan masalah daun jambunya tetapi masalah senyawa yang terkandung dalam daun jambu batu. Daun jambu batu memiliki salah satu senyawa penting yaitu “tannin” jadi jenis tannin yang dimiliki daun jambu adalah psiditanin yang merupakan zat organic amorf yang dapat mengendapkan senyawa alkaloid, glukosia, senyawa protein juga sebagai senyawa anti bakteri penetral , antispasmolotik , bahkan mampu melumpuhkan bakteri Escharcia coli dll. 
Pemberian daun jambu untuk kelinci dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: Pertama, pemberian langsung jika kelinci dapat atau suka memakannya itu akan lebih baik Kedua, dengan cara memerasnya kemudian diberikan sebagai air minum , semakin halus daun jambu dilumat maka semakin tinggi konsentrat tannin.  
2Daun Papaya 
Papaya mengandung berbagai macam senyawa yang diakui memiliki kemampuan dalam ilmu medis termasuk dalam hal pencernaan. Seperti daun jambu , daun papaya juga memiliki kandungan senyawa tannin selan itu juga memiliki senyawa saponin yang sama sama memiliki fungsi sebagai senyawa anti bakteri. 

3. Menutup kandang 
Mencret bukan hanya berasal dari makanan tapi juga bias berasal dari lingkungan sekitar, suhu dingin dapat mempengaruhi siklus pencernaan tubuh . sehingga akan lebih baik jika suhu terlalu dingin, kandang kelinci ditutup atau diberi penghangat.

Posting Komentar