Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyebab Daun Pisang Putih Total di Jawa Tengah

Baru-baru ini sempat viral daun pisang putih di kebupaten kudus, jawa tengah. Memunculkan banyak spekulasi, mulai dari mistis ataupun karena serangan hama. 

Jika boleh mengusulkan, penelitian sangat diperlukan sehingga tidak memberi kesimpulan cepat yang memberikan pengalaman edukasi praduga.

Setiap orang punya dugaan, miminpun punya dugaan sendiri misalnya sebagai reaksi terhadap perubahan lingkungan atau anomali varietas. Jika itu disebabkan oleh hama virus misalnya fusarium, apakah itu sering ditemukan? Dimana satu pelepah secara total putih bersih sedangangkan pelepah daun lainnya bahkan tidak memiliki bercak putih sebagai tanda penyebaran alamiah yang biasa terjadi secara acak. 






Karena sinar matahari? Saya rasapun sama, sinar matahari memang mempengaruhi pertumbuhan dan berefek pada pigmen tumbuhan, hanya pada kasus ini, kita memerlukan jalur mekanisme yang jelas untuk mempercayai itu.


Apalagi mistik, tahayul, kita memang percaya pada kekuasaan tuhan dan tidak dapat menjangkau hal tersebut, tahayul bukan cara manusia normal mengambil kesimpulan.

Lalu apa yang harus dipercaya? Menurut mimin ini hanya anomali yang kebetulan terjadi, tentang efek dan akibat yang dapat dipertanggung jawabkan belum ditemukan dan ini memerlukan waktu dan penelitian yang jelas. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Daun Pisang Putih Total di Jawa Tengah"