5 Perbedaan Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa

5 Perbedaan Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa. Saat ini bawang putih tunggal naik daun menjadi bawang putih yang banyak diminati karena manfaatnya. Kendati demikian, banyak orang tidak tau pasti apa perbedaan kedua jenis bawang putih ini. 

Baca juga: Jual bawang putih tunggal 

Daftar Isi:

Perbedaan Bawang Putih Tunggal dan Biasa


Bawang putih tunggal dan bawang putih biasa adalah dua jenis bawang yang memiliki perbedaan dalam beberapa hal, di antaranya:

1. Bentuk dan Warna

Bawang putih tunggal hanya terdiri dari sagu siung saja, memiliki bentuk bulat daripada bawang putih biasa. Bawang putih tunggal juga berwarna putih kecoklatan, sedangkan bawang putih biasa berwarna putih kekuningan.

2. Rasa dan Aroma

Bawang putih tunggal memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dan kuat dibandingkan dengan bawang putih biasa. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa sulfur yang lebih tinggi pada bawang putih tunggal.

3. Kandungan Senyawa Aktif

Bawang putih tunggal memiliki kandungan senyawa aktif allicin yang lebih tinggi daripada bawang putih biasa. Allicin adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan.

4. Kegunaan

Bawang putih tunggal biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.  Sementara bawang putih biasa lebih sering digunakan sebagai bahan masakan.

5. Harga

Harga bawang putih tunggal biasanya lebih mahal daripada bawang putih biasa karena produksinya lebih terbatas.

Meskipun memiliki perbedaan, baik bawang putih tunggal maupun bawang putih biasa memiliki manfaat kesehatan yang tinggi dan dapat digunakan sebagai bagian dari diet sehat.


Demikian artikel tentang 5 Perbedaan Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Perbedaan Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa"