AYAM SEKEDAS

Ayam sekedas adalah istilah penamaan ayam berdasarkan warna kakinya yang berwarna putih. sekedas merupakan istilah penamaan yang diberikan oleh nenek moyang suku Bali-Lombok.
Sekedas = Putih



Mengapa dipanggil ayam sekedas?
Pada dasarnya warna kaki ayam dibagi menjadi tiga, yaitu kaki kuning, kaki hitaam dan kaki putih. nah kaki putih tersebut yang dinamakan dengan serawah, sedangkan untuk kaki kuning dan kaki hitam disebut “kaki kuning” dan “kaki hitam”.

Apa keistimewaan ayam sekedas ?
Jika dilihat dari segi kaki, maka sebenarnya tolak ukur adalah warna mata dan moncongnya. jika warna kaki putih kemudian mata kuning dan moncong kuning Itu tidak menjadi ayam yang istimewa alias biasa-biasa saja, apapun warna kaki ayam namun jika dia selaras dengan warna kuku, mata dan moncongnya maka itu ayam yang bagus.

Namun mengapa hanya kaki warna putih yang dikatakan ayam sekedas, sedangkan warna kaki lain tidak memiliki nama khusus?

Karena sekedas merupakan satu langkah baik untuk jenis ayam berbulu putih atau yang disebut serawah, artinya jika kita menemukan satu ayam yang memiliki keselarasan dari kaki hingga bola mata maka itu adalah ayam yang sempurna. lebihnya jika dalam satu ayam memiliki kesemua gelar dalam dirinya maka itulah ayam yang paling istimewa,
Contoh: Ayam berbulu putih (serawah), berkaki puti (sekedas) bermata dan moncong putih, ekor tumpul (sangkur), bulu kriting (santek), dan rambut berdiri dielakang kepala (sandah) . atau yang disebut dengan istilah 5S.  
Ayam 5S hingga saat ini menjadi ayam local indonesia termahal, dengan harga dari 500 – 1 juta. 

Ciri –ciri ayam sekedas
. Kaki berwarna putih



Posting Komentar