Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Obat Alami Ayam Flu Burung

Salah satu tantangan dalam budidaya ayam organik atau umbaraan adalah penyakit, dan penyakit yang paling merugikan adalah terkena serangan virus. 

Virus yang paling umum menyerang unggas termasuk ayam adalah flu burung, yang paling cepat menular dan menyebabkan kematian mendadak. 

Baca juga: Obat alami ayam berak darah

3 penyakit ayam penyebab mati mendadak


Umumnya ada 3 peenyabab atau sumber penyakit ayam, yang pada kondisi tertentu menyebabkan kematian mendadak, yaitu: 

1. Virus 

Virus adalah penyebab utama kematian mendadak pada ayam, selain serangannya yang tidak terduga juga penularaannya yang sangat cepat. Admin yang juga hobi pelihara ayam, sering kali terkait masalah ini, terlebih dengan model pemeliharaan umbaran. 

Pencegahan dari virus ini lumayan mengeluarkan biaya, karena di vaksin sejak ayam baru menetas, ayam remaja dan ayam dewasa. 


2. Bakteri

Penyakit kedua adalah bakteri, tidak seperti virus, bakteri ini sering muncul di perpindahan musim dari musim kemarau ke musim hujan. Sehingga peternak di wajibkan untuk selalu membersihkan kandang, tempat pakan dan minum, dan pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik. 


3. Parasit 

Bagian ke-3 sumber penyakit ayam adalah parasit, seperti kutu, cacingan dan sejenisnya. Ini terkait dengan perawtan dan gizi pakan  yang baik. 


Obat alami Ayam flu burung 

Nah untuk jenis penyakit-penyakit di atas, barang kali adalah sesuatu yang lumrah kita dapati. Intinya, bagaimana kita dapat mengurangi biaya perawatan, serta ternak tetap terhindar dari penyakit tersebut, terutama karena virus. 

Jawabannya adalah meningkatkan imunitas ternak, dan pilihan alternatifnya menggunakan bahan-bahan alaami yaang memiliki potensi menguatkan sistem imun ayam ternak. Caranya adalah pembuatan jamu minum atau campuraan pakan sehat.

Berikut bahan alami untuk mengatasi flu burung pada ayam, yaitu: 

  • Temu-temuan Zingi beracea (Jahe, temulawak, temu ireng) 
  • Tanaman sambiloto (Andrographis paniculata) dan 
  • Sirih.
Selian formula di atas dapat juga menggunakan formula berikut
  • Temu-temuan Zingi beracea (Jahe, temulawak, temu ireng)
  • Sambiloto
  • Sirih dan 
  • Bawang putih
Jahe, temulawak dapat Anda beli di Idnfarmers 👉 Beli sekarang 

Cara membuat obat alami flu burung

Dari bahan-bahan di atas, berikut cara meracik obat flu burung untuk ayam: 

  1. Iris tipis jahe merah, temulawak, temu ireng 
  2. Cacah kecil-kecil daun sambiloto 
  3. Cacah kecil daun sirih 
  4. Jemur sampai kering
  5. Haluskan 
  6. Untuk aplikasi pada minuman ambila setiap bahan jahe merah, temulawak, temu ireng, sambiloto dan daun sirih dengan perbandingan (1:1:1:2:2) lalu rebus dengan air hangat.
  7. Tunggu dingin lalu berikan untuk minuman ayam 
  8. Jika di campur dalam bahan pakan ayam, maka taburkan secara meraata bahan tersebut dengan perbandingan yang sama pada pakan ayam
  9. Simpan sisa bahan untuk pemberian selanjutnya

Manfaat dari obat alami ayam flu burung

Cocok untuk ternak ayam organik, sebagai immunomodulator yang mampu mengen dalikan penyakit endemik, termasuk flu burung strain H5N1, mencegah terjadinya kematian ayam, dan menghemat biaya vaksinasi.

Manfaat dari racikan ramuan di atas, yaitu: 

  • Meningkatkan sistem imun 
  • Efisiensi pakan melalui FCR (Feed Convertion Ratio)


Ramuan ini dapat dimanfaatkan oleh peternak unggas untuk meningkatkan efiensi penggunaan pakan, vaksinasi, dan sistem imun pada ternak. Jamu ternak unggas prospektif dikembangkan oleh industri farmasi dan biofarmaka.

Demikian informasi tentang Obat Alami Ayam Flu Burung. Semoga bermanfaat!


Refrensi:

Inventor: M. Januwati, M. Syakir, Nurliani Bermawie, M. Yusron, B. S. Sembiring, Nur Maslahah, Desmayatı Z., Ening Wiedosari, dan Agus Setiyono Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

www.Jagadtani.com 

Posting Komentar untuk "Obat Alami Ayam Flu Burung "