Kopi Joss Kopi Setan asal Yogyakarta

Kopi Joss Kopi Setan asal Yogyakarta. Mendengar istilah kopi, sudah tidak asing dengan minuman yang sangat populer di dunia ini. Kebiasaan minum kopi dan jenis kopi apa yang diminum menjadi tren gaya hidup saat ini. 

Sebagai pecinta kopi ada kopi robusta dan rabica, dari cara minum ada yang suka kopi pahit, kopi dengan gula dan ada juga yang menyukai dengan tambahan susu, toping coklat dan lain-lain.

Tapi tahukah anda, ada tradisi ngopi di salah satu wilayah Indonesia yang sangat ekstrem, yaitu kopi Joss asal jogja, mimin menyebutnya sebagai kopi setan. Mengapa? Karena bahan tambahannya, selain tidak bisa di konsumsi, juga merupakan bahan yang sebenarnya memiliki hubungan kurang baik dengan kopi, yaitu Arang bakar.

Baca juga: Resep Minuman Buah-buahan

Anda bisa bayangkan diminuman anda, ditambah toping bara api, huuuuuuuuuu cara minum kopi yang sangat ekstrem asli binjaiiiii. Kopi joss berasal dari kopi hitam biasa atau kemasan lainnya, hanya tambahannya adalah bara arang.

Resep Membuat Kopi Joss

Berikut bahan dan resep membuat kopi joss, yaitu:

Bahan

  • 1 sendok kopi hitam
  • 2 sdt gula pasir tergantung selera
  • 1 gelas air hangat
  • 1-2 potong arang aktif

Cara membuatnya;

  1. Mask air hangat hingga matang
  2. Panggang arang aktif sampai merah membara
  3. Kedalam gelas bersih tambahkan 1-2 sendok kopi tergantung selera
  4. Tambahkan gula 1-3 sendok tergantung selera
  5. Aduk sampai larut, lalu
  6. Tambahkan bara arang yang sudah dipanggang di permukaan kopi
  7. Kopi siap di seruput

Tujuan dan manfaat ditambahkan arang dalam kopi joss

Mungkin ada yang menganggap bahwa cara minum tersebut hanyalah hal iseng dan sensasi. Tapi sebenarnya hal itu bermanfaat karena secara fungsional arang aktif merupakan zat yang dapat menyerap beberapa zat. Sehingga arang aktif juga bisa berintraksi dalam kopi joss.

  1. Arang aktif dapat menyerap zat kafien dalam kopi, atau menetralkan zat dalam kopi. Sehingga menurut berbagai sumber, kopi joss memiliki kadar kafien yang rendah.
  2. Arang aktif dapat menetralkan zat racun, dalam makanan/minuman dan juga dalam tubuh. Sehingga arang aktif juga sering digunakan untuk menyerap zat racun dalam tubuh, mengurangi gejala efek mag dan sejenisnya.

Jadi sobat farmers!, Demikian atikel tentang Kopi Joss Kopi Setan asal Yogyakarta. Semoga info ini bermanfaat bagi anda yang penasaran!.

Posting Komentar untuk "Kopi Joss Kopi Setan asal Yogyakarta"