10 Alasan Mengapa Tanaman Harus Terkena Sinar Matahari?

Tanaman merpakan mahluk hidup yang memerlukan makanan, nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dan salah satu sumber utamanya adalah sinar matahari.
1. Sinar Matahari adalah sumber Makanan utama bagi tanaman.
Melalui serangkaian proses yang disebut fotosintesis. Beberapa hal yang dapat kita ujicobakan sebagai bukti apa jadinya jika tanaman tidak mendapatkan sinar matahari:
  • Kecambah tidak tumbuh subur, daun kuning pucat, perkembangan terlambat, tanaman tinggi dan kurus.

Fotosintesis adalah salah satu jalan bagi tumbuhan mendapatkan sumber makanan tidak terbatas, hijau daun tumbuhan menyerap sinar matahari yang kemudian diolah menjadi energi. Apa yang bisa kita lihat dari bunga matahari yang mengikuti gerak matahari, adalah sebagai bentuk ketergantungan tanaman pada matahari.

2. Sinar matahari mempengaruhi keberadaan tumbuhan
Jika tidakada sinar matahari kemungkinan besar bahwa tanaman dan tumbuhan tidak bisa hidup dan mungkin tidak ada dibumi. Menggunakan sinar buatan tanaman bisa tumbuh, namun nutrisi yang didapat tidak sebanding dengan nutrisi dari sinar matahari.

Sejarah evolusi mencatat bahwa sinar matahari lebih dahulu ada dibanding mahluk hidup termasuk tanaman, sinar matahari mengaktifkan mikrobio dasar sebagai cikal bakal mahluk hidup.

3. Menghangatkan biji
Beberapa tanaman atau tumbuhan berbiji membutuhkan matahari untuk mematangkan atau mengeringkan biji agar dapat tumbuh dengan baik. Biji yang basah atau kurang kering memiliki resiko gagal tumbuh.

4. Mengatur kelembaban tanah
Sinar matahari diperlukan sebagai kontrol kondisi tanah, beberapa tanaman bisa hidup dikelembaban tinggi dan sebagiannya tumbuh subur di tanah dengan sedikit kelembaban.

Apa yang akan terjadi pada tanaman sedang dengan kelembaban tanah tinggi, akar membusuk, daun kuning merah dan mati.

5. Menjaga Temperatur suhu tanaman
Tumbuhan memiliki proses penyerapan dan pelepasan zat sisa. Menyerap air didalam tanah kemudian diuapkan kembali melalui daun.

Apa yang akan terjadi jika sinar matahari tidak ada? Penguapan akan terhambat yang menyebabkan tanaman membusuk dan mati. Gerak sinar matahari juga mengontrol penguapan, jika penguapan berlebih dan tidak sebanding dengan penyerapan akar maka tanaman menjadi kering dan mati.

6. Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
Tanaman yang kurang mendapatkan pasokan sinar matahari memiliki pertumbuhan lambat bahkan bisa saja mati sebelum proses pertumbuhannya sempurna, ketika tumbuhan ini berhasil tumbuhpun perkembangan untuk melakukan perkembang biakan akan menjadi terhambat.

7. Mengontrol organisme pengganggu tanaman
Tanaman dengan sinar matahari kurang memiliki resiko munculnya tanaman penggangu yang membutuhkan kelembaban tinggi seperti alga memyebabkan kompetisi nutrisi tumbuh semakin tinggi.

8. Risikio pertumbuhan Jamur dan virus tinggi
Kelembaban atau kurangnya sinar matahari membuat sebagian mikroorganisme penggangu tumbuh baik dan sasarannya adalah akar dan batang tumbuhan.

9. Busuk buah dan biji tanaman
Bebrapa jenis Tanaman berbuah yang tidak mendapatkan pasokan sinar matahari, seperti timun suri, semangka, melon, tomat, cabe dapat mengalami pembusukan dengan cepat.

Sebagai petani, kami sering mengalami hal tersebut bahkan buah tanaman membusuk sebelum waktu panen. Begitupun dengan tanaman berbiji, bijinya kisut tidak sempurna.

10. Sinar matahari membantu Pematangan buah tanaman
Tanaman tingkat tinggi seperti apel, jeruk, manggis, mangga membutuhkan sinar matahari untuk proses pematangan buah. 

Posting Komentar