10 Khasiat Bawang Dayak dan Cara Mengkonsumsinya


10 Khasiat Bawang Dayak dan Cara Mengkonsumsinya. Bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) adalah salah satu jenis bawang yang memiliki manfaat herbal lebih dibanding bawang pada umumnya. Bawang Dayak merupakan tanaman rempah khas Kalimantan Tengah. Tanaman ini telah digunakan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia sebagai obat herbal. Potensi bawang dayak dalam farmakologis perlu ditingkatkan terlebih  penggunaannya sebagai bahan obat modern.

Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa secara tradisional masyarakat Indonesia menggunakan umbi untuk pengobatan kanker payudara, kanker usus besar, hipertensi, diabetes mellitus, stroke, demam, disuria, radang usus, disentri, bisul, kista, prostat, penurun kolesterol dan trigliserida, menyusui dan gangguan seksual. 

Baca juga: Harga bawang merah seluruh indonesia saat ini

Kandungan senyawa bawang dayak 

Umbi bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) diketahui mengandung beberapa senyawa, yaitu: 
  • Flavonoid yang bersifat isoliquiritigenin 
  • Golongan polifenol yaitu oxyresveratrol dan 
  • Golongan naphtoquinon, dan turunannya seperti elecanacine, eleutherine, eleutherol, eleutherinol, eleutherinon, eleuthoside B, eletherinoside A. Studi pra-klinis dengan mekanisme in vitro dan in vivo menunjukkan bahwa 

Ekstrak umbi bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) memiliki aktivitas farmakologi yaitu anti kanker yang dapat menghambat pensinyalan sel melalui apoptosis dan penghentian siklus sel. Juga, mekanisme in silico menunjukkan aktivitas anti-kanker dari penghambatan reseptor VHR, reseptor BCL-2, reseptor VEGFR-2 dan reseptor alfa estrogen (ERα). 

Khasiat umbi Bawang Dayak 

Beberapa penelitian menunjukkan aktivitas ekstrak sebagai antiinflamasi, antidiabetes, antikanker, dan antimikroba, rinciannya sebagai berikut: 
  1. Pengobatan kanker payudara dan Kanker usus 
  2. Hipertensi, Takanan darah tinggi) 
  3. Diabetes melitus 
  4. Stroke 
  5. Demam 
  6. Disuria 
  7. Radang usus 
  8. Disentri 
  9. Penyakit kuning 
  10. Anti mikroba sebagai 
  11. Obat bisul dan obat luka. 

Senyawa dalam bawang Dayak dapat menghambat mikroba kulit Staphylococcus aureus dan Trichophyton rubrum Obat Kista Prostat Penurun kolesterol serta trigliserida Pelancar ASI dan gangguan seksual. Anti pradangan menyebabkan (Rasa sakit, bengkak, atau demam), bawang Dayak hampir menyamai separuh konsentrasi indometasin (Obat peradangan dan rasa nyeri). 

Cara mengkonsumsi bawang dayak 

Berikut 3 cara resep menggunakan bawang Dayak untuk mendapat manfaat maksimal, yaitu: 

1. Konsumsi langsung 

 Dalam pengobatan kanker, umbi bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) digunakan dengan cara mengeringkan umbi dan mengunyahnya. Aktivitas senyawa golongan flavonoid, golongan polifenol dan golongan naftokuinon serta turunannya dalam ekstrak umbi bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr.) telah terbukti secara ilmiah dapat digunakan sebagai obat antikanker. 

2. Teh seduh 

Cara lain yaitu dengan cara dibuat teh atau diseduh. Khususnya untuk penyakit hipertensi, kista, pelancar asi, demam, stroke, diabetes, disentri, penyakit kuning dan juga kanker. 
Hi farmers! Kami menyediakan produk teh bawang dayak asli yang dikemas dengan porsi dan takaran yang sesuai untuk anda, anda tidak perlu repot untuk mencari bawang mentah dan mengolahnya sendiri. 
Produk teh bawang dayak terjamin 100% asli tanpa campuran. 
Anda bisa pesan dengan menekan tombol pesan dibawah, jika anda memesan lebih dari 1 ada harga khusus. Pengiriman bisa dengan transfer dan COD keseluruh wilayah indonesia. 

3. Ditumbuk 

Cara terakhir yaitu dengan cara melumat bawang Dayak, terkait luka, bengkak, obat bisul atau penyakit kulit lainnya. 

Demikian artikel tentang 10 Khasiat Bawang Dayak dan Cara Mengkonsumsinya. Klik tombol pesan dibawah untuk pemesanan 

Refrensi: 

Roihatul Muti’ah , Anik Listiyana dan Belia Bima Nafisa , Arief Suryadinata. Kajian Efek Ekstrak Umbi Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) sebagai Antikanker. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 
Ririn Puspadewi , Putranti Adirestuti, Rizka Menawati. Khasiat Umbi Bawang Dayak (Eleutherine Palmifolia (L.) Merr.) Sebagai Herbal Antimikroba Kulit. Universitas Jenderal Achmad Yani

Posting Komentar