Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Jenis Ayam Mutiara di Indonesia dan di Dunia serta Harganya

Ayam mutiara (Guinea fowl) merupakan ayam yang berasal dari afrika yang saat ini banyak didomestikasi di indonesia. Ayam mutiara merupakan jenis ayam atau burung yang unik dengan ciri; riuh, sebagian pemalu dan sebagian terbukai, sebagian suka di padang rumput dan sebagian suka di hutan dan bertengger di pepohonan. 10 Jenis Ayam Mutiara di Indonesia dan di Dunia serta Harganya


Mutiara Jambul

Ayam mutiara memiliki beragam jenis yang dapat dibedakan dari bentuk, warna bulu dan coraknya yang tentunya memiliki harga bervariasi. Namun, jenis ayam mutiara di indonesia hanya sebagian saja dari beragam jenis ayam mutiara di afrika.  

Daftar Isi:

Jenis Ayam Mutiara di Indonesia

Berikut jenis-jenis ayam mutiara dan harganya, yaitu:

1. Ayam Mutiara Hitam


Mutiara hitam

Ayam mutiara hitam adalah ayam mutiara dengan sekujur tubuh berwarna hitam dan tidak memiliki corak. Jenis ini merupakan jenis yang paling umum ditemukan dan harga jualnya relatif lebih murah
Harganya:
Telur Rp5000
Anakan Rp50000
Indukan Rp200-300rb

2. Ayam Mutiara Plangkok

Anakan mutiara plangkok

Ayam mutiara plangkok adalah jenis yang cukup umum juga ditemukan di indonesia. Jenis ini dapat dibedakan dari warna bulunya yang biru tua, bercorak bintik putih di sekujur tubuhnya, kepala dan dadanya berwarna putih.

Harga ayam mutiara Plangkok
Telur: Rp.7000
Anakan: Rp.70-100rb
Indukan: Rp.400-500rb

3. Ayam Mutiara Silver

Mutiara silver

Jenis ini hampir mirip dengan jenis plangkok, dada dan kepala berwarna putih dan bintik putih. Namun, jenis ini warnanya sangat pudar dengan warna biru pudar/silver. dari corak warna kontras plangkok.

Harga:
Telur: 7000
Anakan: 100-200
Indukan: 400-500

4. Ayam Mutiara Putih

Mutiara putih

Jenis ini sangat jelas dibedakan karena warnanya putih bersih.

Harga Ayam mutiara putih
Anakan: Rp7000
Anakan: Rp70-100rb
Indukan: Rp400-500

Nah adapun beberapa ayam mutiara didunia yang belum ada di indonesia yaitu:

5. Ayam Mutiara Helm

Mutiara helm

Ayam mutiara berhelm (helmeted guineafowl) adalah salah satu jenis ayam mutiara khas yang wajahnya terdapat bercak hijau keburuan yang nampak seperti helm. Ini nampak seperti ayam mutiara pada umumnya, hitam, plangkok atau silver yang memiliki bercak putih pada wajahnya, bedanya ayam mutiara helmed memiliki bercak hijau.



6. Ayam Mutiara Berbulu

Mutiara berbulu

Ayam mutiara berbulu (Plumed Guinea Fowl) Habitatnya ada di africa, dengan tinggi 17 inci, di dominasi warna hitam dengan bintik putih kecil, moncong putih, leher putih/hitam, susunan bulu dari atas berwarna hitam gelap hingga kebawah berwara terang berbintik dan ciri khasnya terdapat bulu di atas kepalanya. Jenis ayam mutiara ini pemalu dan bersembunyi di hutan.

7. Ayam Mutiara Jambul

Mutiara jambul

Ayam mutiara jambul (Crested Guinea Fowl) jenis ayam mutiara yang hampir mirip dengan mutiara berbulu hanya saja disebut jambul karena bulu diatasnya menguntai kriting seperti rambut. Mutiara jambul memiliki tinggi18 - 20 inches dan hidup dengan cara berkelompok.

8. Ayam Mutiara Vulturine

Mutiara Vulturine

Ayam mutiara Vulturine (Vulturine Guinea Fowl) Jenis ayam mutiara yang sangat unik dan menarik daoat dibedakan dari warna dada paruh dan punggungnya yang berwarna biru cerah, di tambah bulu leher dan tubuh belakabg warna hitam putih menguntai, wajahnya berwara kebiruan. Jenis ini memikiki tinggi 24-28 inci, tidak pemalu, suka bertengger di pohon dan berkelompok.

9. Ayam Mutiara Dada Putih

Ayam Mutiara Kepala Merah

Ayam mutiara dada putih (White-breasted Guinea Fowl) adalah jenis ayam mutiara yang nampak paling berbeda dari jenis lainnya yang umumnya bulet. Jenis ayam mutiara ini memiliki tinggi 17 inci memiliki ekor tegak seperti ayam kampung betina, tampak memanjang, ciri lainnya; memiliki leher dada berwarna putih sedangkan badannya hitam, serta memiliki wajah berwarna merah, hidup berpindah dan berkelompok.

10


Demikian informasi tentang 10 Jenis Ayam Mutiara di Indonesia dan di Dunia serta Harganya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "10 Jenis Ayam Mutiara di Indonesia dan di Dunia serta Harganya"