Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Fungsi dan Manfaat Ragam Hias pada Bahan Kayu

3 Fungsi dan Manfaat Ragam Hias pada Bahan Kayu. Ragam kayu atau ornamen merupakan salah satu karya seni yang sudah ada sejak zaman prasejarah atau indonesia masih ada dalam bentuk kerajaan-kerajaan, ragam jenis diindonesia dipengaruhi oleh banyak hal seperti lingkungan, bidaya, adat, flora dan fauna.

Ragam hias pada bahan kayu banyak dijumpai pada pintu, jendela, kursi, bagian tiang rumah, ragam hias jiga bisa sibuat di peralatan dan perkakas seperti batang kris, taji, peti dll. Pada umumnya, ragam hias selain digunakan sebagai bagian dari keindahan rumah juga dipengaruhi oleh kepercayaan pada tahayul atau hal mistic berfungsi sebagai penolak bala atau penghormatan kepada roh yang dipengaruhi budaya leluhur. Beberapa daerah di Indonesia seperti Bali,  Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua memiliki ciri khas sendiri dalam membuat ragam hias pada bahan kayu.

Jenis Ragam Hias

Macam-macam ragam hias bahan kayu:

1. Ragam hias flora

Yaitu ragam hias yang dikembangkan dari bentuk flora atau tumbuh-tumbuhan, ragam bentuk flora paling banyak dijumpai bahkan biasanya dibentuk dan dimodifi dari imajinasi pembuat.

2. Ragam hias fauna

Yaitu ragam hias yang dikembangkan dari bentuk hewan-hewan tertentu baik karena keindahan atau tahayul yang mengikutinya, biasanya ragam fauna diikuti juga oleh flora.

3. Ragam hias geomatrik

Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk geometris atau ukiran berpola yang memperhitungkan ukiran, tata letak dan pola berulang dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk- bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.

d. Ragam hias figuratif

Bentuk mgam hias figuratif berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.

2 Teknik membuat ragam hias yaitu: 


  • Mengukir atau melukis ragam hias langsung diatas permukaan bahan kayu  Yaitu pembuat langsung mengukir bahan kayu untuk ragam hias yang ingin di buat.
  • Membuat sketsa ragam hias sebelum di ukir atau dilukis kebahan kayu, sebelum mulai mengukir para pengerajin membuat sketsa terlebih dahulu yang kemudian diikuti pada bahan kayu.

Fungsi ragam hias pada kayu

Beberapa manfaat dan fungsi ragam hias kayu, yaitu:
  • Mempercantik bahan kayu sebagai ornamen hiasan.
  • Meningkatkan nilai jual bahan kayu dengan karya seni ragam hias dan
  • Sebagai bahan yang dipercaya memiliki kekuatan mistik 
Demikian artikel 3 Fungsi dan Manfaat Ragam Hias pada Bahan Kayu semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "3 Fungsi dan Manfaat Ragam Hias pada Bahan Kayu"