Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Daun Padi Berwarna Merah Merah

Salah satu penyakit padi yang dapat diamati adalah daunnya yang berwarna merah. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas padi. Daun berwarna merah disebabkan oleh beberapa Faktor, seperti kesalahan teknis dan disebabkan oleh virus.

1. Kesalahan teknis pemupukan
    Kesalahan teknis pemupukan yaitu pemupukan yang dilakukan sebelum    embun kering sehingga pupuk menempel didaun padi dapat membuat daun padi merah, merahnya daun padi adalah karena efek terbakar oleh kandungan kimia dalam pupuk.

2. Karena Hama
    Efek paling serius adalah dukarenakan Hama padi. Beberapa hama yang menyerang daun padi sehingg daun padi menjadi merah dan kering antara lain, yaitu:
  • Ngengat putih dengan nama ilmiah Scirpophaga innotata Walker Berwarna putih Yang menyerang padi sebelum berbunga, Serangan hama ini dapat menyebabkan gejala sundep pada tanaman padi sawah. Larvanya menyerang pangkal daun muda menyebabkan layu dan mengering. 
  • Hama penggerak batang dengan nama ilmiah Chilo suppressalis Walker. Berwarna coklat muda seperti jerami. Larvanya menyerang daun, pelepah dan batang. Serangan pada daun dan pelepah menyebabkan adanya bercak coklat daun dan pelepah sehingga menjadi kering.
  • Hama putih atau yang dikenal dengan nama ilmiah (Nymphula depunctalis Guenee) sampai terbentuknya anakan maksimun. Larva memakan jaringan mesofil daun dari permukaan bawah daun dan menyisahkan bagian epidermis pada bagian daun yang diserang dan tampak garis-garis memanjang berwarna keputihan, selain itu efek dari hama ini adalah daun terpotong seperti digunting.
  • Hama penggerak padi dengan ilmiah Sesamia inferens Walker. Larvanya menyerang daun, pelepah dan batang. Serangan pada daun dan pelepah menyebabkan adanya bercak coklat daun dan pelepah, dan lama kelamaan menjadi kering.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Daun Padi Berwarna Merah Merah"