Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20 Barang Bekas yang Dapat digunakan sebagai Media Tanaman Pot

Bertanam itu bukan tentang profesi, tapi tentang hak dan kewajiban kita semua. Sda yang sukses dari bertanam mungkin karena itu adalah keahliannya yang kemydian jadi profesi, ada yang karena hobi sehingaa iapun menjadi sukses dari hobi bertanam, ada juga yang memiliki lahan luas dan menjadi petani dan itu sdalag profesinya menjadi petani.

Tapi apakah bertanam untuk mereka yang punya keahlian, skill dan lahan luas? Tidak demikian tentunya. Semua orang bisa bertanam, baik sebagi hiasan, bertanam karena cinta bunga atau menyukai suasana hijau. Nah untuk anda yang mungkin tidak punya lahan atau senang dengan suasana hijau, anda bisa menggunakan bahan atau barang-barang bekas ini sebagai media tanam anda.  Apa saja?

1. Ember Bekas 
Bunga

Untuk runah tangga nah pastinya kan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari plastik yang mudah pecah, biasanya kalo pecah sedikit langsung kita buang. Padahal prcahnya hanya tidak bisa menampung air dan belum tentu tidak bisa menampung tanah. Maka anda dapat menggunakannya sebagai media tanam pot, jenis tanaman seperti cabe atau terong yang dapat membantu kebutuhan dapur atau bisa jadi teman makan gorengan.
Cabe

Satu barang bekas menghasilkan satu tanaman, bayangin jika memiliki 2 sampai 5 barang bekas yang di gunakan.

2. Kulit/karung semen
Pepaya

Bangunan tanpa semen, antara menggunakan bahan kayu saja atau membuat trowongan. Sekarang semen itu menjadi bahan pokok membuat bangunan, dan untuk membuat satu rumah kita harus menggunakan semen 20-25 semen ukuran 5×6 (mungkin). Dan yang tersisa adalah kulit semen yang berakhir dibakar.

Kunyit

Burni

Kulit semen bahannya seperti karung biasa, dapat digunakan sebagai media tanaman pot. Anda hanya perlu mengisinya dengan tunpukan tanah dan menancapkan satu batang pohon terong dan membuang tai marmut anda disana maka anda bisa lalap terong, paling tidak bisa menciptakan halaman hijau.

3. Ember Plastik Bekas cat
Yah ada rumah pastinya ada cat juga, biasanya juga barang2 ini kita buang dan berakhir ditangan pengulung. Kalo diperhatikan ember bekas cat itu disainnya menarik jadi sangat bagus jika dijadikan media tanaman pot, bunga atau tanaman berbuah.

4. Botol minum
Setiap orang pernah beli air minum yang dari ukuran 250 sampai 500ml minimal. Dan sebagian dari kita lebih memilih membuangnya ditong sampah dan lagi-lagi berakhir ditangan pengulung. Kita perlu sedikit kreatif, jika tidak tau cara bertanam dengan bahan bekas tersebut anda bisa googling atau nonton youtube.

Mungkin anda orang berkecukupan dan tak perlu menanam untuk nambah bahan dapur, tapi mungkin dengan cara memanfaatkannya kita membantu membersihkan alam ini dari bahan yang sulit terurai.

5. Panci bolong
Panci mungkin emak-emak lebih tau bahwa pada waktunya pancipun akan bolong tidak dapat dipakai. Padahal jika diamati panci itu memiliki disain yang unik, jika anda lebih kreatif untuk mewarnainya dan menjadikannya pot tanaman hias maka alan terkesan sangat seniable.

6. Toples bekas
Ada banyak toples yang kadang tidak kita gunakan, dari bahan makanan dll, ada juga toples yang mungkin tak enak dipakai lagi, atau retak sedikit. Bosa dimanfaatin untuk tanem bunga mini, atau bawang cabe dll.

7. Baskom bocor

Lahh!!! aya aya wae. Ya karena kita tidak pernah sadari, seberapa bermanfaatnya baskom bocor ini jik 1 bulan kemudian dapat menumbuhkan bawang merah seger didepan rumah karena dimanfaatin.

8. Celana bekas

Ape lagi!!! Semua orang punya celana kan, dan kita tau kalo celana berlubang. Kita hanya perlu menutup lengan kakinya, dijahit atau di stemples kemudian diisikan tanah dan ditanamin bunga. Bisa kebayang betapa unik?, terlebih jika yang ditanam adalah bahan dapur bisa nambah sisi kreatif.

9. Bekas paralon atau potongan bambu
Paralon yang berlubang bisa anda manfaatin sebagai media tanam pot. Caranya gimana, kan berlubang dari dua sisi? Jika anda gak bisa tutup satu sisi, anda cukup tanam/kuburin satu sisi lainnya tinggal anda isi tanah disisi permukaan dan tanam bunga matahari misalnya, betapa cantiknya.

10. Ban Bekas


Tau kan kalo ban kendaraan ada masanya harus diganti. Nah ban mobil, sayang kalo dibuang, juga ngerusak lingkungan karena sulit terurai, juga buat polusi kalo dibakar. Coba anda belah jadi dua tuh ban mobil, anda sekarang akan punya dua belah ban mobil yang masing2 dapat nampung tanah untuk ditanamin bunga menjalar, atau ditanemin bawang putih.

Posting Komentar untuk "20 Barang Bekas yang Dapat digunakan sebagai Media Tanaman Pot "